20+ Usaha untuk Mahasiswa Kos, Modal Kecil Untung Besar!

usaha untuk mahasiswa kos
Image by Freepik

Tinggal jauh dari orang tua karena pendidikan nggak harus jadi alasan kamu makan mie instan terus-terusan supaya hemat, Sobat Cakap. Kamu hanya perlu lebih aktif melihat potensi dan lebih kreatif untuk menghasilkan uang untuk tambahan jajan. 

Kali ini Cakap akan memberikan beberapa ide usaha untuk mahasiswa kos yang tinggal sendiri di perantauan. Berbeda dengan pengusaha yang memiliki modal uang yang cukup, kamu harus lebih jeli memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitarmu. Yuk, cari tahu ide-idenya!

Table of Contents

Katering Makanan Sehat

Banyak mahasiswa yang malas atau tidak bisa memasak, tetapi ingin tetap mengonsumsi makanan sehat dan menghindari junk food

Nah, jika kamu memiliki keahlian memasak, kamu bisa memanfaatkan dapur kosan untuk membuka usaha katering kecil-kecilan khusus makanan rumahan yang sehat. Usaha ini pastinya butuh sedikit modal dan juga izin dari pemilik kosan, ya!

Jasa Print dan Fotokopi

Saat ini sudah banyak mesin printer serbaguna yang juga dapat digunakan untuk fotokopi. Berbekal mesin printer yang pastinya kamu butuhkan dalam menempuh pendidikan, kamu juga bisa nyambi menyediakan jasa fotokopi dan printing

Tentunya kamu akan membutuhkan modal printer, tinta, dan juga kertas, tetapi hasilnya lumayan banget, lho!

Kursus Privat

Ada nggak sih usaha untuk mahasiswa kos yang tanpa modal? Jawabannya tentu saja ada! Kamu bisa menggunakan keahlianmu untuk menyediakan layanan kursus privat, baik untuk pelajaran sekolah maupun berbagai keterampilan seperti merajut atau musik. 

Kamu bisa menawarkan jasamu untuk pelajar SD-SMA untuk kursus privat atau teman-teman kuliahmu untuk kursus keterampilan seperti kerajinan tangan atau musik. 

Mau Dapat Penghasilan Tambahan dengan Menjadi Guru Online? Ikut Kursusnya Dulu, yuk!

Online Shop

Memiliki dan mengelola online shop nggak selamanya membutuhkan modal yang besar, kok. Sebagai pemula kamu bisa mengandalkan sistem dropship di mana kamu hanya perlu menjualkan produk yang diproduksi dan dikemas oleh orang lain. 

Meskipun dengan sistem dropship, kamu bisa membuka toko di e-commerce maupun di media sosial untuk menjangkau lebih banyak calon pembeli. 

Freelancer

Kamu jago menulis atau membuat desain? Kamu bisa banget mengambil pekerjaan lepas atau freelance sebagai Graphic Designer atau Content Writer

Ada banyak platform online untuk freelancer yang bisa kamu coba gunakan untuk mencari project dan client. Pastikan kamu memiliki portofolio yang menarik sehingga orang-orang bisa mempercayakan project padamu. 

Event Organizer

Beberapa kalangan mahasiswa mungkin senang melakukan acara kumpul-kumpul seperti ulang tahun, jalan-jalan atau acara lainnya. 

Nah, di sini lah kesempatanmu untuk menawarkan jasa meng-handle event kecil-kecilan ini agar lebih terstruktur dan seru. Pastikan kamu tahu mengatur dan menyusun acara dengan baik dan jangan lupa untuk mempromosikan jasamu, ya! 

Kelas Olahraga

Sobat Cakap yang punya bakat dan hobi di bidang olahraga, kamu juga bisa menawarkan jasa sebagai pelatih olahraga, lho! Misalnya pelatih yoga, zumba atau olahraga pertandingan seperti badminton, basket, dan voli. 

Hal yang perlu kamu pertimbangkan adalah fasilitas seperti hall atau lapangan tempat kegiatanmu nantinya akan dilakukan. Meski demikian, ini worth to try banget!

peluang bisnis mahasiswa kosan
Image by Freepik

Penyewaan Alat Musik

Musik menjadi bagian penting dalam kehidupan mahasiswa karena ada banyak sekali acara musik atau festival di dalam kampus. Jika kamu memiliki alat musik seperti gitar akustik, gitar elektrik, bass atau cajon, kamu bisa menyewakannya untuk berbagai acara mahasiswa, lho. 

Pastikan alat musik yang kamu sewakan masih berfungsi dengan baik dan jangan lupa menetapkan syarat dan ketentuan agar peminjam tidak semena-mena. 

Jasa Pengetikan dan Editing Tugas

Jasa yang satu ini akan selalu laku dalam dunia perkuliahan, terutama bagi mereka yang sibuk tapi tetap berusaha mengerjakan tugas tepat waktu. Mereka yang perkuliahannya padat dan tugasnya banyak pasti akan membutuhkan jasamu untuk mengedit dan mengetik laporan!

Target utamamu dalam menawarkan jasa ini adalah mahasiswa rumpun sains dan teknologi dengan jadwal praktikum dan laporan yang tiada habisnya. 

Cek juga potensi pekerjaan mengetik yang bisa kamu coba: 10 Jenis Kerja Online Mengetik

Penyewaan Peralatan Outdoor

Hobi berkegiatan outdoor seperti berkemah dan mendaki gunung juga bisa kamu jadikan cara menghasilkan uang, lho. Kamu bisa menyewakan alat-alat berkemah seperti tenda, kompor, alat masak outdoor dan sebagainya. 

Sama seperti penyewaan alat musik, pastikan kamu menetapkan ketentuan peminjaman agar barangmu benar-benar dijaga dengan baik saat digunakan. 

Menjadi Content Creator

Dengan semakin berkembangnya media sosial, kesempatanmu untuk berkreasi di dunia konten akan menjadi lebih luas. Bermodal smartphone dan skill videografi, kamu bisa membuat kanal dengan tema yang unik dan relevan bagi audiens seusiamu. 

Jika beruntung dan mendapatkan banyak audiens, menjadi content creator juga membuka kesempatanmu untuk bekerja sama dengan brand melalui endorsement akan semakin besar. 

Content Creator Bisa Menghasilkan Uang? Belajar Cara Bikin Konten yang Menarik, yuk!

Jualan Produk dan Aksesoris Kerajinan

Generasi Z dikenal dikenal sebagai generasi yang sangat menghargai value sehingga aksesoris maupun barang-barang handmade sangat mereka gemari. 

Sobat Cakap yang memiliki hobi dan keterampilan dalam bidang kerajinan tangan seperti merajut atau menyulam, kamu juga bisa menguangkannya, lho! Kamu juga bisa menjual pernak-pernik seperti kalung, gelang, maupun cincin handmade

Jasa Penerjemah

Nggak sedikit mahasiswa yang kesulitan untuk memahami jurnal bahasa Inggris atau menulis tugas dalam bahasa Inggris, lho. 

Nah, kalau kamu jago bahasa Inggris, kamu bisa banget menawarkan jasa penerjemahan atau translator untuk memudahkan perkuliahan mereka dan dapat tambahan uang jajan! Manfaatkan media sosial untuk mempromosikan jasamu agar di-notice calon pelanggan, ya!

Tutor Bahasa Asing

Satu kesempatan lagi nih buat kamu yang jago bahasa asing atau kuliah di jurusan bahasa asing! Tidak hanya bahasa Inggris, tetapi bisa bahasa Jepang maupun bahasa Korea. 

