Beasiswa GKS Fully Funded untuk Kuliah di Korea Selatan

gks scholarsip
Image by rawpixel.com on Freepik

Annyeonghaseyo Sobat Cakap! Saat ini Korea Selatan tidak hanya terkenal karena K-Pop atau budayanya saja, lho. Korea Selatan menjadi salah satu destinasi favorit bagi mereka yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri.  Disamping banyaknya pilihan universitas bergengsi yang ada di sana, pemerintah Korea selatan juga menyediakan beasiswa global, salah satunya adalah GKS atau Global Korea Scholarship

Dengan berbagai daya tarik untuk karier kedepannya dan biaya hidup serta pendidikan di Korea Selatan yang relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan negara lainnya, tidak ada salahnya untuk mencoba mengikuti program GKS tersebut. Apa saja syarat untuk mendaftar GKS dan kapan program tersebut dibuka? Simak penjelasan berikut ini!

Table of Contents

Apa itu GKS?

Global Korea Scholarship (GKS) adalah beasiswa kuliah di Korea Selatan yang menawarkan pendanaan penuh untuk pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di sana. Sebelum tahun 2010, beasiswa bergengsi ini dikenal dengan nama Korean Government Scholarship Program (KGSP). 

GSK dikelola oleh NIIED (National Institute for International Education), sebuah badan pelaksana eksekutif di bawah naungan Kementerian Pendidikan Republik Korea Selatan. Beasiswa GKS memberi kesempatan pada pelajar internasional untuk belajar di lembaga pendidikan tinggi di Korea Selatan untuk tingkat D3 sampai S3. 

Sebagai beasiswa pendidikan, program beasiswa GKS bertujuan untuk meningkatkan pertukaran pendidikan secara internasional. Selain itu, GSK juga bertujuan untuk mempererat hubungan persahabatan antara Korea Selatan dan negara-negara peserta program beasiswa ini, termasuk Indonesia. 

Kapan GKS Dibuka?

Program beasiswa GKS dibuka setiap tahunnya dan terbuka ratusan negara termasuk Indonesia, lho! Untuk program sarjana, pendaftaran biasa dibuka sekitar bulan Agustus atau September di tiap tahunnya.  

Untuk program pascasarjana, pendaftaran biasa dibuka sekitar bulan Februari atau Maret di tahun tersebut. Untuk kamu yang tahun depan mau kuliah di Korea Selatan, yuk, siapin persyaratannya dari sekarang! 

Jalur Pendaftaran Beasiswa GKS

Beasiswa GKS memiliki 2 jalur pendaftaran yaitu, Embassy Track atau Jalur Kedutaan Besar dan University Track atau Jalur Universitas. 

Embassy Track

Pada Embassy Track, peserta dapat mendaftar beasiswa melalui Kedutaan Besar Republik Korea Selatan yang ada di negara masing-masing. Setelah dinyatakan lolos, peserta dapat memilih 3 universitas yang diinginkan. 

University Track

Pada University Track, peserta harus mendaftar dulu ke universitas yang diinginkan lalu mengikuti tes seleksi. Jika diterima, pihak universitas yang nantikan akan merekomendasikan mahasiswa-mahasiswa peserta beasiswa ke penyelenggara beasiswa GKS. Berikut ini adalah universitas yang tersedia dan dapat kamu pilih. Check these out!

Sudah Tahu Level Bahasa Koreamu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Daftar Universitas yang Terbuka untuk GKS

Nama UniversitasNama Universitas
Nama Universitas
Ajou UniversityInje UniversitySemyung University
Busan University of Foreign StudiesJeju UniversitySeokyeong University
Chonnam National UniversityJeonbuk UniversitySeoul National University
Chung-Ang UniversityKangwon UniversitySeoul National University Of Science and Technology
Chungbuk UniversityKeimyung UniversityShinhan University
Chungnam UniversityKongju UniversitySilla University
Daegu UniversityKonkuk UniversitySogang University
Daejeon UniversityKonyang UniversitySookmyung Women’s University
Dong-A UniversityKookmin UniversitySoonchunhyang University
Dongguk UniversityKorea UniversitySun Moon University
Dongseo UniversityKorea University of Technology and EducationSunchon National University
Duksung Women’s UniversityKyung Hee UniversitySungkyunkwan University
Ewha Women’s UniversityKyungbok UniversitySungshin Women’s University
Gyeongsang National UniversityKyungpook National UniversityTech University of Korea
Hankuk University of Foreign StudiesNational Korea Maritime & Ocean UniversityUlsan National Institute of Science and Technology
Hannam UniversityOsan UniversityUniversity of Seoul
Hanyang UniversityPai Chai UniversityYeungjin University
Hoseo UniversityPukyong UniversityYeungnam University
Inha UniversityPusan National UniversityYonsei University

Informasi jurusan yang kamu inginkan bisa dilihat di website resmi Study in Korea di bagian GKS Notice, ya!

Cara Pendaftaran Beasiswa GKS

Bagi pemohon beasiswa GKS Jalur Kedutaan Besar (Embassy Track), dapat mendaftar langsung ke Kedutaan Besar Republik Korea Selatan yang ada di Indonesia. Kamu bisa menghubungi pihak kedutaan besar terlebih dahulu sebelum menyetor berkas untuk memastikan pihak mana yang akan menerima pendaftaran beasiswa GKS. 

Kamu harus membawa 1 rangkap berkas yang asli dan 3 rangkap salinan (fotocopy) berkas yang dibutuhkan untuk pendaftaran. Jika kamu memilih jalur ini, kamu boleh memilih 3 universitas berbeda (2 tipe A, dan 1 tipe B). 

Bagi kamu yang memilih untuk mendaftar GKS melalui Jalur Universitas (University Track) bisa langsung mendaftar ke universitas yang ingin dituju. Berbeda dengan Jalur Kedutaan Besar, kamu yang memilih Jalur Universitas hanya bisa memilih 1 universitas. Jika kamu lolos seleksi, pihak universitas nantinya akan merekomendasikan kamu ke pihak NIIED untuk mendapatkan beasiswa GKS.

Catatan untuk kamu yang mau mendaftar, pendaftaran biasanya dimulai sekitar bulan September untuk Undergraduate Degree dan bulan Februari untuk Graduate Degree, tapi perlu diingat tiap kedutaan besar dan universitas memiliki batas waktu yang berbeda-beda ya, Sobat Cakap! 

Jadi kamu harus rajin check and recheck kedutaan besar dan kampus yang ingin dituju. Kamu juga harus memeriksa guidelines pendaftaran institusi yang kamu tuju, baik itu kedutaan besar atau universitas.

Program Sarjana (Undergraduate Program)

Dalam program ini, GKS menawarkan Bachelor’s Degree Program (S1) dan Associate Degree Program (D3). Jika kamu memilih untuk ikut program S1, kamu akan mendapatkan 1 tahun pelatihan bahasa Korea dan 4–6 tahun program sarjana S1. Jika kamu memilih untuk ikut program D3, kamu akan mendapatkan 1 tahun pelatihan bahasa Korea dan 2–3 tahun program D3. 

Kuota Jalur Kedutaan Besar (Embassy Track) untuk Indonesia sendiri sebanyak 2 penerima beasiswa. Kuota untuk Asia Tenggara Jalur Universitas (University Track) sebanyak 30 untuk Regional dan Associate, sedangkan program UIC (University Industry Cooperation) yang terbuka untuk seluruh dunia menerima sebanyak 55 penerima beasiswa. 

Bagi kamu yang berminat untuk daftar program ini, yuk, simak dengan teliti informasi berikut!

(1) Syarat Pendaftaran

  1. Pemohon beasiswa harus memiliki kewarganegaraan negara yang diundang NIIED untuk mengikuti program GKS.
  2. Pemohon harus sudah lulus / akan lulus SMA dan sederajat.
  3. Memiliki IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) di atas 80% dari institusi pendidikan terakhir atau berada di peringkat 20% teratas di kelas masing-masing pemohon.
  4. Berusia di bawah 25 tahun (lahir setelah tanggal 1 Maret 1998).
  5. Sehat jasmani dan rohani.

(2) Dokumen yang Diperlukan

  1.  Formulir pendaftaran
  2. Personal Statement
  3. Rencana studi/Study plan
  4. 1 surat rekomendasi
  5. GKS Applicant Agreement
  6. Personal Medical Assessment
  7. Bukti kewarganegaraan (pemohon dan orang tua/wali) dan bukti hubungan keluarga (Akta Kelahiran dan KK)
  8. Ijazah/Surat Keterangan Lulus
  9. Transkrip nilai
  10. Sertifikat skor TOPIK yang asli dan/atau salinan sertifikat skor tes kemampuan bahasa Inggris
  11. Salinan penghargaan atau sertifikat lainnya (opsional)
  12. Salinan paspor pemohon beasiswa (opsional).

Catatan untuk kamu yang ingin mendaftar, disarankan untuk menerjemahkan dokumen-dokumen dalam bahasa Indonesia ke bahasa Korea atau bahasa Inggris. Jangan lupa dilegalisir juga, ya! 

(3) Fasilitas yang Ditawarkan

Beasiswa GKS menawarkan pendanaan penuh bagi para penerima beasiswanya, lho! Berikut ini detail dana dan tunjangan yang akan ditanggung jika kamu lolos seleksi.

  1. Tiket pesawat ekonomi pulang pergi Indonesia–Korea di awal dan akhir masa penerimaan beasiswa.
  2. Tunjangan awal saat tiba pertama kali di Korea sebesar 200.000 atau setara dengan Rp2.300.000
  3. Tunjangan bulanan yang diberikan setiap awal bulan sebesar 900.000 atau setara dengan Rp10.400.000
  4. Hibah kemahiran berbahasa Korea yang diberikan setiap bulan sebesar 100.000 atau setara dengan Rp1.200.000
  5. Biaya pelatihan bahasa Korea setiap awal triwulan ditanggung oleh NIIED maksimal 1.000.000 atau setara dengan Rp11.500.000, sisanya akan ditanggung oleh pihak universitas.
  6. Biaya pendidikan setiap semester yang diberikan setiap awal semester ditanggung oleh NIIED maksimal 5.000.000 atau setara dengan Rp58.000.000, untuk sisa dan biaya administrasi akan ditanggung oleh pihak universitas.
  7. Asuransi Kesehatan yang diberikan setiap awal bulan ditanggung oleh NIIED.
  8. Hibah penyelesaian masa beasiswa sebesar 100.000 atau setara dengan Rp1.200.000 diberikan hanya kepada penerima beasiswa GKS yang pulang ke negara asal begitu selesai masa studi. Jika penerima tidak pulang ke negara asal, dana ini tidak diberikan.
  9. Pendanaan penuh biaya perkuliahan.
syarat gks scholarship
Image by benzoix on Freepik

Program Pascasarjana (Graduate Program)

Dalam program ini, GKS tidak hanya menawarkan Master’s Degree Program (Gelar Master) dan Doctoral Degree Program (Gelar Doktor) saja, tetapi juga ada Research Program

Jika kamu memilih untuk ikut Master’s Degree Program, kamu akan mendapatkan 1 tahun pelatihan bahasa Korea dan 2 tahun program gelar master. Untuk Doctoral Degree Program, akan diberikan 1 tahun pelatihan bahasa Korea dan 3 tahun program gelar doktor. Untuk Research Program, kamu hanya akan mendapatkan program selama 6 bulan atau 1 tahun.

Kuota Jalur Kedutaan Besar (Embassy Track) untuk Indonesia sendiri sebanyak 27 penerima beasiswa, sedangkan kuota Jalur Universitas (University Track) menerima sebanyak 42 orang. 

Bagi kamu yang berminat untuk melanjutkan kuliah S2/S3, yuk, simak dengan teliti informasi berikut!

(1) Syarat Pendaftaran

  1. Pemohon beasiswa harus memiliki kewarganegaraan negara yang diundang NIIED untuk mengikuti program GKS.
  2. Untuk Master’s Program, pemohon harus memiliki gelar S1 (Bachelor Degree) 
  3. Untuk Doctoral Program, pemohon harus memiliki gelar S2 (Master Degree)
  4. Memiliki IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) di atas 80% dari institusi pendidikan terakhir atau berada di peringkat 20% teratas di kelas masing-masing pemohon.
  5. Berusia dibawah 40 tahun (lahir setelah tanggal 1 September 1983), profesor akademik yang menerima ODA (Official Development Assistance) dibawah usia 45 tahun boleh mendaftar.
  6. Sehat jasmani dan rohani.

     

(2) Dokumen yang Diperlukan

  1.  Formulir pendaftaran
  2. Personal statement
  3.  Rencana studi/Study plan
  4. Proposal Penelitian (hanya untuk research program).
  5. 1 surat rekomendasi
  6. Surat undangan (diterbitkan oleh universitas research program).
  7. GKS Applicant Agreement
  8. Personal Medical Assessment
  9. Persetujuan untuk Mengumpulkan dan Menggunakan Informasi Pribadi
  10. Bukti kewarganegaraan (pemohon dan orang tua/wali) dan bukti hubungan keluarga (Akta Kelahiran dan KK)
  11. Ijazah/Diploma
  12. Transkrip nilai
  13. Surat Keterangan Kerja (hanya berlaku untuk profesional E.S.C.I di bawah research program)
  14. Sertifikat skor TOPIK yang asli dan/atau salinan sertifikat skor tes kemampuan Bahasa Inggris
  15. Salinan penghargaan atau sertifikat lainnya (opsional) 
  16. Salinan paspor pemohon beasiswa (opsional).

Get Ready for GKS! ikut Kelas Persiapan TES TOPIK di Cakap!

(3) Fasilitas yang Ditawarkan

fasilitas beasiswa gks

Fasilitas yang ditawarkan hampir mirip dengan fasilitas Undergraduate Program, tapi ada beberapa perbedaan, lho! Berikut ini detail dana dan tunjangan yang akan ditanggung jika kamu lolos seleksi beasiswa GKS Graduate Program.

  1. Tiket pesawat ekonomi pulang pergi Indonesia–Korea di awal dan akhir masa penerimaan beasiswa.
  2. Tunjangan awal saat tiba pertama kali di Korea sebesar 200.000 atau setara dengan Rp10.400.000
  3. Tunjangan bulanan yang diberikan setiap awal bulan sebesar 1.000.000 atau setara dengan Rp10.400.000 untuk Master’s dan Doctoral Degree dan 1.500.000 atau setara dengan Rp17.400.000 untuk Research Program.
  4. Hibah kemahiran berbahasa Korea yang diberikan setiap bulan sebesar ₩100.000 atau setara dengan Rp1.200.000
  5. Biaya pelatihan Bahasa Korea setiap awal triwulan ditanggung oleh NIIED maksimal 1.000.000 atau setara dengan Rp11.500.000, sisanya akan ditanggung oleh pihak universitas.
  6. Biaya pendidikan setiap semester yang diberikan setiap awal semester ditanggung oleh NIIED maksimal 5.000.000 atau setara dengan Rp58.000.000, untuk sisa dan biaya administrasi akan ditanggung oleh pihak universitas.
  7. Asuransi Kesehatan yang diberikan setiap awal bulan ditanggung oleh NIIED.
  8. Hibah penyelesaian masa beasiswa sebesar 100.000 atau setara dengan Rp1.200.000 diberikan hanya kepada penerima beasiswa GKS yang pulang ke negara asal begitu selesai masa studi. Jika penerima tidak pulang ke negara asal, dana ini tidak diberikan.
  9. Biaya penelitian untuk jurusan-jurusan seni liberal dan ilmu sosial sebesar 210.000 atau setara dengan Rp2.500.000 dan untuk jurusan-jurusan ilmu alam dan teknik sebesar 240.000 atau setara dengan Rp5.000.000 yang diberikan sesuai dengan kebijakan universitas. 
  10. Pendanaan penuh biaya perkuliahan.

Nah, itu dia segala informasi yang kamu butuhkan untuk daftar beasiswa GKS. Mulai dari programnya, hingga syarat pendaftarannya dan manfaat yang ditawarkan. Sekarang saatnya kamu mempersiapkan diri dan dokumen yang diperlukan untuk mendaftar tahun depan, 가자, 가자! 

Bagi kamu yang merasa perlu belajar bahasa Korea sebagai persiapan, kamu bisa mengandalkan Cakap, lho. Baik yang sudah pernah belajar maupun yang belum, pembelajarannya akan disesuaikan dengan tingkat kemampuanmu. Oleh karena itu, jangan lupa ambil Placement Test-nya dulu, ya! #SiapaCakapDiaDapat 

Baca juga: 

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup