5 Cara Centang Hijau di WhatsApp untuk Bisnis Kamu

cara centang hijau whatsapp

WhatsApp kerap kali menjadi salah satu media komunikasi untuk melakukan pemesanan atau konsultasi pelanggan mengenai produk kepada penjualnya. Agar lebih profesional, para pemilik bisnis menggunakan WhatsApp bisnis yang dilengkapi berbagai fitur seperti katalog dan fitur lainnya. 

Meskipun begitu, ada sebuah fitur bernama verified badge atau lencana centang hijau yang bisa membuat calon pelanggan kamu yakin bahwa nomor WhatsApp tersebut resmi dari pemilik bisnis. Lalu, bagaimana cara centang hijau di WhatsApp? 

Jika kamu belum mengetahui cara dan penjelasan mengenai verified badge di WhatsApp, kamu perlu membaca artikel berikut hingga selesai, ya. Dan di akhir artikel ada tips untuk menjalan marketing melalui WhatsApp agar bisnis kamu semakin berkembang. Yuk, intip artikel berikut ini!

Table of Contents

Arti centang hijau di WhatsApp

Pengembang WhatsApp berusaha untuk meningkatkan performa bisnis dengan menyediakan berbagai fitur di WhatsApp bisnis, salah satunya adalah lencana hijau atau centang hijau yang ada di sebelah nama pemilik kontak. 

Arti centang hijau di WhatsApp adalah akun tersebut sudah terverifikasi dan terbukti otentik oleh Whatsapp. Tanda ini bisa muncul untuk segala jenis perangkat seperti di Android, iPhone, maupun WhatsApp yang diakses melalui komputer atau desktop. 

Untuk mendapatkan centang hijau, kamu perlu menjalani serangkaian proses dan menunggu verifikasi dari WhatsApp karena hanya WhatsApp yang bisa memberikan lencana tersebut atas persetujuan mereka. Selain itu, syarat utama agar mendapatkan centang hijau di WhatsApp adalah penggunanya harus menggunakan akun WhatsApp bisnis terlebih dahulu. 

Apakah WhatsApp biasa bisa centang hijau?

Pada laman resminya, pengembang WhatsApp menjelaskan bahwa centang hijau hanya bisa didapatkan pada WhatsApp bisnis saja. Jika ada permintaan verifikasi untuk WhatsApp personal atau pengguna yang bersifat kebutuhan pribadi, maka permintaan tersebut akan ditolak. Sehingga untuk sekarang WhatsApp biasa atau pribadi masih belum bisa mendapatkan centang hijau, ya. 

Mengapa bisnis perlu centang hijau di WhatsApp? 

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan pemilik bisnis jika akun WhatsApp yang mereka miliki mendapatkan centang hijau. Berikut ini beberapa keuntungan dari centang hijau di WhatsApp bisnis. 

1. Meningkatkan kepercayaan calon konsumen

Berdasarkan beberapa riset, pengguna yang mendapatkan WhatsApp dari akun bertanda centang hijau akan lebih percaya dan mau membuka pesan dibandingkan dengan nomor biasa dan tidak terdaftar sebagai akun bisnis. Dengan begitu, bisa dipahami bahwa pengguna lebih percaya akan akun yang telah terverifikasi dan membuat calon konsumen lebih yakin untuk melakukan transaksi.

2. Reputasi yang baik 

Untuk mendapatkan centang hijau di WhatsApp perlu melalui serangkaian proses yang bisa dikatakan cukup ketat. Kamu perlu melampirkan berbagai kebutuhan dokumen dan lampiran terkait bisnis kamu. Dengan adanya centang hijau, kamu bisa menaikkan reputasi bisnis karena terbukti otentik dari WhatsApp dan pengguna juga lebih percaya dengan akun kamu. 

3. Terintegrasi dengan CRM

Akun bisnis di WhatsApp tidak hanya bisa dijadikan media komunikasi saja. Kamu juga bisa menautkan akun WhatsApp kamu ke tools CRM yang kamu gunakan agar strategi marketing dan bisnis kamu bisa bekerja lebih optimal. Kamu bisa menganalisis kebutuhan dan market customer yang menghubungimu melalui WhatsApp. 

4. Meningkatkan leads

Dengan kepercayaan pelanggan terhadap akun resmi kamu, ketika kamu mengirimkan pesan, maka akan besar kemungkinan pengguna yang akan membuka pesan tersebut karena informasi pengirim yang lebih jelas. 

Dengan begitu pesan marketing yang ingin kamu sampaikan bisa diterima dengan baik. Dan jika ada pelanggan yang merasa kebutuhan mereka terjawab dan produk kamu menjadi solusi yang baik bagi mereka, maka secara tidak langsung WhatsApp kamu bisa menghadirkan leads tambahan yang bagus bagi bisnis.

 

Pexels

Cara centang hijau di Whatsapp

Agar bisa mendapatkan centang hijau di WhatsApp, beberapa langkah berikut harus kamu lakukan. 

Gunakan akun WhatsApp Business

Seperti yang dijelaskan di awal, bahwa syarat utama agar kamu bisa mendapatkan centang hijau di WhatsApp adalah menggunakan akun WhatsApp bisnis. Jadi, kalau kamu belum memiliki akun bisnis, segera ubah akun pribadi kamu ke akun bisnis, ya. Perlu diingat bahwa nomor yang telah kamu gunakan untuk mendaftar akun bisnis dan diajukan untuk mendapatkan centang hijau ini tidak bisa diubah, ya. Sehingga, pastikan nomor tersebut masih aktif dan kamu jaga agar bisa digunakan untuk jangka panjang. 

Verifikasi Akun bisnis kamu

Setelah memiliki akun bisnis, kamu juga perlu menyiapkan akun Facebook Business Manager sebagai salah satu persyaratan untuk mendaftarkan nomor. Selain itu, siapkan juga administrasi perusahaan seperti NPWP, legalitas perusahaan SIUP, TDP, dan NIB. Legalitas ini sebagai bukti bahwa perusahaan kamu sudah tercatat secara legal dan menjual barang yang diizinkan atau tidak melanggar. 

Bergabung dengan Business Partner Resmi dari WhatsApp

Pihak WhatsApp sementara waktu belum menyediakan permintaan yang bersifat individu. Sehingga, kamu perlu bergabung dengan Official Business Partner atau disingkat BSP yang bekerja sama secara resmi dengan WhatsApp. 

Di Indonesia sendiri sudah banyak penyedia jasa yang resmi sehingga bisa membantu kamu dalam mengirimkan pengajuan untuk centang hijau di WhatsApp. Selain itu, umumnya penyedia jasa tersebut juga akan menghubungkan akun WhatsApp bisnis kamu ke akun CRM sehingga proses marketing dan kegiatan bisnis bisa dijalankan sesuai target serta lebih optimal.  

Seperti Mekari Qontak yang telah bekerja sama secara resmi dengan WhatsApp dan terintegrasi dengan sistem CRM serta Omnichannel berbasis cloud untuk memudahkan bisnis dalam menjangkau pelanggan.

Daftarkan nomor kamu agar menjadi Official WhatsApp Business

Pihak penyedia jasa akan mendaftarkan akun kamu agar mendapatkan centang hijau di WhatsApp. Setelah menyerahkan dokumen dan akun yang dibutuhkan ke penyedia jasa, maka BSP akan mengajukan permintaan lencana hijau ke pihak WhatsApp beserta nomor akun kamu. Pada proses ini, hanya BSP lah yang bisa mengirimkan permintaan. 

Menunggu proses verifikasi dan mendapatkan lencana

WhatsApp membutuhkan waktu untuk memverifikasi perusahaan atau bisnis kamu. Mereka akan memindai dokumen yang dilampirkan, produk yang kamu jual serta status akun bisnis kamu. 

Setelah menunggu proses beberapa waktu, jika di akun kamu sudah berhasil tampil lencana hijau, artinya pengajuan kamu telah diterima. Jika tidak, maka terjadi penolakan dari WhatsApp dan kamu perlu meninjau ulang berkas atau hal-hal yang kamu kirimkan sebagai pengajuan. 

Permintaan Centang Hijau di WhatsApp Ditolak

WhatsApp menyebutkan bahwa pemberian lencana centang hijau di WhatsApp ini diberikan terbatas hanya kepada perusahaan yang terbukti resmi dan berhasil melalui proses verifikasi dengan baik. Terkadang pada beberapa kasus terjadi penolakan dari WhatsApp sehingga kamu belum berhasil mendapat centang hijau. Yuk kenali beberapa kemungkinan penolakan centang hijau di WhatsApp ditolak berikut ini. 

1. Akun yang didaftarkan belum diubah ke akun bisnis dan masih akun pribadi

2. Dokumen yang disertakan belum lengkap

3. Nomor yang didaftarkan berbeda dengan nomor yang tertera di website perusahaan

4. Produk yang dijual perusahaan termasuk yang dilarang oleh WhatsApp

Tingkatkan Skill-mu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Tips marketing melalui WhatsApp

Untuk membangun engagement yang baik dengan pengguna, kamu bisa melakukan beberapa tips marketing di WhatsApp atau biasa disebut dengan WhatsApp marketing berikut ini!

1. Lakukan komunikasi yang dipersonalisasi

Pelanggan akan lebih suka jika mendapatkan pesan marketing yang terlihat tidak dibagikan secara broadcast. Salah satu caranya adalah dengan mempersonalisasikan pesan tersebut. Misalnya dengan menuliskan nama pelanggan atau memberikan kata yang tidak terkesan hard selling dan tentunya menjawab kebutuhan dari pelanggan itu sendiri. Kamu bisa menggunakan tools CRM untuk membantu proses ini, ya. 

2. Gunakan fitur katalog produk 

Pada WhatsApp bisnis tersedia fitur katalog produk yang bisa kamu gunakan untuk menampilkan produk apa saja yang kamu jual. Katalog ini juga sudah dilengkapi dengan deskripsi dan harga yang terhubung dengan cart atau tanya produk di chat. Dengan adanya fitur ini, kamu bisa lebih menghemat waktu menjawab pertanyaan mengenai produk dan bisa dilakukan secara efektif. 

3. Maksimalkan fitur deskripsi akun bisnis

Selain katalog, kamu juga bisa menjelaskan mengenai jam kerja layanan WhatsApp atau penjelasan mengenai produk dan bisnis di deskripsi akun WhatsApp bisnis. Deskripsi tersebut akan tampil ketika pengguna mengklik bagian akun kamu. Sehingga, kamu bisa memberikan penjelasan bahwa pesan akan dijawab hanya dalam waktu jam kerja saja, dan pelanggan kamu akan merasa lebih aman dengan penjelasan tersebut. 

4. Layanan customer support

Salah satu cara untuk membuat pelanggan puas adalah dengan memberikan layanan customer support untuk menjawab pertanyaan mengenai produk, konsultasi mengenai produk dan pertanyaan lain yang dikirimkan calon pelanggan sebelum atau setelah membeli produk kamu. Layanan ini terbukti meningkatkan rasa puas pelanggan serta dapat membuat pelanggan menjadi pelanggan setia dari sebuah bisnis, lho.

5. Gunakan fitur broadcast

Terakhir, untuk promosi besar, kamu bisa menggunakan fitur broadcast agar semua pelanggan kamu mendapatkan informasi promosi tersebut. Beberapa tools memungkinkan kamu untuk melakukan broadcast yang tetap dipersonalisasikan sehingga tetap menarik di mata calon pelanggan kamu. 

Itulah penjelasan mengenai apa itu centang hijau di WhatsApp dan bagaimana cara centang hijau di WhatsApp yang bisa kamu praktikkan. Bagi pemilik bisnis, fitur ini tentu akan memberikan cukup banyak keuntungan, terutama pada kepercayaan calon pelanggan untuk menghubungi nomor tersebut. Gunakan juga fitur lainnya agar strategi marketing melalui WhatsApp bisa berjalan secara optimal, ya. 

Jika kamu tertarik untuk mencari cuan lebih, kamu juga bisa mempelajari cara menghasilkan uang dengan WhatsApp di kelas Upskilllho. Gabung sekarang dan dapatkan berbagai tips dan trik menarik bersama ahlinya!

Referensi :

-whatsapp.com

-qontak.com

Baca juga : 

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.