Peluang, Syarat & Cara Kerja di Luar Negeri bagi Lulusan SMA

kerja luar negeri lulusan SMA
Image by pressfoto on Freepik

Siapa di sini yang masih berpikir kalau kamu harus memiliki ijazah minimal S1 untuk bisa bekerja di luar negeri? Faktanya, kamu bisa bekerja ke luar negeri meskipun hanya berbekal ijazah SMA, lho! 

Kali ini kita akan membahas tentang kesempatan kerja, syarat, serta cara bekerja di luar negeri untuk lulusan SMA. Sobat Cakap yang tertarik untuk berkarier di luar negeri simak artikel ini sampai habis, ya!

Table of Contents

Pekerjaan di Luar Negeri untuk Lulusan SMA

Ada banyak jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh lulusan SMA di luar negeri tergantung keterampilan yang kamu miliki. Berikut adalah beberapa contoh pekerjaan di luar negeri untuk lulusan SMA. 

1. Perawat Lansia

Pekerjaan sebagai perawat lansia sangat dibutuhkan oleh negara-negara tertentu seperti Jepang yang populasinya kini didominasi oleh penduduk lansia. 

Untuk mendapatkan pekerjaan ini kamu harus mengikuti pelatihan terlebih dahulu selama beberapa bulan. Setelah lulus barulah kamu bisa mendapatkan pekerjaan sebagai perawat lansia di luar negeri. 

2. Anak Buah Kapal (ABK)

Pekerjaan di luar negeri untuk lulusan SMA berikutnya cocok untuk kamu yang suka jalan-jalan, yaitu menjadi Anak Buah Kapan (ABK). 

Pekerjaan ini terbilang cukup menantang secara fisik sehingga didominasi oleh laki-laki. Sebagai ABK kamu nantinya akan bertugas mengoperasikan hingga memelihara kapal dan muatannya. 

3. Pekerja Pabrik

Salah satu pekerjaan yang banyak diisi oleh lulusan SMA di luar negeri adalah menjadi pekerja pabrik manufaktur. 

Lowongan ini terbuka lebar, terutama di negara-negara industri besar yang membutuhkan banyak tenaga kerja agar proses produksi di negaranya terus berjalan. Meskipun pekerjaannya berat, tetapi gaji yang ditawarkan cukup besar. 

4. Pekerja Rumah Tangga (PRT)

Masyarakat Indonesia yang bekerja sebagai pekerja rumah tangga (PRT) di luar negeri umumnya diisi oleh perempuan. 

Sama halnya seperti pekerja pabrik, pekerja rumah tangga juga merupakan salah satu pekerjaan di luar negeri yang paling banyak diisi oleh para lulusan SMA. Banyak negara membuka kesempatan bekerja sebagai pekerja rumah tangga. 

5. Pekerja Perkebunan

Bekerja di perkebunan luar negeri juga bisa dijadikan sebagai pilihan pekerjaan selanjutnya untuk para lulusan SMA. 

Pekerjaan ini juga terbuka lebar untuk berbagai macam posisi dan menawarkan gaji yang cukup besar. Adapun jenis pekerjaan yang akan dilakukan mulai dari menanam, merawat, hingga memanen tanaman. 

Cara Kerja di Luar Negeri Lulusan SMA

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu coba untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri sebagai lulusan SMA. 

1. Agensi/Lembaga Tenaga Kerja

Saat ini ada banyak agensi penyalur tenaga kerja yang dapat membantumu untuk bekerja di luar negeri dengan ijazah SMA. Meski demikian, kamu harus berhati-hati agar terhindar dari penipuan maupun pekerjaan ilegal. 

Ketika kamu memilih mencari kesempatan melalui agensi, pastikan agensi tersebut memiliki perizinan untuk menyalurkan tenaga kerja ke luar negeri. Selain itu, pastikan juga pemberi kerja yang menawarkan lowongan adalah perusahaan atau lembaga resmi. 

2. Job Portal

Saat ini sudah ada banyak perusahaan yang memanfaatkan job portal internasional dalam mencari tenaga kerja dari seluruh dunia. Nah, kamu juga bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan pekerjaan impian di luar negeri. 

Kamu bisa mulai mencari pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasimu sebagai lulusan SMA di berbagai job portal tersebut. Pastikan kamu memiliki resume atau CV bahasa Inggris agar kamu bisa segera melamar pekerjaan yang tersedia. 

3. Working Holiday Visa

Working Holiday Visa (WHV) juga salah satu opsi yang layak dicoba untuk lulusan SMA yang ingin mencoba bekerja di luar negeri. Dengan masa berlakunya hingga dua tahun—tergantung negara tujuan—kamu akan bisa merasakan bekerja sambil liburan di negara lain.

Jenis pekerjaan yang tersedia biasanya adalah berbagai pekerjaan paruh waktu seperti kasir, pelayan, hingga memetik buah-buahan. Salah satu negara yang menyediakan Working Holiday Visa adalah Australia. 

Kembangkan Potensimu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

4. Program Relawan

Ada banyak sekali program relawan di luar negeri yang dibuka oleh berbagai lembaga internasional. Program ini cocok sekali untuk lulusan SMA yang ingin merasakan suasana bekerja di luar negeri dan menambah pengalaman. 

Meskipun tidak banyak, kamu nantinya juga akan mendapatkan sejumlah gaji dan berbagai benefit lainnya. Pengalaman sebagai relawan ini tentunya juga dapat menjadi nilai tambah untuk kariermu ke depannya. 

5. Program Magang

Mengikuti program magang bisa jadi cara alternatif untuk bekerja di luar negeri bagi lulusan SMA. Jika berminat, kamu bisa mencari informasi mengenai program magang yang dibuka oleh sebuah perusahaan yang ada di luar negeri melalui situs resminya. 

Cara ini layak dicoba sebab kamu akan berpeluang menjadi karyawan tetap jika memiliki kinerja yang baik. Meskipun ada yang terbuka untuk lulusan SMA, biasanya ada kualifikasi lain yang harus kamu penuhi seperti kemampuan bahasa asing. 

6. Program G to G Pemerintah

Jika cara-cara di atas masih membuatmu ragu, kamu bisa mengikuti program kerja ke Jepang dan kerja ke Korea dari pemerintah melalui program G to G. Program ini diselenggarakan atas kerja sama pemerintah Indonesia dan pemerintah Jepang dan Korea secara resmi. 

Kesempatan kerja ini umumnya terbuka bagi lulusan SMA untuk berbagai bidang pekerjaan. Mulai dari di sektor manufaktur, perikanan, pertanian, hingga pemberi layanan kesejahteraan atau caregiver untuk lansia. 

Syarat Kerja di Luar Negeri untuk Lulusan SMA

Berdasarkan Peraturan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia Nomor 7 Tahun 2022, setiap calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang akan bekerja ke luar negeri wajib memenuhi persyaratan berikut:

  1. Berusia minimal 18 tahun
  2. Memiliki kompetensi
  3. Sehat jasmani dan rohani
  4. Terdaftar dan memiliki nomor kepesertaan jaminan sosial
  5. Memiliki dokumen lengkap yang disyaratkan.
     

Adapun persyaratan dokumen yang harus disiapkan adalah sebagai berikut:

  • Kartu tanda penduduk (KTP)
  • Kartu keluarga (KK)
  • Pas foto terbaru
  • Surat keterangan status perkawinan, bagi yang telah menikah melampirkan fotokopi buku nikah 
  • Surat izin (suami atau istri/orang tua/wali) yang diketahui oleh kepala desa atau lurah. 
  • Sertifikat kompetensi kerja, bisa juga diganti dengan ijazah atau sertifikat keterampilan lainnya
  • Surat keterangan sehat 
  • Kartu kepesertaan jaminan kesehatan nasional 
  • Dokumen lain yang dipersyaratkan sesuai dengan permintaan negara tujuan penempatan.

Perlu diingat, persyaratan di atas hanya persyaratan umum yang bersifat general. Setiap program biasanya memiliki syarat-syarat khusus lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan pemberi kerja dan posisi yang ditawarkan. 

Pastikan kamu mencari tahu syarat-syarat khusus dari program kerja ke luar negeri yang akan kamu ikuti. Dengan demikian, kesempatanmu untuk diterima dalam program tersebut akan lebih besar. 

Selain itu, pastikan kamu juga sudah menguasai bahasa asing yang digunakan di negara tersebut. Nah, untuk melihat kesiapanmu, cari tahu level bahasa asingmu dengan Placement Test di Cakap dulu, yuk! Ada bahasa Inggris, Mandarin, Jepang dan Korea, lho! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.