7 Cara Mendidik Anak Usia 4 Tahun Agar Cerdas & Ber-attitude Baik

cara-mendidik-anak-usia-4-tahun-agar-cerdas

Si Kecil sudah menginjak usia 4 tahun dan siap masuk TK atau Paud? Memasuki usia prasekolah, anak membutuhkan perhatian khusus dalam berbagai hal, termasuk dalam cara mendidik. Setiap orang tua pasti selalu belajar dan bertanya-tanya bagaimana cara mendidik anak usia 4 tahun agar cerdas dan ber-attitude baik.

Penelitian dari National Institute of Health menunjukkan bahwa faktor kecerdasan anak berasal dari dua hal, yaitu 50% faktor genetik dan 50% faktor lingkungan. Sangat mungkin bagi Moms and Dads membantu mengarahkan si Kecil menjadi pribadi yang cerdas dan bisa diatur lewat lingkungan dan kebiasaan yang mereka lakukan. Di artikel ini, kita akan membahas cara mendidik anak usia 4 tahun agar cerdas dan mudah diatur. Let’s look forward to it!

Table of Contents

Golden Age Anak Usia 4 Tahun

Tahapan masa Golden age pada anak dimulai dari usia 0-5 tahun. Usia 4 tahun menjadi salah satu usia emas yang yang hampir berakhir, sehingga perlu dimanfaatkan sebaik mungkin. Pada usia 4 tahun, Moms and Dads harus aware tentang bagaimana perkembangan motorik, kognitif, dan bahasa anak. 

Perkembangan motorik anak usia 4 tahun bisa dilihat dari beberapa aktivitas, seperti anak sudah dapat berlari, melompat, menyeimbangkan tubuh, naik turun tangga, mengendarai sepeda roda tiga, dan lainnya.

Untuk perkembangan kognitif, ditandai dengan kemampuan belajar, berpikir, dan menyelesaikan masalah. Anak usia 4 tahun memiliki perkembangan kognitif yang cukup kentara, terutama dalam hal menyebut nama-nama warna, mengingat cerita, memahami arti kata sederhana, memahami konsep waktu, menghitung angka-angka dasar, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk kemampuan komunikasi dan bahasa, biasanya anak usia 4 tahun atau usia prasekolah bisa dengan mudah belajar ratusan kata dan dapat menggunakan 5-6 kata dalam sebuah kalimat. 

Kenali tahap kembang motorik si Kecil di sini : Tahapan Perkembangan Motorik Halus & Kasar pada Anak

Cara Mendidik Anak Usia 4 Tahun agar Cerdas

Manfaatkan masa golden age anak di usia 4 tahun ini dengan mengikuti tips-tips mendidik anak berikut ini:

(1) Biasakan untuk Membaca Bersama Anak Sesering Mungkin

Cara mendidik anak usia 4 tahun agar pintar adalah dengan mengajak mereka membaca bersama sedini dan sesering mungkin. Membaca membantu si Kecil mengembangkan keterampilan berbahasa dan mendengarkan. Tidak hanya itu, mengajak anak membaca buku atau cerita fabel sebelum tidur secara bersama-sama bisa membangun dan menambah kosakata mereka, menginspirasi kreativitas, hingga meningkatkan keterampilan kognitif anak.

Agar anak tetap tertarik dan terlibat dalam aktivitas membaca ini, cobalah untuk memilih topik buku bacaan yang menarik, bila perlu perbanyak buku cerita bergambar. Sesekali Moms & Dads juga bisa lho mengajak mereka melakukan perjalanan atau kunjungan rutin ke perpustakaan setempat dan biarkan mereka memilih buku yang diinginkan.

Cari tahu: Cara Mengatasi Speech Delay Anak yang Efektif & Sederhana 

(2) Atur Rutinitas Tidur

Tidur yang cukup sangat berperan dalam perkembangan kognitif anak. Ada korelasi langsung antara tidur dan kecerdasan. Anak yang mendapatkan jumlah waktu tidur yang cukup, memiliki kinerja dan produktivitas yang lebih baik.

Waktu tidur anak usia 4 tahun atau usia prasekolah biasanya sekitar 10-13 jam sehari. Avi Sadeh seorang dosen senior, direktur laboratorium Children’s Sleep and Arousal Disorders mengatakan bahwa hilangnya satu jam tidur, setara dengan hilangnya dua tahun pematangan dan perkembangan kognitif. So, kalau Moms & Dads ingin anak tumbuh cerdas, pastikan mereka memiliki jam tidur yang cukup, ya!

(3) Daftarkan Anak pada Pelajaran Musik

Cara mendidik anak usia 4 tahun agar cerdas selanjutnya adalah dengan mendaftarkan mereka pada sekolah musik. Penelitian di University of Bath mengungkapkan bahwa mendengarkan dan memainkan musik memiliki efek positif, terutama bagi kemampuan otak untuk dapat memproses informasi.

Mengikuti pelajaran musik juga bisa meningkatkan keterampilan pemahaman membaca hingga Matematika. Bagaimana tidak, anak yang belajar musik akan mengenal chord dan tangga nada yang mana di dalamnya juga berhubungan dengan angka.

(4) Ketahui dan Asah Minat Anak

Elemen penting yang tidak boleh dilupakan ketika ingin membesarkan dan mendidik anak yang cerdas adalah memupuk minat anak. Setiap anak memiliki minat dan kecenderungan yang berbeda, Moms and Dads harus tahu apa keunikan dan hal yang diminati anak.

Misalnya, ketika anak menunjukkan ketertarikannya dalam bidang sains, kenalkan mereka dengan beberapa buku yang bisa membantu anak belajar sains.  Banyak mainan edukasi untuk anak yang juga bisa kamu gunakan untuk mengasah minat dan bakat si kecil. Bila perlu ajak anak main ke museum sains.

Baca panduannya : 5 Cara Mudah Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini

(5) Ciptakan Lingkungan yang Nyaman dan Disiplin

Seperti dikatakan di atas, salah satu faktor penting yang mempengaruhi kecerdasan anak usia dini adalah lingkungan. Ciptakanlah lingkungan belajar yang nyaman bagi anak, seperti tunjukan kasih sayang dan kehangatan anggota keluarga, atau sekedar berikan waktu luang untuk anak.

Selanjutnya, jangan lupa untuk menanamkan rasa disiplin pada anak. Meskipun mereka masih kecil, tapi jangan abai dengan disiplin dan tanggung jawab. Misalnya, ketika anak sudah mulai masuk sekolah dan ada PR yang harus diselesaikan, arahkan dan ingatkan mereka untuk mengerjakan PR dengan baik dan tepat waktu.

(6) Penuhi Asupan Nutrisi

Yang terakhir tapi nggak kalah penting adalah memenuhi asupan nutrisi karena anak-anak sangat membutuhkan ini. Berikut beberapa makanan yang sangat berfungsi bagi perkembangan kecerdasan anak:

  • Telur (kaya akan vitamin A, D, E, K, dan kalori)
  • Sayur (mengandung antioksidan yang bagus untuk kecerdasan)
  • Susu (kaya akan protein, kalsium, dan vitamin D)
  • Ikan (mengandung omega 3 dan DHA)
  • Daging (sumber protein hewani berkualitas tinggi)

(7) Kenalkan Anak dengan Bahasa Asing

Belajar bahasa asing bisa melatih anak untuk berpikir kritis, melatih komunikasi dan interaksi, serta meningkatkan kreatifitas. Moms & Dads bisa mengenalkan dan mengajak anak untuk belajar bahasa asing. Seperti mengajarkan berbagai materi bahasa Inggris untuk anak atau mengajaknya bermain permainan edukatif tentang bahasa asing.

Tidak hanya bahasa Inggris, si Kecil juga akan maksimal ketika belajar bahasa asing lainnya dengan diimbangi berbagai kegiatan yang mengasah motorik halus dan kasarnya. Seluruh kebutuhan tersebut bisa Moms dapatkan di Kids Academy Cakap sekaligus. 

Cek disini untuk melihat programnya : Kids Academy Cakap

Cara Mendidik Anak 4 Tahun yang Susah Diatur

Di atas sudah membahas cara mendidik anak usia 4 tahun agar cerdas, nah sekarang gimana kalau kasusnya adalah anak yang susah diatur? Gimana cara mendidik anak yang susah diatur agar bisa menjadi anak yang penurut dan ber-attitude baik? Yuk, simak!

(1) Bantu Anak untuk Self-Control

Cara mendidik anak 4 tahun yang susah diatur adalah bantu mereka untuk belajar mengendalikan diri. Kebanyakan orang tua sering kali mengambil jalan pintas dengan memberikan gadget saat anak tantrum sehingga membuat anak kecanduan gadget. Tentunya cara ini bukanlah yang terbaik untuk membentuk self-control anak.

Anak-anak sering meniru perilaku orang dewasa. Cobalah untuk menjadi contoh yang baik dalam hal self-control. Misalnya, ketika orang tua merasa marah atau frustrasi, orang tua sebaiknya menunjukkan bagaimana mengatasi emosi tersebut dengan tenang dan bijaksana.

Pelajari juga: 7 Cara Efektif Hadapi Anak yang Sedang Tantrum

(2) Pahami Kesulitan Anak

Pahami kesulitan dan hal-hal yang membuat susah diatur hingga keras kepala. Hal-hal yang membuat anak rewel pasti ada sebabnya. So, alih-alih marah dan kecewa, Moms & Dads bisa membantu anak dengan mengatakan bahwa kalian memahami kesulitannya dan cobalah untuk mengajukan tawaran bantuan kepada anak.

(3) Puji Perilaku yang Baik

Berilah perhatian ekstra ketika anak berperilaku baik. Kata-kata pujian untuk anak akan sangat bermanfaat. Beri tahu mereka bahwa parents sangat bangga ketika anak bisa mengikuti arahan orang tuanya dengan baik. Biar makin hangat, Moms & Dads bisa banget lho melakukan kontak fisik dengan cara memeluk anak atau sekedar mengelus kepalanya.

(4) Gunakan Tone Suara yang Lembut

Banyak orang tua yang langsung marah dan menaikkan nada suara ketika anak susah diatur. Padahal hal ini justru membuat anak semakin rewel dan menjadi-jadi, bahkan bisa membuat mereka menjauh. Maka dari itu, penting untuk selalu menggunakan nada suara yang lembut namun tegas agar anak-anak mau mendengar apa yang dibicarakan orang tua.

Pelajari juga tips berikut: Tanpa Membentak, Ini Tips Mengatasi Anak yang Susah Belajar

Demikianlah beberapa tips berguna tentang bagaimana cara mendidik anak usia 4 tahun agar cerdas dan mudah diatur. Buat Moms & Dads yang sedang dalam fase membesarkan anak prasekolah, tetap semangat dan terus belajar, ya! 

Selain tips-tips di atas, ada juga lho cara lain untuk membuat anak cerdas, terutama dalam hal bahasa asing. Moms & Dads bisa mendaftarkan anak untuk mengikuti kursus bahasa Inggris anak di Cakap! Di sana ada kelas online dan offline yang bisa dipilih. So tunggu apa lagi, daftar kelasnya sekarang karena #SiapaCakapDiaDapat!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.