Arti Juseyo Bahasa Korea dengan Tulisan Hangeul & Contoh Kalimat

juseyo-artinya

Jika berbicara tentang kosakata dasar dalam bahasa Korea yang wajib dipahami, maka kata juseyo juga harus termasuk di dalamnya. Memangnya juseyo artinya apa sih? Apakah mirip dengan arti dowajuseyo dalam bahasa Korea? Atau ada sebuah perbedaan yang cukup kentara di antara keduanya, ya?

Artikel ini akan fokus mengupas satu persatu tentang kata juseyo. Sebagai permulaan, yuk cari tahu dulu arti juseyo! Check it out below!

Table of Contents

Apa Arti Juseyo?

Juseyo artinya mirip dengan kata please dalam bahasa Inggris dan tolong dalam bahasa Indonesia. Atau secara lebih rincinya, juseyo adalah sebuah istilah dalam bahasa Korea yang digunakan untuk mengatakan sebuah permintaan.

Kata juseyo sendiri terdiri dari kata 주다 (juda) yang berarti memberi dan 세요 (seyo) yang berarti “maukah/bolehkah”. Dari gabungan tersebut terciptalah juseyo dalam tulisan hangeul Korea yang ditulis menjadi (주세요)

Kata yang terdiri dari tiga suka kata ini merupakan kata yang digunakan untuk mengatakan “tolong” dalam sebagian besar situasi.

Penggunaan Juseyo

Pada penjelasan di atas, kalian sudah mengetahui juseyo artinya “tolong”. Meskipun kosakata ini merupakan kosakata standar yang paling sering digunakan untuk mengatakan “tolong”, namun ada lagi lho batasan penggunaan juseyo yang harus diketahui. Perhatikan penjelasan berikut:

(1) Digunakan bersama Kata Kerja

주세요 juseyo adalah salah satu partikel bahasa Korea yang tidak dapat berdiri sendiri. Penggunaanya harus selalu melekat dengan kata kerja.

(2) Untuk Menyatakan Permintaan

Yap, juseyo digunakan untuk menyatakan permintaan atau permohonan kepada seseorang untuk melakukan sesuatu. Biasanya ditujukan untuk meminta tolong, memohon sesuatu, dan lain sebagainya.

(3) Digunakan dalam Berbagai Situasi

Meskipun tergolong ke dalam istilah formal, namun penggunaannya di lapangan menyatakan bahwa kata 주세요 juseyo bisa digunakan dalam situasi formal maupun informal. Kata ini digunakan dalam percakapan sehari-hari yang paling standar untuk mengatakan “tolong”.

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

Variasi Lain yang Mirip Artinya dengan Juseyo

Terdapat lebih dari dua variasi atau different form of juseyo. Ini dia pemaparannya.

(1) 줘 (Jwo)

Variasi pertama dari juseyo adalah 줘 (jwo). Sama seperti juseyo, kata ini memiliki arti tolong. Hanya saja, 줘 (jwo) umum digunakan di situasi informal. So, pastikan kalian hanya menggunakan kata ini saat berbicara dengan orang yang dekat atau yang lebih muda dari dirimu.

(2) 주십시오 (Jusipsio)

Selanjutnya ada 주십시오 (jusipsio). Berbanding terbalik dengan 줘 (jwo), kata 주십시오 (jusipsio) adalah ungkapan permintaan tolong dalam situasi yang sangat formal. Kata ini merupakan tingkatan tertinggi dari variasi 주세요 juseyo itu sendiri. Ungkapan ini biasanya digunakan pada percakapan resmi atau program berita.

(3) 주시겠어요 (Jusigesseoyo)

주시겠어요 (jusigesseoyo) adalah versi dari 주세요 juseyo yang lebih sopan. Kalian bisa menggunakan ungkapan ini pada orang yang lebih tua atau pada orang yang baru pertama kali ditemui.

(4) 제발 (Jebal)

Apa sih perbedaan jebal dan juseyo? 주세요(juseyo) digunakan saat kalian akan meminta tolong pada seseorang untuk memberikan atau melakukan sesuatu. Sedangkan, 제발 (jebal) diartikan sebagai “tolong” dalam bahasa Indonesia, namun terdengar seperti sangat memohon atau menuntut sesuatu. Gimana? Sudah jelas banget kan perbedaan jebal dan juseyo?

Contoh Penggunaan Juseyo dalam Sebuah Kalimat

Nah, lanjut ke bagian contoh penggunaan juseyo dalam sebuah kalimat nih. Kenapa sih contoh kalimat itu penting? Dengan contoh kalimat, kalian akan memahami secara langsung bagaimana kata juseyo digunakan dan diterapkan dalam sebuah kalimat. Langsung aja deh yuk simak contoh-contoh kalimat berikut ini!

  • 주의 깊게 들어 주세요.
    (Juui gipge deul-eo juseyo).

    Tolong/mohon dengarkan baik-baik.

  • 빵 두개 주세요.
    (Ppang du gae juseyo).

    Berikan dua roti itu, tolong.

  • 물 하나 주세요.
    (Mulhana juseyo).

    Tolong beri saya sebotol air.

  • 도서관에 데려다 주세요.
    (Doseogwan-e delyeoda juseyo).

    Tolong antar aku ke perpustakaan.

  • 거기에 내 자전거를 가져와주세요.
    (Teogie nae jajeongeoleul gajyeodajuseyo).

    Tolong ambilkan sepedaku di sana.

So, itu dia penjelasan tentang juseyo dan artinya, dilengkapi juga dengan bagaimana cara menggunakan juseyo dalam kalimat dan percakapan sehari-hari. Buat kalian yang masih penasaran dengan materi bahasa Korea yang lebih banyak lagi, langsung aja yuk kepoin kelas bahasa Korea online di Cakap! Atau bisa memulainya dari Panduan Belajar Bahasa Korea untuk Pemula. Di Cakap ada banyak paket pembelajaran yang bisa kalian pilih!

Referensi:
-90daykorean
-koreanclass101.com
-koreanly.com
(Konten telah ditinjau oleh Metta Karunia, salah satu teacher bahasa Korea Cakap)

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat