10 Contoh Email Marketing yang Baik untuk Menarik Pelanggan

Contoh Email Marketing
Contoh Email Marketing

Salah satu alat pemasaran yang terbukti efektif untuk bisnis adalah email marketing. Istilah marketing satu ini merupakan strategi dengan cara mengirim email kepada pelanggan atau prospek secara terencana dan terukur dapat memberikan hasil yang mengesankan. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi contoh-contoh email marketing yang sukses dan mempelajari praktik terbaik yang dapat membantu kamu memaksimalkan potensi bisnis kamu melalui strategi email yang efektif.

Dari subjek yang menarik hingga desain yang menarik dan tindakan panggilan yang kuat, mari kita lihat bagaimana menggabungkan elemen-elemen ini dalam kampanye email marketing yang berhasil.

Table of Contents

Cara Membuat Email Marketing

Melalui email marketing yang tepat, kamu dapat memperluas jangkauan bisnis kamu, membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan, dan mencapai hasil yang signifikan. Begini langkah-langkahnya.

1. Subjek yang Menarik

Contoh email marketing yang sukses sering kali dimulai dengan subjek yang menarik dan mengundang perhatian. Subjek yang singkat, menarik, dan mencerminkan manfaat atau penawaran unik dapat mendorong penerima untuk membuka email tersebut.

2. Personalisasi

Meskipun sudah banyak email marketing tools yang memberikanmu template email marketing, kamu juga sebaiknya perlu belajar untuk membuatnya sendiri agar  bisa membangun isi pesan yang lebih personal terhadap prospek pelanggan.

Personalisasi adalah kunci untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan kamu. Menggunakan nama penerima dalam salam pembukaan atau menyampaikan penawaran yang disesuaikan dengan preferensi mereka akan meningkatkan keterlibatan dan tingkat respons. 

3. Desain yang Menarik

Desain email yang menarik akan membuat email kamu lebih menonjol di antara tumpukan pesan yang diterima pelanggan. Menggunakan layout yang bersih, gambar yang relevan, dan pemilihan warna yang tepat dapat memberikan pengalaman visual yang menarik bagi penerima.

4. Konten yang Relevan dan Menarik

Isi email harus relevan dengan minat dan kebutuhan penerima. Berikan informasi yang berguna, berbagi penawaran eksklusif, atau kisahkan cerita yang menarik untuk mempertahankan minat penerima dan mendorong tindakan lebih lanjut.

Cek strategi content marketing yang ampuh di sini: 7 Strategi Content Marketing & Manfaatnya untuk Bisnis

5. Membuat CTA yang Jelas

Setiap email marketing harus memiliki CTA (Call to Action) yang jelas dan kuat. Apakah itu mengarahkan penerima untuk mengunjungi situs web kamu, mendaftar ke acara, atau melakukan pembelian, pastikan tindakan yang diinginkan ditekankan secara jelas dan mudah dilakukan.

6. Segmen dan Automasi

Menggunakan tools email marketing yang canggih memungkinkan kamu untuk menyegmentasi daftar email kamu berdasarkan preferensi, perilaku, atau demografi pelanggan. Selain itu, otomatisasi email memungkinkan kamu mengirim email yang disesuaikan secara otomatis berdasarkan tindakan atau periode waktu tertentu.

Cek rekomendasi tools email marketing di sini: 8 Email Marketing Tools Gratis Terbaik

7. Memonitor dan Menganalisis

Memonitor dan menganalisis performa email kamu adalah langkah penting untuk memahami apa yang berhasil dan apa yang tidak. Lacak tingkat buka, tingkat klik, dan konversi untuk mempelajari pelajaran berharga dan terus meningkatkan kampanye email marketing kamu.

Belajar Skill Bersertifikat di Upskill Cakap dan Kembangkan Bisnismu!

Contoh Subjek Email Marketing

Sebelum masuk ke contoh email marketing yang menarik dan cocok untuk bisnismu, pastikan kamu mengerti contoh subjek yang tepat untuk menarik impresi penerimanya. Cek contoh subjek email marketing berikut ini!

Subject Email Marketing Formal

  • Diskon Akhir Tahun hingga 70%
  • Promo Spesial Lebaran, Beli 1 Gratis 1
  • Promo Flash Sale 24 Jam hanya Hari Ini!
  • Harga Khusus untuk Pemesan Pertama
  • Dapatkan Gratis Ongkir untuk Semua Pembelian
  • Jadi Member Sekarang, Dapat Diskon 40%
  • Program Cashback Khusus Hari Ini, Jangan Sampai Ketinggalan!
  • Produk Baru Kami Sudah Rilis, Diskon 76%
  • Event Khusus Hari Kartini, Dapatkan Diskon 20% untuk Semua Produk Wanita

Subject Email Marketing dengan Bahasa Gaul

  • Diskon Gede-gedean, Buruan Serbu!
  • Promo Lebaran, Belanja Hemat Tanpa Batas
  • Flash Sale 24 Jam, Jangan Lewatkan!
  • Harga Khusus untuk Kamu, Sobat Hemat
  • Ongkir Gratis, Belanja Makin Senang
  • Jadi Member, Dapatkan Diskon Tambahan
  • Cashback Hari Ini, Jangan Sampai Nyesel!
  • Produk Baru, Yuk Dicoba!
  • Diskon Hari Kartini, Khusus Buat Kamu, Cewek Hebat!

Tips Membuat Subjek Email Marketing

Kamu bisa menggunakan kata-kata yang menarik user seperti “Gratis”,”GRATIS”,”DISKON”,”Cashback”,”Promo”, “Murah”,”Bonus” dan kata-kata eyecatching lainnya.

Contoh Email Marketing yang Menarik

Berikut adalah beberapa contoh email marketing yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

1. Contoh Email Marketing Penawaran Produk

Subject: Potongan Harga Khusus untuk kamu – Hemat 20% di Toko Baju Fashion Terkini!

Halo [Nama Pelanggan],

Kami berharap kamu dalam keadaan baik dan semangat menjelang musim baru yang penuh gaya! Kami ingin memberitahu kamu tentang penawaran spesial eksklusif yang kami siapkan untuk kamu sebagai pelanggan setia kami.

Pada kesempatan ini, kami memberikan diskon istimewa 20% untuk semua koleksi baju fashion terkini kami. Dari pakaian sehari-hari yang nyaman hingga pilihan pakaian formal yang elegan, kami memiliki segala yang kamu butuhkan untuk tampil percaya diri dan bergaya.

Tunjukkan kode promo “FASHION20” saat check-out untuk mendapatkan potongan harga khusus ini. Penawaran ini berlaku hanya untuk pelanggan setia kami selama dua minggu ke depan, jadi segera manfaatkan kesempatan ini sebelum kehabisan stok.

Selain itu, kami juga ingin memberitahu kamu bahwa kami telah meluncurkan koleksi terbaru kami untuk musim ini. kamu akan menemukan tren terbaru dalam warna-warna musim ini, desain yang unik, dan kualitas yang tak tertandingi. Jelajahi situs web kami untuk melihat koleksi lengkap kami dan temukan pilihan baju yang sesuai dengan gaya pribadi kamu.

Kami juga ingin mendengar pendapat kamu tentang pengalaman berbelanja di toko kami. Mohon luangkan waktu sejenak untuk memberikan ulasan tentang produk yang kamu beli atau tentang layanan kami. Pendapat kamu sangat berarti bagi kami, dan kami berusaha untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kami.

Terima kasih atas dukungan dan kepercayaan kamu pada bisnis kami. Kami berharap kamu menikmati penawaran khusus ini dan menemukan pakaian yang sempurna untuk melengkapi gaya kamu.

Salam hangat,

Tim Toko Baju Fashion Terkini

2. Contoh Email Marketing Makanan

Subject: Rasakan Kelezatan Sejati! Penawaran Spesial: Gratis Dessert Setiap Pembelian Makanan Utama!

Halo [Nama Pelanggan],

Apa kabar? Kami harap kamu baik-baik saja dan siap untuk merasakan kelezatan sejati! Di [Nama Restoran/Kafe], kami selalu berkomitmen untuk menyajikan makanan berkualitas tinggi yang memanjakan lidah kamu.

Pada kesempatan ini, kami ingin mempersembahkan penawaran spesial eksklusif hanya untuk kamu. Setiap kali kamu memesan makanan utama favorit kamu dari menu kami, kami akan memberikan dessert spesial secara GRATIS sebagai penutup manis untuk pengalaman makan kamu yang sempurna.

Nikmati kelezatan manis dengan memilih dari beragam dessert lezat kami, seperti puding cokelat yang creamy, tiramisu yang lembut, atau pancake dengan sirup maple. Tidak ada yang memuaskan seperti gabungan sempurna antara hidangan utama dan penutup yang manis, dan kami ingin memberikan pengalaman tersebut secara cuma-cuma untuk kamu.

Tidak hanya itu, kami juga ingin memastikan kamu mendapatkan pelayanan terbaik dari kami. Tim kami yang ramah dan profesional siap melayani kamu dengan senyuman, memastikan pengalaman makan kamu menjadi tak terlupakan.

Kunjungi [Nama Restoran/Kafe] kami hari ini dan manfaatkan penawaran ini sebelum berakhir. kamu dapat mencari menu lengkap kami di situs web kami, atau hubungi nomor telepon kami untuk pemesanan langsung atau informasi lebih lanjut.

Kami sangat menghargai pelanggan setia seperti kamu, dan kami berharap kamu menikmati penawaran spesial ini sebagai ungkapan terima kasih dari kami. Jadikan makanan kamu sebagai perjalanan cita rasa yang tak terlupakan di [Nama Restoran/Kafe] kami.

Terima kasih atas dukungan kamu, dan kami berharap dapat menyambut kamu dengan senyuman hangat di restoran kami segera.

Salam hangat,

Tim [Nama Restoran/Kafe]

3. Contoh Email Marketing dalam Bahasa Inggris

Subject: Exclusive Offer for You! Save 20% on Your Next Purchase

Hello [Customer’s Name],

We hope this email finds you well and in high spirits! We wanted to let you in on an exclusive offer that we have prepared just for you, our valued customer.

For a limited time, we are offering a special discount of 20% on your next purchase. Whether you’ve had your eye on that stylish dress, trendy accessories, or the latest tech gadgets, now is the perfect time to treat yourself while enjoying significant savings.

Simply enter the promo code “SAVE20” during checkout to redeem this exclusive offer. Hurry, as this promotion is only valid for the next two weeks. Don’t miss out on this opportunity to get your favorite items at a great price!

At [Your Company Name], we pride ourselves on providing high-quality products that cater to your needs and preferences. From fashion essentials to home decor, we have a wide range of products to enhance your lifestyle. Browse through our website to explore our extensive collection and discover the perfect items that reflect your unique style.

We greatly value your opinion, and we would love to hear about your shopping experience with us. Please take a moment to leave a review or provide feedback on the products you’ve purchased or the service you’ve received. Your feedback helps us continually improve and provide you with the best possible experience.

Thank you for your continued support and trust in our business. We hope you enjoy this exclusive offer and find joy in your upcoming purchase. Should you have any questions or require assistance, our friendly customer support team is always here to help.

Wishing you a wonderful day filled with great deals and memorable shopping experiences.

Warm regards,

The [Your Company Name] Team

4. Contoh Format Email Marketing

Pembuka:

Hai [nama pelanggan],

Kami ingin membagikan berita besar dengan Anda! Kami mengadakan diskon 50% untuk semua produk kami dari [tanggal] hingga [tanggal]. Ini adalah kesempatan Anda untuk menghemat uang besar pada produk favorit Anda.

Isi:

Kami tahu bahwa Anda selalu mencari cara untuk menghemat uang, jadi kami ingin memastikan Anda tidak melewatkan kesempatan ini. Diskon ini berlaku untuk semua produk kami, termasuk [daftar produk].

Kami ingin Anda dapat mencoba produk kami tanpa khawatir. Itulah mengapa kami menawarkan garansi uang kembali 30 hari. Jika Anda tidak puas dengan produk Anda, cukup kembalikan untuk pengembalian dana penuh.

Call to Action:

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk menghemat besar! Kunjungi situs web kami hari ini dan belanjalah dengan diskon 50%.

Penutup:

Terima kasih atas dukungan Anda. Kami berharap dapat melihat Anda lagi segera!

[Nama perusahaan]
[Alamat web]
[Nomor telepon]
[Alamat email]

Psst, Sudah Tau Level Bahasa Inggris Kamu? Cek Sekarang di Cakap!

Itu dia beberapa contoh email marketing dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Buat kalian yang sering bersinggungan dengan penulisan email bahasa Inggris di tempat kerja, yuk coba ikutan kursus bahasa Inggris Bisnis bersertifikat di Cakap Upskill!

Baca Juga:

Cakap Content Expert
Tim ahli Cakap yang menyajikan konten-konten terbaik untuk kamu upskilling diri.

Pelajari Sales & Marketing, Leadership, Hingga Customer Service Untuk Tingkatkan Potensi Penjualan

Subcribe untuk Dapatkan Artikel Upskill lengkap

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap