10 Kursus Digital Marketing Bersertifikat Cocok untuk Pemula

kursus digital marketing bersertifikat
Photo by Mikael Blomkvist

Pemasaran digital atau digital marketing adalah salah satu bidang yang sedang naik daun seiring dengan berkembang pesatnya teknologi digital saat ini. Kabar baiknya, mempelajari skill yang yang dibutuhkan Digital Marketing bisa dimiliki tanpa memerlukan gelar pendidikan tertentu. Oleh karena itu, kesempatan bekerja di dunia Digital Marketing saat ini terbuka lebar bagi siapapun. 

Nah, jika kamu tertarik untuk mendalami dunia Digital Marketing, maka kamu bisa mempelajarinya dengan mengikuti berbagai kursus baik gratis maupun berbayar. Kali ini Cakap akan membahas tentang pemasaran digital, mulai dari cara belajar Digital Marketing hingga rekomendasi kursus Digital Marketing bersertifikat untuk pemula. Yuk, simak penjelasannya! 

Table of Contents

Apa itu Digital Marketing?

Digital Marketing atau pemasaran digital adalah sebuah strategi pemasaran produk atau layanan dengan memanfaatkan saluran-saluran internet yang berbasis digital. Tujuannya adalah untuk menjangkau audiens yang lebih luas di dunia digital dengan cara-cara yang lebih efektif dan efisien. 

Pada dasarnya, setiap iklan hingga berbagai konten yang kamu lihat di internet merupakan bagian dari strategi Digital Marketing yang buat oleh seorang Digital Marketer. Digital Marketing kini lebih diminati oleh banyak perusahaan dan bisnis karena biayanya yang lebih murah dan hasil yang didapat lebih maksimal. 

Lebih lanjut, pelajari juga:  Apa Itu Marketing? Ini Definisi, Jenis, dan Jenjang Karirnya

Belajar Digital Marketing Secara Otodidak

Apakah bisa belajar Digital Marketing otodidak? Jawabannya adalah bisa. Kamu bisa mulai mempelajari Digital Marketing dengan cara mencari dan mempelajari sebanyak-banyaknya materi yang tersedia secara gratis. Kamu bisa mendapatkan materi Digital Marketing melalui artikel blog, kelas online, video, podcast, hingga buku. 

Perlu diketahui, karena bidang pemasaran digital sangat luas, pembelajaranmu akan lebih efektif jika mengambil kursus online. Selain pembelajaran yang komprehensif dalam waktu singkat, kamu juga akan mendapatkan sertifikat yang tentunya dapat membantu kariermu ke depannya. 

belajar digital marketing otodidak
Photo by Mikael Blomkvist

Tips Memilih Kursus Digital Marketing

Nah, dalam memilih kursus yang akan diikuti, kamu sebaiknya memperhatikan beberapa tips berikut agar tidak salah pilih. 

1. Pilih Sesuai Kebutuhan

Digital Marketing mencangkup bidang yang amat luas sehingga ada banyak spesialisasi yang dapat kamu pilih. Maka dari itu kamu sebaiknya memilih kursus yang sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Misalnya apabila kamu ingin berkarier sebagai seorang SEO Specialist, maka pilihlah kursus Digital Marketing yang berfokus pada SEO. 

2. Perhatikan Siapa Trainernya

Dalam sebuah kursus Digital Marketing umumnya terdapat beberapa trainer yang akan menyampaikan materi sesuai keahliannya dan pengalamannya yang mereka miliki. Nah, kamu sebaiknya mempertimbangkan trainer yang lebih dari satu orang agar materinya lebih mendalam dan dibagikan dari sudut pandang berbeda. 

3. Pilih Fitur yang Menguntungkan

Apabila sebuah kursus menyediakan live project, maka kursus tersebut merupakan kursus yang layak untuk diikuti. Belajar Digital Marketing akan lebih optimal jika dipelajari dengan mengerjakan berbagai project secara intensif. Sehingga kamu akan jadi lebih mudah untuk mengerti tentang keseluruhan konsepnya. 

4. Ikuti Kursus yang Bersertifikat

Selain menyediakan berbagai pengalaman mengerjakan suatu project secara langsung, ada baiknya untuk memilih kursus online yang di akhir sesi akan memberikan kamu sertifikat. Sertifikat tersebut sebagai bukti kamu telah menempuh kursus tersebut dengan baik, sekaligus menjadi bukti kalau kamu telah memahami berbagai materi yang diajarkan.

Tidak hanya menjadi bukti, sertifikat kursus bisa digunakan untuk melamar kerja, lho Sobat Cakap. Cek cara melampirkan sertifikat di lamaran kerja selengkapnya pada panduan berikut ini: 5 Sertifikat untuk Melamar Kerja dan Cara Memasukkan di CV.

Kursus Digital Marketing Bersertifikat

Saat ini ada banyak kursus Digital Marketing bersertifikat yang bisa kamu coba, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Lantas sertifikasi Digital Marketing apa saja yang dapat kamu ikuti? Berikut rekomendasi kursus Digital Marketing bersertifikat terbaik yang cocok untuk pemula. 

1. Cakap

Kamu juga bisa mengambil Kursus Digital Marketing bersertifikat di Cakap Upskill, lho. Ada berbagai pilihan kursus yang bisa kamu ambil dari berbagai bidang Digital Marketing dan tentunya kamu akan mendapatkan sertifikat setelah menyelesaikannya. Durasi kursusnya pun beragam, dari webinar beberapa jam, hingga bootcamp dengan durasi beberapa bulan. 

2. Google Digital Garage

Kursus ini bisa kamu akses secara gratis dan cocok untuk pemula yang ingin mendalami dunia Digital Marketing. Materi yang akan dipelajari terdiri dari 26 modul berupa video komprehensif beserta kuis di dalamnya. Adapun beberapa jenis materi yang akan dipelajari seperti content marketing, social media, selling online, dan lainnya. 

3. Google Analytics Academy

Google Analytics Academy adalah kursus yang bertujuan untuk mempelajari cara menggunakan Google Analytics. Di sini kamu bisa memilih level kursus sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Kalau kamu sudah memiliki kemampuan dasar seputar Google Analytics, kamu bisa langsung lompat pada level selanjutnya. 

4. LinkedIn Learning: Becoming a Digital Marketing Specialist

“Becoming a Digital Marketing Specialist” merupakan salah satu kelas pelatihan gratis yang disediakan oleh LinkedIn. Dalam kursus ini terdapat 11 materi yang dapat kamu pelajari dengan total durasi 20 jam. Beberapa materi yang akan dipelajari diantaranya ialah email marketing, Google Analytics, SEO Foundation, dan lain-lain. 

5. Udemy

Kursus Digital Marketing yang disediakan oleh Udemy merupakan salah satu kursus berbayar terbaik dan sudah dikenal luas secara global. Adapun jumlah biaya yang wajib dibayarkan terbilang cukup terjangkau yakni, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah untuk biaya registrasinya. 

rekomendasi kursus digital marketing online
Photo by Mikael Blomkvist

6. Semrush Academy

Semrush merupakan salah satu perusahaan ternama yang bergerak dalam bidang Digital Marketing. Perusahaan ini juga menyediakan kursus Digital Marketing gratis secara online dengan berbagai kelas yang dapat kamu pilih sendiri. Durasi tiap kelas tersebut bermacam-macam mulai dari 30 menit hingga 5 jam. 

7. Moz Academy

Moz Academy merupakan platform yang menyediakan kursus Digital Marketing yang berfokus kepada SEO. SEO atau Search Engine Optimization merupakan salah satu materi penting yang wajib dipelajari dalam bidang Digital Marketing. Moz Academy disarankan kalau kamu ingin mempelajari SEO secara mendalam. 

8. Facebook Blueprint

Ada banyak jenis kursus gratis seputar Digital Marketing yang ditawarkan oleh Facebook Blueprint. Untuk mendapatkan sertifikat kamu tidak diharuskan menyelesaikan seluruh kursus yang ditawarkan. Cukup dengan memilih dan menyelesaikan beberapa kursus yang kamu minati maka kamu otomatis akan mendapatkan sertifikat. 

Temukan Bakat Terpendammu dan Kembangkan Bersama Cakap Upskill

9. Coursera

Coursera merupakan platform pembelajaran daring yang menyediakan kursus yang didesain oleh universitas dan lembaga pendidikan terkemuka di dunia. Beberapa universitas terkemuka yang terlibat dalam menyusun materi Digital Marketing di Coursera di antaranya University of Illinois, University of Pennsylvania, dan Northwestern University. 

10. Ahrefs Academy

Ahrefs Academy menyediakan kursus Digital Marketing yang mencangkup berbagai materi seperti Keyword Research, SEO Strategies, Competitive Research, Link Building, hingga Link Acquisition. Materi yang diajarkan juga didukung oleh berbagai contoh nyata di lapangan sehingga peserta dapat lebih memahaminya. 

Demikianlah rekomendasi kursus Digital Marketing bersertifikat terbaik dan cocok untuk pemula. Selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat, dengan mengikuti kursus kamu juga bisa mendapatkan sertifikat yang dapat kamu jadikan sebagai nilai jual ketika melamar kerja. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.