Daftar Nama Hari Dalam Bahasa Korea dan Contoh Kalimatnya

nama hari dalam bahasa korea

Annyeong! Bahasa Korea memang sudah menjadi salah satu bahasa yang banyak diminati. Selain mempelajari berbagai kosakata bahasa Korea untuk pemula sebagai langkah pertama untuk belajar, mengenal daftar nama hari dalam Bahasa Korea juga perlu kamu pahami. Nama hari dalam Bahasa Korea memiliki keunikan masing-masing, lho. Simak pembahasan selengkapnya di sini!

Nama Hari dalam Bahasa Korea

source: giphy.com

Hari dalam bahasa Korea adalah 요일 (yoil). Hal ini menyebabkan setiap nama hari dalam bahasa Korea pasti memiliki akhiran 요일 (yoil). Uniknya, setiap nama hari dalam bahasa Korea memiliki arti yang berbeda-beda, seperti Senin yang berarti bulan dan Selasa yang berarti api.

월요일 (Wolyoil) – Senin

월요일 (Wolyoil) merupakan nama hari Senin dalam bahasa Korea. 월 (Wol) dalam bahasa Korea memiliki arti bulan. Sehingga, kata 월요일 (Wolyoil) itu sendiri memiliki arti sebagai hari bulan.

화요일 (Hwayoil) – Selasa

Dalam penamaan hari dari hari Selasa sampai Sabtu diambil dari lima elemen tradisi Asia Timur. Dalam tradisinya ada beberapa elemen yang dikenal, antara lain api, air, kayu atau pohon, emas serta tanah atau bumi.

Nama hari Selasa dalam bahasa Korea ini memiliki arti api. 화 (hwa) dalam 화요일 (Hwayoil) merupakan singkatan dari kata 화재 (hwajae) yang berarti “api”. 

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

수요일 (Suyoil) – Rabu

Nama hari dalam bahasa Korea satu ini diambil dari elemen air. 수 (su) dalam 수요일 (Suyoil) memiliki makna “air”. Sehingga, 수요일 (suyoil) atau hari Rabu memiliki arti “hari air”.

목요일 (Mogyoil) – Kamis

Sama seperti bahasa-bahasa sebelumnya, hari Kamis dalam bahasa Korea pun diambil dari elemen, yaitu elemen kayu. 목 (mog) dalam 목요일 (Mogyoil) berasal dari kata 목재 (mogjae) yang memiliki arti “pohon atau kayu”.

Sehingga, 목요일 (Mogyoil) atau hari Kamis dalam bahasa Korea memiliki arti “hari pohon atau kayu”.

금요일 (Geumyoil) – Jumat

Untuk nama hari Jumat dalam bahasa Korea diambil dari elemen emas. 금 (geum) dalam 금요일 (Geumyoil) memiliki arti “emas”.

Masyarakat Korea biasanya mengucapkan mengucapkan 불금 (bulgeum) yang berarti “Jumat api” sebagai ucapan untuk bersyukur karena akan menyambut akhir pekan atau yang sering dikenal masyarakat dunia sebagai Thanks God It’s Friday (TGIF).

Kata 불금 (bulgeum) yang berarti “Jumat api” ini juga mengartikan bahwa masyarakat menantikan akhir pekan.

토요일 (Toyoil) – Sabtu

Hari Sabtu sebagai hari yang banyak ditunggu oleh semua orang. Sebagai hari yang mengawali akhir pekan, hari Sabtu tepat untuk sekedar beristirahat atau menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat.

Elemen yang digunakan pada hari Sabtu merupakan elemen tanah. 토 (to) dalam 토요일 (Toyoil) berarti “bumi atau tanah”. Sehingga, hari Sabtu dalam bahasa Korea atau 토요일 (Toyoil) memiliki arti “hari bumi atau hari tanah”.

일요일 (Ilyoil) – Minggu

Sebagai hari yang biasa ditunggu oleh si kecil untuk menghabiskan waktu dengan keluarga, hari Minggu dalam bahasa Korea memiliki arti hari matahari.

일 (il) dalam 일요일 (Ilyoil) memiliki makna sebagai “matahari”. Sehingga, hari Minggu dalam bahasa Korea atau 일요일 (Ilyoil) berarti “hari matahari”.

Kursus Bahasa Korea di Cakap, Belajar Langsung Sama Ahlinya

Contoh Kalimat Nama Hari dalam Bahasa Korea

  • 오늘 무슨요일 이야? (o-neul-mu-seun yo-il-i-ya)
    hari apa sekarang?
  • 오늘은 수요일이야 (o-neul-eun-su-yo-il-i-ya)
    sekarang hari Rabu.

Untuk dapat mengatakan “pada hari …”, Sobat Cakap dapat menambahkan frasa ‘에’ pada akhir kalimat, seperti contoh di bawah ini.

  • 월요일에 (wol-yoil-e) = pada hari senin
  • 토요일에 (toyoil-e) = pada hari sabtu

Menghafalkan nama hari dalam bahasa Korea dapat terbilang mudah, kan? Kamu bisa menghafalkan mulai dari awalan kata setiap nama hari dan dilanjut dengan kata 요일 (yo-il). Agar lebih memudahkan menghafal nama hari, kamu bisa memberikan urutan dengan sebutan wol, hwa, su, mog, geum, to, il.

Setelah kamu hafal dan dapat memahami nama hari dalam bahasa Korea, sekarang saatnya kamu memahami nama bulan serta pengucapan tahun dalam bahasa Korea agar dapat menyebutkan tanggal dengan baik dan benar.

Yuk, belajar Bahasa Korea online di Cakap untuk lebih memahami, tidak hanya bahasa namun juga budaya bersama tutor yang profesional dan menyenangkan. Dan menariknya, kamu juga bisa mendapatkan e-book bahasa Korea gratis! Dijamin belajar jadi lebih mudah dan ngobrol pakai bahasa Korea jadi makin pede!Daftarkan dirimu sekarang, Chingu!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat