Apa Itu Fangirl? Ini Bedanya dengan Fangirling & Istilah Wajibnya

fangirl-adalah

Derasnya arus Korean wave di Indonesia membuat banyak orang berbondong-bondong untuk lebih mengenal istilah-istilah dalam dunia per-Kpopan. Bagi beberapa orang khususnya penggemar budaya pop Korea pasti sudah sangat mengenal istilah fangirl. Bisa jadi, kamu dan beberapa teman-temanmu juga termasuk para fangirl. Hem, tapi sebenarnya apa sih fangirl itu? Fangirl adalah salah satu istilah penting dan populer yang ada kaitannya dengan K-Pop. Selengkapnya tentang fangirl dan istilah-istilah menarik di dalamnya bisa kamu temukan di sini!

Table of Contents

Apa Itu Fangirl

Fangirl adalah sebuah julukan terkhusus yang diberikan kepada sejumlah atau sekumpulan para gadis yang memiliki loyalitas tinggi pada idolanya dan selalu mendukung mereka apa pun yang terjadi. Di suatu titik tertentu, para fangirl bahkan bisa terobsesi pada idolanya. Idola yang dimaksud di sini bisa berupa tokoh nyata maupun tokoh fiksi dari sebuah novel atau wattpad.

Fangirl biasanya banyak ditemukan pada penggemar boyband-boyband asal Korea Selatan yang memang dikenal sangat digandrungi banyak orang.

Kalau kalian, termasuk dalam fangirl boyband mana nih Sobat Cakap? Meskipun kamu seorang fangirl yang sangat berdedikasi dan mencintai idol-mu, jangan sampai menjadi sasaeng ya, alias penggemar K-Pop yang terlalu terobsesi bahkan cenderung berperilaku aneh dan ekstrem yang dapat mengganggu privasi para idol-nya.

Perbedaan Fangirl dan Fangirling

Sebenarnya fangirling adalah istilah yang masih berhubungan dengan fangirl.

Fangirling sendiri menjadi sebuah julukan bagi para fangirl yang sedang melakukan tugas dan aktivitas yang menyangkut tentang idolanya. Pada intinya, jika fangirl adalah seorang penggemar, maka fangirling adalah wujud atau bentuk dari mengidolakan seseorang itu sendiri.

Misalnya, di malam hari seusai melakukan aktivitas sehari-hari, kamu ingin menghibur diri dengan menonton penampilan grup boyband favoritmu, maka itu berarti kamu sedang melakukan kegiatan fangirling.

Para fangirl selalu menjadi garda terdepan dalam menunjukkan bentuk kesetiaan kepada penggemar sekaligus menjadi tameng yang selalu siap sedia membela jika ada yang menghina idol-nya.

Sebagai Seorang Fangirl, Kamu Harus Tahu Istilah Ini!

Jangan ngaku fangirl sejati kalau belum tahu beberapa istilah ini! Apa saja ya kira-kira? Check this out!

(1) Bias & Ultimate Bias

Siapa nih personil boyband yang menjadi bias kamu? Eits, tapi tunggu dulu, bias itu apa sih? Biasa adalah istilah yang digunakan ketika kamu mengagumi salah satu personil dari boyband. Misalnya nih, kamu suka sama boyband BTS, dari salah satu personil BTS, kamu paling suka sama personil yang namanya V, maka V BTS adalah bias kamu.

Nah, kalau kamu sudah sampai pada tahap ultimate bias, berarti kamu teramat sangat menyukai sosok personil di grup boyband itu.

(2) Anti-Fan

Dari namanya, istilah ini cukup mudah ditebak artinya, bukan? Yap, anti-fan berarti seseorang yang tidak menyukai suatu grup, penyanyi, atau selebriti tertentu. 

Para anti-fan biasanya berbondong-bondong untuk memberikan hate komen bagi para selebriti yang tidak mereka sukai. Hem, jangan ditiru ya Sobat Cakap, tetap sebarkan cinta dan kedamaian di bumi. 

(3) Fanwar

Nah, kalau istilah yang satu ini termasuk salah satu yang paling sering ditemukan. Fanwar sendiri adalah momen di mana dua penggemar boyband/idol tertentu yang terlibat adu mulut atau “perang”. Biasanya sih para penggemar selalu ingin memberikan pembuktian bahwa idolnyalah yang terbaik.

(4) All Kill

All kill adalah istilah yang merujuk pada momen ketika lagu atau album dari para Idol berhasil menembus jajaran peringkat satu dalam berbagai chart musik. Biasanya kalau lagu atau album idol favoritnya bisa masuk peringkat satu, para fangirl auto senang dan makin bangga sama idolanya.

(5) Fandom

Fandom adalah sebutan untuk grup band atau boyband yang kamu sukai dan kamu ikuti aktivitasnya. Ibaratnya nih, fandom adalah tempat kalian melabuhkan hati pada suatu grup boyband.

Biasanya, setiap fandom dari boyband K-Pop memiliki nama yang berbeda. Contohnya, Army adalah sebutan untuk para penggemar BTS dan ELF adalah sebutan dari para penggemar Super Junior.

So, sejauh ini kamu jadi fangirl-nya Idol K-Pop yang mana nih, Sobat Cakap? Biar mimpimu untuk bertemu dan berkomunikasi dengan para Idol K-Pop favoritmu, yuk perdalam dan tingkatkan kemampuan bahasa Koreamu! Di Cakap ada kelas kursus bahasa Korea online yang bisa kamu coba. Yuk, cek kelasnya karena Cakap menawarkan pengalaman belajar yang fleksibel dan menyenangkan!

Referensi:
-cosmopolitan.co.id
-parapuan.co.id

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.