Belajar Bahasa Korea untuk Anak SD, Kenali Materi & Panduannya

belajar-bahasa-korea-untuk-anak-sd

Selain bahasa Inggris, bahasa Korea juga bisa menjadi salah satu pilihan B2 yang bisa dipelajari oleh anak. Beberapa orang tua mungkin bingung dan bertanya-tanya harus mulai dari mana ya jika ingin mengajarkan bahasa Korea untuk anak? Ada hal yang penting untuk diperhatikan ketika akan belajar bahasa Korea, seperti materi, panduan, dan rekomendasi lainnya. Nah, maka dari itu, langsung aja yuk cari tahu panduan belajar bahasa Korea untuk anak SD dan usia dini berikut ini!

Table of Contents

Materi Belajar Bahasa Korea untuk Anak

Apa saja ya kira-kira materi yang cocok untuk diberikan dan dikenalkan pada anak ketika mereka baru akan mulai belajar bahasa Korea untuk anak?

(1) Kosakata dan Sapaan Sederhana

Untuk permulaan, cobalah untuk mengenalkan beberapa kosakata dan sapaan sederhana. Ambil beberapa contoh kosakata yang paling dekat dan ditemui di kehidupan sehari-hari. Misalnya, kosakata tentang penyebutan nama-nama anggota keluarga, bagian tubuh, dan beberapa kosakata kata kerja sederhana. 

Ajari juga kata sapaan dalam bahasa Korea, seperti annyeong haseyo, yoboseyo, dan lain-lain. Materi pendekatan ini sangat cocok untuk belajar bahasa Korea untuk anak SD. Agar anak lebih mudah mengingat, gunakan metode pembelajaran dengan permainan flash card.

Lihat kumpulan kata : 101 Kosakata Bahasa Korea Sehari-hari untuk Pemula

(2) Kenalkan Lagu dan Film Anak-Anak Berbahasa Korea

Lagu dan film anak-anak adalah media yang terbaik belajar bahasa Korea untuk anak SD dan usia dini. Melalui lagu dan film, anak-anak bisa belajar tanpa beban. Mereka bisa menghafal lirik dan dialog pada tokoh film favoritnya. Dengan begitu, akan ada banyak kosakata yang terserap dan bisa dihafal oleh anak-anak. Beberapa contoh lagu anak-anak Korea adalah Nabiya, Uri Jibe Wae Watni, dll

(3) Percakapan Sederhana

Materi yang bisa diajarkan selanjutnya adalah percakapan sederhana. Seperti apa sih percakapan sederhana itu? Anak bisa belajar cara mengatakan selamat pagi, selamat makan, atau percakapan kecil ketika akan berangkat ke sekolah.

(4) Mulai Kenalkan Huruf Hangeul

Perlahan-lahan, ketika anak sudah menyukai materi dan topik berbahasa Korea, cobalah untuk mengenalkan huruf Hangeul pada mereka. Tak perlu terburu-buru, kenalkan satu persatu huruf Korea (Hangeul), bagaimana cara penulisan dan penyebutannya.

Sudah Tahu Level Bahasa Koreamu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Rekomendasi Buku Belajar Bahasa Korea untuk Anak SD dan Usia Dini

Buku termasuk salah satu media penting yang bisa sangat berperan bagi kemajuan belajar bahasa Korea anak. Berikut ini ada beberapa rekomendasi buku belajar bahasa Korea untuk anak SD.

(1) Korean for Overseas (Korean untuk Anak-Anak)

Buku pembelajaran bahasa Korea untuk anak-anak ini menggunakan bahasa terjemahan bahasa Inggris. Buku berjumlah 170 halaman ini dibanderol dengan harga 100 ribuan. Kamu bisa memilih satu set buku Korean for Overseas Korean sesuai dengan level masing-masing. Dari mulai beginner, intermediate, dan advance.

(2) Buku Belajar Bahasa Korea untuk Anak-Anak

Berbeda dengan buku sebelumnya, buku belajar bahasa Korea ini sudah dilengkapi dengan versi terjemahan bahasa Korea. Lewat buku ini, anak bisa belajar banyak materi, seperti Hangeul dan kalimat-kalimat bahasa Korea dasar. Buku dengan jumlah 154 halaman ini sangat cocok untuk anak SD. 

(3) Buku Bahasa Korea Anak untuk Sekolah Korea

Yang terakhir ada Buku Bahasa Korea Anak untuk Sekolah Korea. Buku ini dilengkapi dengan beberapa level, yaitu level dasar 1-2, menengah 3-4, dan lanjut 5-6. Untuk permulaan, kalian bisa memilih buku level dasar terlebih dahulu untuk anak-anak.

Rekomendasi Website Belajar Bahasa Korea untuk Anak SD

Zaman sekarang, belajar bahasa Korea bisa lewat apa saja, tidak hanya buku, tetapi juga bisa lewat media online, seperti website. Buat si Kecil yang tertarik belajar secara daring, di bawah ini ada rekomendasi website belajar bahasa Korea untuk anak SD.

(1) Howstudykorean.com

Situs website yang pertama adalah howstudykorean.com. Di dalam situs ini, anak bisa belajar berbagai materi bahasa Korea. Mulai dari materi alfabet, kosakata, frasa, hingga kalimat bahasa Korea bisa dipelajari di sini. Pokoknya, website ini sangat cocok deh buat anak yang baru mulai belajar bahasa Korea.

(2) Korean.go.kr

Dari nama websitenya bisa langsung dimengerti ya kalau ini adalah website belajar bahasa Korea yang dibuat oleh pemerintah Korea. Materi pelajaran yang dimuat di website tersebut menggunakan huruf Hangeul. Meskipun begitu, ada juga kok materi versi bahasa Inggrisnya. So, anak bisa belajar dua bahasa sekaligus. Keren banget kan?

(3) Talktomeinkorean.com

Talktomeinkorean.com adalah salah satu website interaktif yang menyuguhkan materi pelajaran lebih dari 9 level atau tingkatan. Di sana, si Kecil bisa belajar banyak hal, seperti salam sapa, perkenalan, dll. Dan hebatnya, tersedia juga lho materi PDF yang bisa diunduh dan digunakan secara offline.

So, itu dia panduan belajar bahasa Korea untuk anak SD dan usia dini. Sekarang kalian sudah tahukan seputar materi pelajaran, buku panduan, dan website belajar bahasa Korea. Buat kalian yang ingin selangkah lebih maju dalam belajar bahasa Korea, yuk daftar kursus belajar bahasa Korea online di Cakap!

Referensi:
-koreancenter.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat