Dowajuseyo dan 5 Ungkapan Minta Tolong dalam Bahasa Korea Lainnya

bahasa korea minta tolong

Seperti hal yang sering kamu dengar berulang, bahwa ada beberapa kata ajaib yang harus selalu mengikuti dan tidak boleh hilang dalam percakapanmu di waktu tertentu. Ialah kata maaf, tolong, dan terima kasih. Dalam berbagai bahasa, ketiga ungkapan tersebut tentu memiliki bentuk dan pelafalan yang berbeda. Lantas bagaimana dengan Korea? Setelah sebelumnya belajar mengenai maaf dan terima kasih dalam bahasa Korea, sekarang saatnya melengkapi pengetahuanmu seputar bagaimana bahasa Korea-nya minta tolong.

Dalam bahasa Korea, kata kerja yang digunakan untuk minta tolong adalah 돕다 (dobda). Saat kamu ingin meminta bantuan, biasanya kata tersebut digabungkan dengan kata 주다 (juda) yang berarti “memberi”. Hasil kombinasi dari dua kata tersebut akan terangkai dalam kata yang berbunyi 도와주다 (dowajuda). Untuk selengkapnya, kamu bisa menggunakan 6 ungkapan bahasa Korea tentang minta tolong berikut ini!

도와주시겠어요 (Dowajusigesseoyo)

bahasa korea minta tolong

도와주시겠어요 (dowajusigesseoyo) merupakan ungkapan bahasa Korea yang digunakan untuk minta tolong. Ungkapan ini tergolong ke dalam bentuk tuturan yang paling sopan untuk mengatakan tolong. Jadi, kamu bisa menggunakannya di waktu dan situasi formal.

Contoh kalimat minta tolong dalam bahasa Korea:

  • 아주마, 실례합니다. 좀 도와 주시겠어요? (Ajumma, sillyehabnida. Jom dowa jusigess-eoyo?)
    Permisi, Bu. Bisakah kamu membantuku?

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

도와주실래요 (Dowajusillaeyo)

bahasa korea minta tolong

Ungkapan bahasa Korea untuk minta tolong yang bisa kamu gunakan selanjutnya adalah 도와주실래요 (dowajusillaeyo). Secara harfiah, 도와주실래요 (dowajusillaeyo) berarti “bisakah kamu membantu saya”. Meskipun tingkat kesopanannnya tidak setinggi frasa 도와주시겠어요 (dowajusigesseoyo), namun ungkapan ini masih bisa digunakan untuk meminta pertolongan dalam situasi formal. Penambahan 시 (si) menambah tingkat kesopanan dalam ungkapan tersebut.

Contoh kalimat minta tolong dalam bahasa Korea:

  • 강남 가고싶다. 좀 도와 주실래요? (Gangnam gagosipda. Jom dowa jusillaeyo?)
    Saya ingin pergi ke Gangnam. Bisakah kamu membantuku?

도와주세요 (Dowajuseyo)

bahasa korea minta tolong

Dalam bahasa Korea standar, 도와주세요 (dowajuseyo) merupakan ungkapan yang paling umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ungkapan bahasa Korea untuk minta tolong ini juga bisa digunakan dalam keadaan darurat. Bagi kamu yang suka nonton drama Korea, kamu pasti sudah sering bukan mendengar ungkapan ini?

Contoh kalimat minta tolong dalam bahasa Korea:

  • 도와주세요, 나는 파티에 참석해야 합니다. (Dowajuseyo, naneun patie chamseoghaeya habnida).
    Tolong bantu aku, aku harus menghadiri pesta itu.

도와줘 (Dowajwo)

bahasa korea minta tolong

Selanjutnya ada 도와줘 (dowajwo). Ungkapan ini memiliki arti “tolong aku”. Kamu bisa menggunakannya dalam situasi nonformal atau kepada orang yang seumuran atau lebih muda dari dirimu.

Contoh kalimat minta tolong dalam bahasa Korea:

  • 나를 도와줘, 딱 한번만. (Naleul dowajwo, ttag hanbeonman).
    Tolong aku, sekali ini saja.

Raih Mimpi Kuliah di Korea dengan Kursus Bahasa Korea di Cakap

살려주다 (Sallyeojuda)

bahasa korea minta tolong

Beralih pada bentuk yang berbeda dari ungkapan bahasa Korea untuk minta tolong yang sebelumnya. Sekarang, mari mengenal 살려주다 (sallyeojuda), 살려주다 (sallyeojuda) merupakan ungkapan minta tolong yang bisa digunakan saat kamu merasa hidupmu sedang dalam bahaya. Ungkapan ini dapat juga berarti “selamatkan saya”.

경찰을 부르세요 (Gyeongchareul bureuseyo)

bahasa korea minta tolong

Last but not least adalah 경찰을 부르세요 (gyeongchareul bureuseyo). Kamu bisa menggunakan ungkapan ini saat kamu minta tolong agar seseorang memanggil polisi. Terkadang ada beberapa situasi berbahaya yang mengharuskanmu untuk menghubungi pihak berwajib. Jika situasi tersebut datang padamu, maka kamu bisa menggunakan frasa 경찰을 부르세요 (gyeongchareul bureuseyo). 

Keenam ungkapan bahasa Korea untuk minta tolong di atas, bisa kamu gunakan sesuai konteks dan situasi yang kamu temui. Ingat dalam kondisi yang mengharuskanmu mendapatkan bantuan orang lain, jangan ragu untuk meminta pertolongan ya, Sobat cakap!

Materi dan semua hal menarik seputar budaya dan bahasa Korea bisa kamu dapatkan dengan mengikuti kursus bahasa Korea online di Cakap. So, buat kamu yang ingin memperdalam bahasa Korea-mu, tunggu apa lagi? Daftar Cakap sekarang juga!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks