Mengenal Beragam Warna dalam Bahasa Korea, Mudah Dihafal!

warna bahasa korea

Kamu pasti sering mendengar kosakata warna dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, seperti  merah, putih, red, blue, pink, dll. Saat mendengar kosakata tersebut, pasti kamu langsung merujuk pada sebuah konteks yang ditujukan oleh warna tersebut. Mengapa demikian? Karena kamu sudah mengetahui dan menyimpan arti serta rujukannya di dalam ingatanmu. Lalu, bagaimana dengan warna bahasa Korea?

Beda halnya dengan salah satu kosakata warna bahasa Korea yang satu ini 빨간색 (ppal-gan-saek), sebagian besar dari kamu mungkin tidak tahu artinya, sehingga tidak bisa menyimpulkan dan merujuk pada konteks yang seperti apa. But don’t worry karena mulai sekarang kamu bisa belajar warna-warna dalam bahasa korea dengan mudah!

Warna Bahasa Korea

Ditelisik dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, warna memiliki pengertian kesan yang diperoleh mata dari cahaya yang dipantulkan oleh benda-benda yang dikenainya.

Setelah sebelumnya belajar mengenal warna dalam bahasa Jepang, sekarang saatnya belajar mengenal warna dalam bahasa Korea. Warna dalam bahasa Korea dikenal dengan 색깔 (saek-kkal) atau biasanya disebut lebih singkat menjadi 색 (saek). Tidak dapat dipungkiri bahwa intensitas penggunaan warna dalam percakapan sehari-hari cukup intensif, maka dari itu memahami sejumlah warna bahasa Korea menjadi hal dasar yang harus kamu hafalkan.

Warna Merah

Secara umum, warna merah dalam bahasa Korea dikenal dengan sebutan 빨간색 (pal-gan-saek). Warna bahasa Korea satu ini memiliki beberapa turunan, seperti merah gelap 진혼색 (jin-hon-saek), merah tua/maroon 적갈객 (jeok-kal-gae), merah menyala 다홍색 (da-hong-saek), merah muda 핑크색 (ping-keu-saek), dan merah muda lembut 연분홍색 (yeon-bun-hong-saeg).

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

Warna Putih

Warna bahasa Korea selanjutnya adalah putih. Warna putih merupakan warna dasar yang serupa dengan warna kapas. Warna putih di Korea disebut dengan 하얀색 (ha-yan-saek). Sedangkan untuk warna kulit, masyarakat Korea biasa menyebutnya dengan 살색/ 살구색 (sal-saek / sal-gu-saek).

Warna Hitam

Hitam merupakan salah satu warna dasar yang serupa dengan warna arang. Dalam bahasa Korea, warna ini dikenal dengan sebutan 검정색 (geom-jeong-saek).

Warna Cokelat

Cokelat merupakan salah satu warna bahasa Korea yang memiliki beberapa variasi. Warna cokelat secara umum disebut dengan 갈색 (gal-saek). Sedangkan turunannya adalah, cokelat kacang 밤색 (bam-saek), dan cokelat krem 황토색 (hwang-to-saek).

Variasi warna tersebut hampir sama dengan variasi warna cokelat di Indonesia, hanya bedanya tidak dicantumkan warna cokelat susu.

Warna Kuning

Warna bahasa Korea selanjutnya adalah kuning. Masyarakat Korea, biasa menyebutnya 노란색 (no-ran-saek). Warna kuning memiliki variasi lain yang juga dikenal di Indonesia, yaitu warna kuning muda 연노란색 (yeon-no-lan-saek).

Warna Hijau

Hijau adalah warna yang sangat asri, warna hijau dalam bahasa Korea dikenal dengan sebutan 초록색 (cho-rok-saek). Warna hijau memiliki turunan warna, seperti hijau lumut 카키색 (ka-ki-saek), kuning kehijauan/light green 연두색 (yeon-du-saek), dan 청록색 (cheong-rok-saek) untuk menyebut warna pirus.

Warna Biru

Warna biru dalam bahasa Korea memiliki beberapa turunan. Untuk warna biru secara umum, mereka mengenal sebutan 파란색 (pha-ran-saek). Sedangkan turunanya, yaitu biru navy 남색 (nam-saek), biru langit 하늘색 (ha-neul-saek).

Raih Mimpi Kuliah di Korea dengan Kursus Bahasa Korea di Cakap

Warna Abu-Abu

Abu-abu merupakan warna yang berada di antara hitam dan putih. Bahasa Korea mengenal dua warna abu, yaitu warna abu-abu pada umumnya 회색 (hweh-saek) dan warna abu-abu muda 밝은 회색 (balg-eun-hoe-saek).

Warna Ungu

Mungkin untuk sebutan warna bahasa Korea yang satu ini sudah cukup familiar, terlebih di mata para ARMY. Warna ungu dalam bahasa Korea dikenal dengan sebutan 보라색 (bo-ra-saek). Untuk warna ungu yang lebih muda, biasanya disebut dengan 연보라색 (yeon-bo-la-saek).

Warna Lainnya

Warna bahasa Korea lainnya yang harus kamu tahu adalah warna-warna yang cukup unik, seperti warna jingga atau warna oranye 주황색 (ju-hwang-saek), warna gading atau juga dikenal dengan ivory 아이보리색 (a-i-bo-li-saek), warna perak 은색 (eun-saek), dan warna emas/gold 금색 (geum-saek).

Gimana, sudah kenal warna-warna bahasa Korea bukan? Sekarang kamu tidak lagi bingung untuk menyatakan warna pada suatu benda dalam bahasa Korea!

Bahasa Korea menjadi salah satu bahasa yang sedang sangat digandrungi dan menarik perhatian banyak orang. Tak jarang dalam sebuah percakapan, masyarakat Indonesia terkadang menggunakan alih bahasa atau campur bahasa antara Indonesia dan Korea. Nah, untuk kamu yang ingin belajar bahasa negara penghasil drama-drama keren ini, Cakap adalah pilihan terbaik untuk menjadi tempat belajarmu. Latih dan tingkatkan kemampuan berbahasa Koreamu melalui kursus online bahasa Korea di Cakap. Dengan pembelajaran interaksi  dua arah, belajar jadi lebih seru dan nggak bikin bosen. Yuk daftar Cakap sekarang!

Baca Juga;

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks