Apa Rencana Setelah Lulus SMA? Cek Cara Menentukannya Dulu, Yuk!

rencana setelah lulus SMA
Image by jcomp on Freepik

Bagi kamu yang saat ini duduk di bangku kelas XII, kamu pasti sudah mulai memikirkan rencana setelah lulus SMA, bukan? Baik bekerja, maupun kuliah, kedua pilihan tersebut sama baiknya jika kamu sudah merencanakannya dengan matang. 

Nah, kali ini kita akan membahas hal-hal yang bisa kamu persiapkan untuk bisa berhasil dalam mewujudkan harapan setelah lulus SMA. Pastikan rencana masa depanmu lebih tertata dan bisa membawamu pada kesuksesan, yuk! Baca selengkapnya, ya!

Table of Contents

Melanjutkan Pendidikan (Kuliah)

Rencana setelah lulus SMA yang paling umum adalah melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi atau kuliah. Dengan lanjut kuliah, kamu akan berkesempatan untuk memperdalam ilmu dan keterampilan serta membangun jaringan sosial yang lebih luas. 

Ijazah perguruan tinggi nantinya juga akan mengantarkanmu pada kesempatan kerja yang lebih baik di masa depan. Lalu apa saja yang perlu kamu lakukan jika ingin melanjutkan pendidikan? Simak tips berikut ini, yuk!

1. Dalam Negeri atau Luar Negeri

Hal pertama yang harus kamu pertimbankan adalah apakah kamu memilih kuliah di dalam negeri atau melanjutkan pendidikan ke luar negeri. 

Selanjutnya, kamu bisa menentukan daerah atau negara yang hendak menjadi tujuan studimu selanjutnya. 

Tahap ini sangat penting karena akan mempengaruhi tahap persiapan dan juga syarat masuk kuliah lainnya yang perlu dipersiapkan dari jauh-jauh hari. 

2. Menentukan Jurusan

Hal pertama yang wajib kamu lakukan jika ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi adalah menentukan jurusan apa yang ingin kamu pelajari. 

Kamu bisa memilih jurusan sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Serta pertimbangkan juga prospek karier dan peluang kerja dari jurusan tersebut.

Masih belum tahu minat dan bakat untuk potensi karier masa depan? Kamu bisa mencoba tes minat dan bakat dari Cakap, lho! 

Kembangkan Potensimu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

3. Memilih Perguruan Tinggi yang Akan Dituju

Ada beberapa hal yang dapat kamu pertimbangkan ketika memilih perguruan tinggi, mulai dari reputasi, biaya kuliah, hingga fasilitas yang disediakan. 

Tidak hanya universitas, kamu juga bisa memilih berbagai institut, sekolah tinggi, politeknik, atau akademi, baik yang negeri maupun swasta. 

Carilah informasi sebanyak mungkin tentang perguruan tinggi tersebut sebelum menentukan pilihan agar kamu dapat melanjutkan pendidikan dengan sebaik mungkin di sana. 

4. Cari Informasi Beasiswa

Kuliah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, beasiswa dapat menjadi solusi untuk meringankan biaya kuliah dan juga mendapatkan tambahan uang saku. 

Saat ini ada banyak jenis beasiswa untuk lulusan SMA yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, misalnya adalah beasiswa LPDP

Jangan malas untuk mencari informasi, mempersiapkan berkas-berkas, dan mendaftar berbagai program beasiswa yang tersedia.

5. Mengikuti Seleksi Masuk Perguruan Tinggi

Ada tiga jenis seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang dapat diikuti oleh siswa SMA, yaitu; SNBP, SNBT dan seleksi mandiri. 

Sementara itu, jika kamu berencana untuk mendaftar di perguruan tinggi swasta, kamu bisa mencari informasi pendaftaran melalui situs resminya.  

Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri, kamu bisa menyesuaikan tahap seleksi sesuai dengan masing-masing negara dan universitasnya.

harapan setelah lulus SMA
Image by Freepik

Memulai Karier/Bisnis

Sebagian siswa  ada yang memilih untuk langsung bekerja sebagai planning setelah lulus SMA. Pilihan ini mungkin muncul karena keadaan ekonomi yang kurang memungkinkan untuk melanjutkan kuliah atau adanya keinginan untuk segera mandiri secara ekonomi.

Tidak ada yang salah jika kamu memilih untuk langsung bekerja setelah lulus SMA. Sebab kunci kesuksesan akan selalu terbuka selama kamu masih mau belajar dan mengembangkan diri. Simak tips mewujudkan rencana karier setelah lulus SMA, yuk!

1. Mengikuti Program Magang

Sebagai lulusan SMA yang belum memiliki pengalaman kerja, program magang sangat bermanfaat untuk menambah pengalaman dan keterampilan yang kamu butuhkan.

Kamu dapat mencari program magang di perusahaan maupun organisasi yang sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki.

Tidak hanya magang di dalam negeri, kamu juga bisa magang ke luar negeri, lho! Misalnya dengan mengikuti program magang ke Jepang yang sudah terdaftar resmi. 

Makin Kompetitif di Dunia Kerja dan Bisnis dengan Belajar Skill Baru di Cakap

2. Mengikuti Kursus atau Pelatihan

Saat ini ada banyak kursus atau pelatihan yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja. 

Dengan keterampilan tersebut, kamu akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi sebagai lulusan SMA dan akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan.

Berbagai kursus dan pelatihan ini bisa kamu ikuti secara online dan offline, misalnya seperti yang tersedia di Cakap Upskill

3. Membuka Usaha Sendiri

Selain bekerja untuk orang lain, kamu juga bisa membuka usaha sendiri dari nol dengan modal yang minim. 

Mulailah dengan membuka usaha sederhana misalnya usaha jualan online seperti menjadi reseller atau dropshiper yang tidak membutuhkan modal besar.

Jika kamu punya cukup modal, kamu bisa mencari tahu ide bisnis anak muda yang sekiranya cocok dan layak untuk kamu coba. 

planning setelah lulus sma
Image by jcomp on Freepik

Mengambil Gap Year

Mengambil gap year bukanlah pilihan utama dalam rencana setelah lulus dari SMA, bahkan istilah ini kurang populer di kalangan siswa SMA di Indonesia. Meskipun demikian, pilihan ini layak untuk kamu pertimbangkan jika masih belum memutuskan rencana selanjutnya. 

Dalam konteks setelah lulus SMA, istilah gap year digunakan untuk menyebut penundaan waktu kuliah setidaknya selama setahun. Ada yang mengambil gap year karena tidak diterima masuk perguruan tinggi, tetapi ada juga orang yang merencanakannya dengan matang.

Mengambil gap year bukan berarti kamu tidak berkegiatan sama sekali, Sobat Cakap. Kamu bisa memanfaatkan periode tersebut untuk melakukan serangkaian kegiatan positif seperti menjadi sukarelawan, belajar skill baru, dan menyalurkan hobi. 

Dengan demikian, kamu bisa mengeksplorasi dirimu lebih jauh terkait dengan minat, bakat dan tujuan hidupmu kedepannya. Selanjutnya, kamu pun akan lebih bisa membuat keputusan apakah akan lanjut kuliah atau memulai karier maupun bisnis. 

Nah, itulah pembahasan mengenai rencana lulus setelah lulus SMA yang semoga bisa memberikanmu panduan dalam mengambil keputusan. Pastikan kamu terus mempersiapkan diri untuk segala kemungkinan dan tidak menyia-nyiakan kesempatan, ya! 

Bagi Sobat Cakap yang ingin bekerja atau ingin mengambil gap year, pastikan kamu belajar skill baru di Cakap Upskill. Kamu juga bisa mengikuti kursus bahasa asing dan kelas persiapan tes di Cakap untuk kebutuhan pendidikan dan beasiswa. 

Selain itu, kamu yang ingin kuliah ke luar negeri, kamu bisa mempercayakan rangkaian persiapannya dengan Cakap Study Abroad, lho. Apapun kebutuhan pengembangan dirimu, Cakap siap sedia untuk melangkah maju bersama! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.