5 Nama Lain BTS dalam Bahasa Korea, Inggris, dan Jepang

bangtan sonyeondan
Tulisan Korea Bangtan Sonyeondan Gimana Sih?

Boyband asal Korea Selatan, BTS, adalah musisi yang dikenal hampir semua orang, baik di kalangan penikmat K-Pop maupun tidak. Sejak debut pada tahun 2013, popularitas BTS terus menanjak hingga ke kancah musik internasional. Namun pernah nggak sih kamu bertanya-tanya BTS itu singkatan dari apa? 

Selain itu, grup yang beranggotakan RM, Jin, SUGA, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook ini memiliki beberapa nama lain, lho. Nah, kali ini Cakap akan mengajak kamu untuk berkenalan dengan nama-nama BTS dalam bahasa Korea, Inggris, dan Jepang. Check it out!

Bangtan Sonyeondan

bangtan seonyeondan
Sumber: instagram.com/bts.bighitofficial

Nama BTS adalah singkatan dari bahasa Korea yaitu bangtan sonyeondan yang ditulis  방탄소년단 (hangul) atau 防彈|少年|團 (hanja). Bangtan sendiri berarti “anti peluru” dan sonyeondan artinya “sekelompok anak laki-laki”.

Nama ini mengandung keinginan BTS untuk menghalangi setiap stereotip, kritik, dan harapan yang muncul layaknya peluru untuk para remaja. Filosofis banget ya!

Bangtan Boys

Sumber: instagram.com/bts.bighitofficial

Nama bangtan sonyeondan mungkin tidak gampang diucapkan dan terlalu panjang, tapi tidak dengan Bangtan Boys. Nama ini juga sangat banyak digunakan di kalangan penggemar internasional. 

Bangtan Boys biasanya tidak ditulis dengan tulisan Korea seperti bangtan sonyeondan, melainkan dengan huruf latin. 

Bulletproof Boys Scouts

bulletproof boy scouts
Sumber: instagram.com/bts.bighitofficial

Kamu mungkin tidak terlalu familiar dengan nama lain BTS yang satu ini, bukan? Kamu tidak sendiri, karena nama dalam bahasa Inggris ini memang jarang digunakan, termasuk di kalangan penggemar internasional. 

Bulletproof Boy Scouts adalah terjemahan literal dari bangtan sonyeondan dalam bahasa Inggris yang cukup panjang ketika disebutkan. 

Beyond the Scene

beyond the scene
Sumber: instagram.com/bts.bighitofficial

Pada tahun 2017, BTS menambahkan nama baru sebagai identitas mereka yaitu Beyond the Scene. Jadi BTS tidak lagi hanya singkatan dari bangtan sonyeondan, melainkan juga Beyond the Scene. 

Nama ini juga filosofis, lho! Dengan nama Beyond the Scene, BTS ingin menunjukkan pertumbuhan grup tersebut yang melewati realitas untuk terus maju. 

Boudan Shounendan

boudan shounendan
Sumber: instagram.com/bts.bighitofficial

Ada yang bisa menebak nama ini dalam bahasa apa? Betul, boudan shounendan adalah versi bahasa Jepang untuk bangtan sonyeondan yang keduanya mempunyai arti sama secara harfiah. 

Jika bangtan sonyeondan ditulis dengan hangul, maka boudan shounendan biasanya ditulis dengan menggunakan kanji yaitu 防弾少年団. 

source: giphy.com

Ternyata nama BTS punya kepanjangan dan arti yang keren, ya! Mana nih nama lain BTS yang menurutmu paling enak digunakan? Oh ya, masyarakat dunia maya khususnya warganet Indonesia tidak jarang menyebut BTS dengan “Bangtan” saja, lho. 

Sebagai grup yang sudah go international, member BTS pun menguasai beberapa bahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Jepang, dan bahasa Mandarin. Nah, kamu bisa banget lho mengikuti jejak mereka dengan mengambil kursus bahasa asing di Cakap. Yakin, puas dengan cuma bisa nulis nama BTS pakai hangul atau kanji? #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.