5 Tips Belajar Inggris Secara Efektif Lewat Aplikasi

aplikasi belajar bahasa inggris

Kalau dulu belajar bahasa Inggris harus pergi ke tempat les, sekarang kegiatan tersebut bisa dilakukan di mana dan kapan saja lewat smartphone. Saat ini ada begitu banyak sarana yang bisa dilakukan untuk belajar bahasa inggris, salah satunya lewat internet dan aplikasi.

Aplikasi belajar bahasa Inggris memungkinkan kita untuk belajar secara mandiri, menyesuaikan dengan ritme belajar masing-masing orang. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu pilih, tetapi yang lebih penting lagi adalah untuk memahami cara memanfaatkan aplikasi-aplikasi tersebut dengan efektif untuk membantumu berlatih bahasa Inggris. Yuk, sebelum bahas lebih lanjut, baca dulu alasan aplikasi bahasa Inggris disukai banyak orang saat ini.

Berikut 5 tips belajar bahasa Inggris dengan efektif lewat aplikasi.

Ubah setting 

Kalau smartphone dan aplikasi yang kamu gunakan saat ini masih menggunakan bahasa Indonesia, coba ubah setting-nya menjadi bahasa Inggris. Jika kamu ingin cepat lancar, kamu harus sebisa mungkin mengatur sekelilingmu untuk menggunakan bahasa tersebut, salah satunya dengan mengubah pengaturan pada smartphone. Dengan demikian, kamu akan lebih terbiasa menggunakan bahasa Inggris. 

Atur jadwal belajar

Karena sifatnya mandiri, kamu harus bisa mendorong dirimu sendiri untuk disiplin belajar. Pasalnya, belajar bahasa lebih seperti lari marathon dibanding sprint. Maka itu, dibutuhkan kekonsistenan untuk bisa menguasainya. Kamu bisa membuat jadwal belajarmu sendiri, misalnya seminggu 3 kali setiap jam 7 malam.

Buat catatan

Supaya tidak lupa, catat materi yang kamu pelajari dari aplikasi, baik itu soal grammar, kosakata baru, dan sebagainya. Kamu bisa mencatatnya di buku catatan atau men-screenshot terlebih dahulu materi tersebut untuk kemudian kamu catat setelah selesai belajar. 

Dengan cara ini, kamu jadi bisa mengulang kembali materi yang sudah kamu pelajari sekaligus membantumu makin ingat akan materi tersebut. Saat ini juga sudah ada aplikasi yang menawarkan review otomatis dimana kamu bisa mengakses materi-materi yang sudah lewat dengan mudah.

Manfaatkan audio dan kamera

Beberapa aplikasi memungkinkan kamu untuk belajar lewat audio maupun secara dua arah dengan menggunakan kamera. Manfaatkan fitur-fitur ini untuk melatih kemampuan listening pronunciation sekaligus mendapatkan feedback dari teman atau pengajar. 

Jadi kamu bisa tahu kesalahan-kesalahanmu dalam belajar serta materi apa yang sudah kamu kuasai dan mana yang perlu kamu kembangkan lagi. Kamu juga bisa merekam latihan pronunciation dari aplikasi atau pengajar sehingga bisa kamu ulang-ulang saat berlatih saat waktu senggang.

Cari teman belajar

Belajar bahasa akan lebih mudah dan seru jika kamu punya partner yang bisa mendukung dan memotivasi kamu. Partner ini bisa berupa teman dekatmu yang kamu ajak untuk sama-sama belajar, bisa juga teman baru yang kamu dapatkan lewat aplikasi. Dengan adanya teman belajar, kamu jadi bisa melatih kemampuan conversation-mu secara langsung. Pembahasannya juga jadi lebih seru dan kamu bisa belajar lebih banyak kosakata. 

Cara-cara belajar bahasa Inggris yang efektif ini bisa kamu dapatkan di aplikasi Cakap. Lewat Cakap English Club, kamu bisa berlatih bahasa Inggris secara dua arah lewat video dan audio bersama pengajar profesional. Selain itu juga ada Sobat Cakap lainnya sehingga kamu punya teman diskusi. Tunggu apa lagi? Yuk mulai belajar sekarang!

Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google