Dengan semakin meluasnya K-Pop dan budaya populer Jepang, banyak orang mulai tertarik untuk belajar bahasa Korea dan Jepang, meskipun dasar-dasarnya saja. Nah, manfaatkan hobi mereka untuk menambah pemasukanmu selain uang jajan dari orang tua!

cara mahasiswa menghasilkan uang
Image by bublikhaus on Freepik

Jasa Reparasi Komputer/Laptop

Berkuliah di jurusan terkait teknologi informasi atau hobi mengutak-atik laptop dan komputer bisa jadi cara selanjutnya untuk mendapatkan tambahan jajan, lho. 

Kamu bisa menawarkan jasa seperti instal ulang laptop, ganti baterai, tambah RAM, dan sebagainya. Pastikan kamu selalu hati-hati, karena alih-alih cuan, malah nambah beban kalau sampai laptop pelangganmu rusak!

Berjualan Pakaian

Kebutuhan fashion adalah sesuatu yang tidak lepas dari kehidupan mahasiswa. Tidak perlu bermodal besar, kamu bisa mulai dari berjualan berbagai jenis hijab atau atasan basic dengan warna-warna netral dan selalu populer. 

Jangan lupa untuk selalu mempromosikan daganganmu, karena tanpa promosi bisa-bisa kamu nggak balik modal!

Baca panduannya disini, yuk : Cara Bisnis Baju Serba 35 Ribu yang Mudah & Menguntungkan

Berjualan Merchandise K-Pop

K-Pop merupakan hobi populer yang banyak digandrungi anak muda, baik pelajar maupun mahasiswa. Kamu bisa memanfaatkan ini dengan berjualan printilan K-Pop mulai dari album, hingga berbagai kreasi merchandise seperti gantungan kunci, bag charm, dan sebagainya. 

Kalau kamu kebetulan adalah seorang fangirl yang aktif di media sosial, kesempatanmu untuk berpromosi akan semakin besar, lho!

Ojek Online

Siapa di sini yang difasilitasi sepeda motor oleh orang tua sebagai kendaraan untuk aktivitas kuliah? Kamu juga bisa memanfaatkannya untuk mendapat tambahan dengan bergabung sebagai ojek online, lho! 

Pastikan kamu benar-benar profesional karena pekerjaan ini sangat mengutamakan pelayanan yang baik, ya!

Kembangkan Potensimu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Berjualan Snack dan Dessert

Berjualan dessert seperti puding dan aneka dessert box atau camilan seperti risoles dan pastel juga bisa jadi peluang usaha yang menguntungkan. Kamu juga bisa bekerja sama atau menitipkan daganganmu kepada pedagang di kantin kampus. 

Ide ini cocok untuk kamu yang tinggal kos dengan fasilitas dapur terbatas tetapi tersedia kulkas dan juga alat masak. 

Membuka Thrift Shop

Bukan rahasia lagi kalau pakaian bekas atau thrift adalah salah satu alternatif fashion yang murah meriah bagi mahasiswa. 

Kamu bisa bekerja sama dengan toko thrift di pasar untuk mendapatkan pakaian yang sekiranya disukai anak-anak seusiamu. Jika kamu punya modal lebih, kamu juga bisa membeli satu bal utuh dan memilih sendiri pakaian yang menurutmu layak dijual. 

Gabung jadi Duta Cakap

Suka jualan tapi belum percaya diri untuk punya bisnis atau terkendala modal? Sobat Cakap bisa gabung jadi Duta Cakap, lho! Kamu bisa menjadi affiliate marketing untuk merchant bisnis makanan ringan tahan lama seperti basreng atau makaroni yang banyak penggemarnya. 

Nggak cuma dapat penghasilan tambahan, kamu juga akan dapat pelatihan, sertifikat, dan bahkan koneksi di dunia profesional, lho! Yuk, gabung Duta Cakap sekarang! 

Nah, itu lah 20+ ide usaha untuk Sobat Cakap anak kosan yang ingin menghasilkan uang tambahan. Kamu bisa mencoba beberapa yang sekiranya cocok dan bisa kamu lakukan tanpa mengorbankan kewajibanmu sebagai mahasiswa. Selamat mencoba! 

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.