Tokutei Ginou: Visa Kerja yang Wajib Kamu Miliki untuk Bekerja di Jepang

Tokutei-Ginou-Visa-Kerja-yang-Wajib-Kamu-Miliki-untuk-Bekerja-di-Jepang

Kamu yang ingin bekerja di luar negeri tentu harus menyiapkan berbagai dokumen perjalanan, termasuk visa. Setiap negara biasanya memberlakukan aturan visa untuk warga negara asing yang bekerja di negaranya. Salah satunya adalah visa kerja Jepang yang ditetapkan oleh pemerintah terhadap para pekerja asing di negaranya.

Visa kerja ini pun sangat beragam, namun yang berlaku untuk para pekerja dengan keterampilan spesifik disebut visa Tokutei Ginou. Jenis visa kerja ini harus kamu miliki apabila ingin bekerja di Jepang. Kamu belum tahu apa itu Tokutei Ginou dan cara mendapatkannya? Simak informasi selengkapnya dalam uraian di bawah ini!

Apa Itu Visa Tokutei Ginou?

Tokutei Ginou adalah jenis visa kerja yang berguna bagi para tenaga kerja asing untuk melakukan berbagai aktivitas pekerjaan dengan menggunakan keterampilan dan pengetahuan spesifik (PBS).

Ternyata, ada beberapa hal yang melatarbelakangi pemerintah Jepang dalam membuat keputusan mengenai penggunaan visa Tokutei Ginou untuk para pekerja asing yang bekerja di perusahaan Jepang. 

Faktor pertama adalah berkurangnya usia produktif warga lokal Jepang, sehingga terjadi ketidakseimbangan antara jumlah pekerja dengan usia produktif dan permintaan tenaga kerja yang semakin meningkat. Faktor selanjutnya, yaitu banyaknya peluang kerja paruh waktu dan kerja magang di perusahaan Jepang. 

Warga negara asing yang sedang kuliah di Jepang bisa bekerja selama 28 jam dalam seminggu atau disebut shikakugai katsudou. Jumlah pemilik shikakugai katsudou ini terus bertambah sehingga pemerintah Jepang memberlakukan status izin tinggal yang terbaru.

Alasan inilah akhirnya pihak pemerintah Jepang membuat ketentuan pengurusan visa kerja Jepang yang terbaru untuk mencukupi kebutuhan tenaga kerja di Jepang. Selain itu, hal ini juga memberikan peluang besar untuk warga negara asing agar bisa bekerja di perusahaan Jepang sesuai dengan keahliannya.

Lalu, apa saja sektor kerja yang diisi dengan Tokutei Ginou? Setidaknya terdapat 14 bidang industri atau sektor kerja yang belum tercukupi kebutuhan tenaga kerjanya. Sektor kerja inilah yang akan diisi dengan Tokutei Ginou di masa yang akan datang, yaitu:

  1. Industri pengolahan makanan dan minuman.
  2. Jasa makanan.
  3. Industri informasi, listrik, dan elektronik.
  4. Manufaktur mesin industri.
  5. Bidang konstruksi.
  6. Industri pembuatan kapal.
  7. Bisnis akomodasi.
  8. Perawatan mobil.
  9. Material casting.
  10. Industri pertanian.
  11. Industri perikanan.
  12. Bisnis aviasi.
  13. Jasa pembersihan gedung.
  14. Keperawatan.

Jenis-Jenis Tokutei Ginou

Tokutei Ginou terbagi menjadi dua jenis, berikut penjelasan lengkapnya:

1. Tokutei Ginou 1

Keterampilan yang dibutuhkan untuk mendapatkan visa jenis ini adalah lulus ujian skill dan bahasa level menengah. Masa izin tinggal di Jepang hanya berlaku sampai 5 tahun. Selain itu, pekerja dengan visa ini tidak boleh membawa keluarga untuk ikut tinggal di Jepang. Pekerja dapat pindah tempat kerja di perusahaan lain di Jepang.

2. Tokutei Ginou 2

Keterampilan yang dibutuhkan untuk jenis visa Tokutei Ginou yang kedua adalah lulus ujian kompetensi tingkat ahli dari jenjang designated skill 1. Masa izin tinggal di Jepang dapat kamu perpanjang selama masih bekerja. Selain itu, kamu juga boleh membawa keluarga inti dan dapat berpindah tempat kerja di perusahaan Jepang.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Perbedaan Visa Biasa, Magang, dan Tokutei Ginou

Berdasarkan definisi dan tujuan penggunaannya, ada perbedaan antara visa biasa, magang, dan Tokutei Ginou. Visa biasa dapat kamu gunakan sebagai perizinan untuk mengunjungi suatu negara. Sedangkan magang merupakan kontrak kerja selama 1-3 tahun untuk transfer keterampilan dan pengetahuan dari Jepang ke negara asalnya.

Sementara Tokutei Ginou merupakan visa untuk kerja di Jepang dengan masa kontrak umumnya selama 5 tahun. Artinya, kamu yang mempunyai visa biasa hanya bisa tinggal di Jepang tetapi tidak bisa bekerja ataupun magang di perusahaan Jepang.

Upgrade Bahasa Jepangmu Bersama Cakap, Solusi Mudah dan Tepat untuk Kursus Bahasa Jepang

Syarat-Syarat Lengkap untuk Mendapatkan Visa Tokutei Ginou

Kamu perlu memenuhi semua persyaratan yang berlaku untuk pengurusan visa Tokutei Ginou termasuk syarat umum dan dokumen penting lainnya. Berikut ini rincian syarat yang harus kamu siapkan untuk mendapatkan visa kerja Jepang tersebut:

1. Syarat Umum Pembuatan Visa

Berikut adalah beberapa syarat umum pembuatan visa yang harus kamu penuhi: 

  1. Batas minimal usia 18 tahun.
  2. Tinggi badan karyawan pria minimal 160 cm dan wanita 150 cm.
  3. Berat badan karyawan proporsional.
  4. Telah lulus ujian keterampilan sesuai dengan profesi pekerjaan.
  5. Mengikuti tes kesehatan sesuai ketentuan.
  6. Telah lulus ujian bahasa Jepang (JLPT atau J-Test).
  7. Mempunyai sikap dan mental yang terpuji.
  8. Mendapatkan izin dari orang tua dan keluarga.
  9. Tidak ada ikatan kerja dengan perusahaan manapun.
  10. Belum pernah bekerja di luar negeri atau magang di Jepang.

2. Syarat Dokumen Penting Pembuatan Visa

Selanjutnya adalah beberapa syarat berupa dokumen penting pembuatan visa kerja Jepang yang harus kamu perhatikan:  

  1. Formulir permohonan visa yang sudah diisi melalui Adobe Acrobate Reader dan hasil print out dengan QR code.
  2. Paspor yang berlaku.
  3. Fotokopi kartu identitas yaitu KTP.
  4. Pasfoto terbaru berukuran 4,5 x 3,5 cm yang diambil enam bulan terakhir.
  5. Sudah mendaftarkan diri pada SISKOTKLN dari BNP2TKI.
  6. Certificate of Eligibility (COE) yang asli dan fotokopi.

Certificate of Eligibility merupakan dokumen yang diterbitkan oleh pihak otoritas imigrasi Jepang. Tujuannya sebagai bukti warga negara asing boleh memasuki Jepang sesuai dengan tujuan yang telah diajukan sebelumnya. Kamu bisa mengajukan Certificate of Eligibility ke kantor imigrasi Jepang dengan cara berikut ini:

  1. Siapkan dokumen lengkap sebagai persyaratan untuk mengajukan COE.
  2. Masukkan berkas tersebut ke dalam amplop yang telah terpasang perangko dan kirimkan melalui kantor pos ke alamat perusahaan tempat kamu akan bekerja.
  3. Tunggu pihak perusahaan melakukan pengecekan dan verifikasi berkas yang telah kamu kirimkan.
  4. Apabila berkas kamu telah sesuai dengan persyaratan, pihak perusahaan akan mengirimkan berkas kamu ke kantor imigrasi Jepang.
  5. Pihak kantor imigrasi Jepang kemudian akan menilai apakah Certificate of Eligibility kamu dapat diterbitkan atau belum.

Apa Saja Hal yang Harus Disiapkan Menghadapi Tes Proses Tokutei Ginou?

Salah satu hal penting yang perlu kamu persiapkan untuk menghadapi tes pengurusan visa kerja Jepang Tokutei Ginou antara lain kemampuan berbahasa asing, yaitu bahasa Jepang. 

Pasalnya, mayoritas sektor kerja mengharuskan para pekerja asing untuk memahami bahasa Jepang dengan baik yang dibuktikan dengan sertifikat N4 atau JFT Basic A2. Oleh sebab itu, kamu harus mempersiapkan semuanya bahkan sebelum bekerja di Jepang untuk mempermudah proses pengurusan Tokutei Ginou. 

Kamu tidak akan bisa mendapatkan visa kerja apabila tidak lulus tes bahasa. Selain itu, kamu juga harus mengikuti pelatihan bidang kerja dan skill test untuk mendapatkan sertifikat senmonkyu.

Improve Bahasa Jepangmu untuk Mendapatkan Tokutei Ginou!

Sekarang kamu sudah tahu pentingnya kemampuan bahasa Jepang untuk mendapatkan visa kerja Tokutei Ginou dan juga melancarkan jenjang karir di masa depan. Jika tertarik untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan Jepang, kamu bisa mulai untuk improve kemampuan bahasa dengan belajar online bersama CAKAP

Di CAKAP, kamu bisa belajar bahasa Jepang secara efektif hingga meraih level kecakapan N2. Para pengajar profesional sudah siap untuk membantu kamu meningkatkan kemampuan berbahasa semaksimal mungkin. Mari siapkan diri kamu dengan berlatih simulasi bersama CAKAP mulai dari sekarang!

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup