Cara Belajar Digital Marketing & Langkah Mudah untuk Pemula

belajar digital marketing
Image by Freepik

Sobat Cakap mungkin nggak asing lagi dengan “ramuan” ajaib bernama Digital Marketing, bukan? Dengan Digital Marketing, kamu bisa memasarkan bisnismu kepada calon pembeli tertarget dengan biaya yang jauh lebih murah daripada membuat iklan cetak. 

Meski demikian, ada hal-hal yang perlu kamu pelajari sebagai pemula biar pemasaran digital yang kamu lakukan dapat efektif dan efisien. Nah, kali ini kita akan membahas cara belajar Digital Marketing untuk kamu yang masih pemula. Baca artikelnya sampai habis, ya! 

Table of Contents

Pengertian Digital Marketing

Digital Marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang dilakukan dengan cara memanfaatkan media digital dan jaringan internet. Cara ini dapat menjangkau target market yang jauh lebih luas dibanding cara pemasaran dan media promosi konvensional. 

Kabar baiknya lagi, Digital Marketing bisa dilakukan oleh siapa saja, baik perusahaan, maupun individu dengan biaya yang relatif murah. Pada era digitalisasi ini, kamu yang punya bisnis atau usaha wajib banget untuk mulai belajar Digital Marketing. 

Alasan Belajar Digital Marketing

Selain untuk mengembangkan usaha dan menghemat biaya, ada banyak alasan lain kenapa kamu harus belajar Digital Marketing, di antaranya: 

  • Mampu membuat bisnis online sendiri
  • Menjalin kedekatan dengan konsumen
  • Dapat bertahan dan bersaing di tengah era digital saat ini
  • Menjangkau target pasar yang lebih spesifik
  • Membangun brand awareness dan product knowledge
  • Pengembangan karier, dll

Jenis dan Channel Digital Marketing

Siapa di sini yang masih berpikir bahwa Digital Marketing itu cuma mem-posting foto dan video ke media sosial? 

Faktanya, Digital Marketing jauh lebih luas daripada itu! Ada banyak jenis dan channel Digital Marketing yang bisa kamu manfaatkan untuk memaksimalkan pemasaran bisnismu. Check it out!

Tingkatkan Omset Penjualan dengan Digital Marketing! Ikuti Kursusnya di Cakap!

1. Website

Pada era digital ini, sebuah website dapat menjadi penanda profesionalitas sebuah bisnis atau brand. Ketika mendengar sebuah bisnis, umumnya orang akan membuka Google dan mencari website-nya untuk memastikan legit atau tidaknya bisnis tersebut. 

Nah, kamu dapat memasukkan informasi terkait dengan bisnismu seperti katalog produk, layanan yang ditawarkan, hingga promosi. 

2. Google My Business

Google My Business menyediakan layanan untuk mengelola informasi bisnis di halaman awal mesin pencarian Google. Kamu pasti familiar dengan tampilan di atas, kan?

Penggunaan Google My Business akan sangat membantu dalam meningkatkan visibilitas bisnis di mesin pencarian dan memudahkan pelanggan mencari bisnis milikmu. Di sini kamu juga bisa menampilkan review terbaik dari pelanggan sebagai sarana promosi.

3. Whatsapp for Business

Sudah bukan rahasia lagi bahwa WhatsApp adalah salah satu layanan pesan instan dengan basis pengguna terbesar di Indonesia. Nah, kamu juga bisa memanfaatkan WhatsApp for Business untuk mempromosikan produk dan layanan yang kamu miliki. 

WhatsApp for Business sendiri memiliki fitur-fitur yang efektif untuk pemasaran digital, mulai dari katalog produk, balas pesan otomatis, hingga broadcast promosi. 

jenis channel digital marketing
Image by Diggity Marketing from Pixabay

4. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) adalah strategi Digital Marketing yang memiliki hubungan erat dengan website dan blog. Ketika membuat sebuah konten berupa tulisan, kamu bisa memasukkan kata kunci tertentu yang banyak dicari. 

Tujuan dari strategi ini adalah untuk membuat website bisnis yang dimiliki muncul di halaman awal Google sehingga mendatangkan banyak traffic

5. Social Media Marketing

Social Media Marketing (SMM) merupakan strategi yang paling banyak digunakan oleh para pemilik usaha saat ini. 

Alasannya tentu saja karena hampir setiap orang saat ini menghabiskan sebagian waktunya berselancar di media sosial. Dengan membuat konten yang menarik dan relevan, pemilik usaha dapat menggaet konsumen secara efektif. 

6. Copywriting

Copywriting adalah teknik pembuatan tulisan secara persuasif untuk dapat memengaruhi pembaca untuk melakukan tindakan tertentu, misalnya membeli produk yang ditawarkan. 

Cara ini dapat diterapkan dalam berbagai media pemasaran, mulai dari caption media sosial, banner di aplikasi, hingga iklan di billboard. Teknik penulisan yang persuasif ini biasanya didukung dengan desain visual yang menarik agar lebih efektif. 

7. Email Marketing

Selain untuk menunjukkan profesionalisme, kamu dapat mengintegrasikan database pelanggan yang ada dalam website milikmu dengan email marketing

Dengan demikian, kamu juga bisa mengirimkan pesan promosi kepada para pelanggan yang sudah berlangganan konten di website tersebut. Pastikan kamu mengirimkan konten promosi yang menarik dan berkualitas agar pelanggan tidak berhenti berlangganan. 

Kuasai Dasar Digital Marketing untuk Bisnis Makin Berkembang! Belajar di Cakap Sekarang!

Cara Belajar Digital Marketing

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mempelajari ilmu Digital Marketing, berikut beberapa diantaranya:

1. Belajar Otodidak

Sebagai tahap awal, kamu bisa belajar otodidak dengan mengikuti channel Youtube ataupun Blog seputar dunia Digital Marketing. Cara ini sangat cocok untuk pemula karena baik YouTube maupun Blog adalah media yang bisa diakses secara gratis. 

Nah, blog Cakap sendiri banyak membahas materi tentang Digital Marketing yang bisa kamu baca dan pelajari secara gratis, lho!

2. Mengikuti Webinar Digital Marketing

Selanjutnya kamu dapat mengikuti webinar Digital Marketing yang diisi oleh para pakar yang ahli dalam bidangnya masing-masing. 

Webinar Digital Marketing ada yang diselenggarakan tiap dua minggu sekali, sebulan sekali atau bahkan setahun sekali tergantung penyelenggara. Pembahasan yang diberikan pun biasanya bervariasi dan dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu. 

3. Mengambil Kursus Digital Marketing

Jika ingin mempelajari Digital Marketing secara lebih mendalam, kamu juga bisa mengikuti berbagai kursus Digital Marketing, baik yang gratis, maupun berbayar. 

Dengan mengikuti kursus kamu biasanya kamu akan mendapatkan materi yang lebih terstruktur sehingga pembelajaranmu bisa lebih maksimal. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan sertifikat untuk penunjang lamaran kerja dan membangun personal branding

langkah langkah digital marketing untuk pemula
Image by DCStudio on Freepik

Langkah-Langkah Digital Marketing untuk Pemula

Setelah mempelajari ilmu Digital Marketing lewat cara-cara di atas, kamu dapat mulai mempraktikkannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut. 

1. Menentukan Target Pasar

Ini adalah langkah paling awal yang harus kamu lakukan sebelum memulai strategi Digital Marketing. Sebab dengan menentukan target pasar yang jelas, kamu akan lebih mudah menyusun strategi marketing yang akan dijalankan nantinya. 

Misalnya, bisnismu menjual pakaian kerja dengan konsep timeless dan chic untuk pria dan wanita. Dengan demikian, kamu dapat menentukan target pasarmu sebagai pria dan wanita pekerja dengan rentang usia 20–40 tahun. 

2. Menentukan Produk Unggulan

Dengan mengetahui target pasar, kamu kemudian dapat menentukan produk unggulan yang dapat menjawab permasalah mereka. Kamu akan memerlukan riset untuk dapat menentukan produk mana yang sekiranya akan diminati oleh calon pelanggan. 

Misalnya, dengan target market seperti di atas, kamu menemukan bahwa produk yang banyak dicari adalah kemeja dan blus. Dengan demikian, kamu bisa menjadikan kemeja dan blus sebagai produk andalanmu. 

Cari Kursus Digital Marketing Terbaik Sesuai Kebutuhan di Cakap Upskill

3. Manfaatkan Berbagai Media yang Ada

Manfaatkan semua media pemasaran yang ada untuk mempromosikan produkmu, mulai dari website, Whatsapp for Business, hingga media sosial. Gunakan juga semua strategi Digital Marketing yang telah kamu pelajari agar produk yang kamu tawarkan lebih dikenal masyarakat. 

Kamu juga bisa menggunakan cara berbayar seperti iklan media sosial, iklan Google Ads, dan sebagainya. Jangan lupa untuk memaksimalkan strategi Content Marketing agar semua postingan yang kamu buat benar-benar efektif untuk menarik pembeli. 

4. Lakukan Evaluasi Secara Berkala

Pantau terus performa dari setiap channel dan media yang kamu gunakan dengan memanfaatkan berbagai tools Digital Marketing. Buatlah analisa yang mendalam dari performa tersebut untuk menyesuaikan prioritas dan efektivitas. 

Terakhir, lakukan evaluasi secara berkala untuk melihat apakah promosi yang dilakukan sudah mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan. Ubah dan sesuaikan strategi yang kamu gunakan bila ternyata strategi sebelumnya terbukti kurang efektif. 

Nah, demikianlah cara belajar Digital Marketing untuk pemula dan langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk memulainya. Perlu dicatat bahwa ilmu Digital Marketing adalah sebuah ilmu yang terus mengalami perubahan seiring dengan berkembangnya dunia digital. 

Oleh karena itu, kamu harus selalu meng-upgrade pengetahuanmu seputar dunia Digital Marketing biar nggak ketinggalan update. Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengambil kursus-kursus Digital Marketing di Cakap Upskill. Yuk, cari kursus terbaru sesuai kebutuhanmu sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.