Tips Meningkatkan Penjualan & Profit Menjelang Natal dan Tahun Baru

cara marketing sukses

Menjelang perayaan Natal dan tahun baru membawa angin segar bagi para pebisnis dan orang-orang yang terlibat di dalamnya. Bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa di setiap momen Natal dan tahun baru biasanya produksi dan konsumen berbagai produk meningkat drastis. Terlebih jika produk-produk tersebut berhubungan dengan kedua perayaan tersebut. Maka tak heran jika banyak perusahaan dan para penjual mengadakan promo natal dan tahun baru. 

Agar penjualan produk atau jasa yang kamu tawarkan meningkat dengan optimal, kamu perlu mengetahui cara dan tips marketing sukses menjelang Natal dan tahun baru berikut ini!

Pastikan Stok Barang Daganganmu Sudah Siap

cara marketing sukses
Photo from Freepik

Cara membuat marketing sukses di promo natal dan tahun baru yang pertama adalah memastikan stock produkmu. Adanya budaya memberikan hadiah di Hari Natal membuat para konsumen bersiap memburu banyak produk untuk dijadikan sebagai hadiah. Jadi, sebelum mengadakan promo di berbagai platform, kamu harus tahu pasti berapa banyak stok produk yang harus kamu miliki di gudang atau toko.

Buat estimasi dan prediksi permintaan pelanggan di Hari Natal dan akhir tahun. Karena dua momen spesial ini biasanya juga dibarengi dengan libur akhir semester, kamu perlu mengecek kembali laporan penjualanmu di tahun sebelumnya agar stok yang disiapkan benar-benar tepat.

Adakan Year End Sale

cara marketing sukses
Photo from Freepik

Di akhir tahun ini saatnya adakan year end sale! Eits, tapi kamu juga harus mempetimbangkan banyak hal ya. Jangan sampai kamu membuat obral besar-besaran dan hanya mementingkan volume produk yang dijual tanpa memikirkan kelangsungan bisnis ke depannya. Beberapa cara marketing sukses untuk year end sale yang bisa kamu coba adalah bundling, cuci gudang, dan pemberian hadiah.

Keluarkan Produk Spesial dengan Promo Menarik

cara marketing sukses
Photo from Freepik

Tips dan cara marketing sukses selanjutnya adalah mengeluarkan produk khusus di Hari Natal dan tahun baru. Ini adalah kesempatan yang tepat untuk menuangkan kreatifitas dan menjadikan produkmu lebih fresh.

Jika mengeluarkan produk khusus terasa sulit atau berat, kamu bisa menawarkan paket khusus pada pelangganmu. Paket khusus tersebut bisa berupa set bundel berisi produk-produk yang relevan. Lalu, kamu bisa memberi promo pada paket spesial atau produk spesialmu dengan buy 1 get 1 atau promo menarik lainnya.

Adakan Flash Sale

cara marketing sukses
Photo from Freepik

Siapa sih yang tidak menantikan flash sale? Perusahaan-perusahaan besar sering kali mengadakan flash sale di event-event tertentu. Cara marketing sukses di Hari Natal dan tahun baru ini bisa kamu lakukan dengan mengadakan diskon besar-besaran dalam satu hari (malam Natal atau malam tahun baru). Jangan lupa arahkan diskon besar-besaran tersebut pada produk yang sudah cukup lama bertengger di gudang atau tokomu (first in, first out).

Ciptakan Campaign Social Media yang Menarik

cara marketing sukses
Photo from Freepik

Promosi dan woro-woro menjadi cara dan tips marketing sukses yang membantu promo produkmu tersampaikan. Buatlah campaign social media yang menarik dan jangan lupa promosikan produkmu ke semua platform yang kamu miliki. Pertimbangkan juga untuk menggandeng influencer untuk meng-endorse produkmu.

Untuk menambah popularitas brand-mu, buatlah tagar brand spesial bertema Natal atau tahun baru.

Hari dan waktu di bulan Desember terus bergerak mendekati Natal dan tahun baru. Yuk, segera aplikasikan tips dan cara marketing sukses di atas untuk momen spesial kali ini!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.