Anak Kecanduan Gadget? Ini 6 Cara Mengatasinya, Moms!

anak kecanduan gadget

Smartphone adalah benda yang wajib dimiliki di era ini. Hampir semua orang memiliki smartphone baik dari usia muda hingga lanjut usia. Terlebih sekarang fungsinya tidak hanya untuk komunikasi saja, melainkan juga untuk hiburan, belajar, dan lain sebagainya.

Dengan fungsinya yang kian bertambah, tidak sedikit orang yang kecanduan menggunakan smartphone atau gadget. Padahal segala hal yang berlebihan itu tidak baik. Moms, anak kecanduan gadget? Tenang, ikuti cara di bawah ini untuk mengatasinya!

Cara Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

Kecanduan pada gadget dapat memengaruhi tumbuh kembang si Kecil. Oleh karena itu, yuk terapkan cara-cara mengatasi anak kecanduan HP atau gadget berikut ini:

1. Anak Cerminan Orang Tua

Moms, sadar atau tidak, si kecil pasti mengikuti apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Jadi, cara mengatasi anak kecanduan gadget yang satu ini harus benar-benar diterapkan. Moms harus memberikan contoh yang baik jika ingin anak tidak kecanduan dengan gadget. Nah, coba inget-inget, apakah Moms sering bermain gadget di depan si Kecil?

2. Batasi Penggunaan Gadget

Cara mengatasi anak kecanduan HP selanjutnya adalah “memberikan batas”. Membatasi suatu hal yang berlebih adalah cara yang paling manjur untuk mengatasi kecanduan, termasuk kecanduan pada gadget. Moms harus tegas dalam melakukan cara ini. Buat perjanjian dengan mereka agar sekaligus melatih rasa tanggung jawabnya.

3. Awasi Penggunaan Gadget

Semenjak ada internet, semua orang bisa mencari apa pun. Mulai dari yang bermanfaat sampai hal yang tidak berfaedah. Selain membatasi waktu penggunaan gadget, Moms juga perlu menerapkan cara mengatasi anak kecanduan gadet yang satu ini dengan cara mengawasi si Kecil selama menggunakan gadget.

4. Konsultasi Dokter

Nah, cara mengatasi anak kecanduan HP atau gadet yang bisa dilakukan jika tingkat kecanduan si Kecil sudah akut adalah berkonsultasi dengan dokter. Tidak ada salahnya untuk meminta pertolongan profesional daripada malah terjadi hal yang tidak diinginkan. 

5. Perbanyak Aktivitas Lain

Anak rewel minta dipinjemin gadget? Berarti Moms perlu perbanyak aktivitasnya, baik di luar rumah maupun di dalam rumah. Moms bisa membelikan permainan yang mendidik sehingga si Kecil bisa bermain sekaligus belajar.

Moms juga bisa ajak si Kecil belajar bahasa Inggris di kursus bahasa Inggris anak. Belajar bahasa Inggris dapat mengaktifkan otak kanan dan kiri si Kecil sehingga ia akan tumbuh menjadi anak yang kreatif.

6. Mengedukasi Anak

Cara mengatasi anak kecanduan HP atau gadget yang terakhir adalah memberikan edukasi pada anak. Moms, jangan larang-larang saja tanpa diberi penjelasan mengapa. Moms harus mengedukasi si Kecil mengenai bahaya kecanduan pada gadget. Memberi penjelasan dapat mempermudah Moms untuk bekerjasama dengan si Kecil.

Itu dia cara mengatasi anak yang kecanduan pada gadget. Namun, bagaimana Moms bisa tau apakah si Kecil termasuk kecanduan gadget atau tidak? Nah, ada beberapa ciri anak kecanduan gadget. Simak yuk!

bahasa inggris anak

Tanda Anak Kecanduan Gadget

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri anak kecanduan HP atau gadget:

1. Gelisah atau Baper Ketika tidak Menggunakan Gadget

Ciri-ciri kecanduan gadget pada anak yang bisa langsung dikenali adalah sifat mereka yang cenderung agresfi saat tidak ada gadget dalam genggaman mereka. Bahkan pada beberapa kasus,  anak cenderung marah hingga tantrum saat ‘kehilangan’ gadget dari tangannya.

2. Tidak Memiliki Keinginan untuk Bersosialisasi

Ciri anak kecanduan gadget biasanya adalah kehilangan motivasi untuk bersosialisai. Mereka enggan bepergian ke luar rumah karena pola pikir yang tertanam pada anak yang kecanduan gadget adalah ‘pergi ke luar berarti harus lepas dengan gadget’. Maka dari itu anak-anak yang kecanduan gadget cenderung lebih suka menyendiri di rumah bersama gadgetnya saja.

3. Lupa Waktu Ketika Menggunakan Gadget

Saat sudah kecanduan gadget, anak akan lupa dengan waktu dan jadwal kegiatan mereka. Gadget akan membuat anak-anak menghiraukan waktu makan, bermain bersama teman, bahkan waktu belajarnya. Jadi Moms, jika anak sudah menunjukan ciri yang ini, Moms harus lebih waspada ya.

4. Pola Tidur yang tidak Teratur Akibat Menggunakan Gadget

Pola dan kualitas tidur anak bisa terganggu jika sudah kecanduan gadget. Mengapa demikina? Faktanya, paparan blue light dari layar gadget berpengaruh pada kualitas dan kuantitas tidur seseorang.

5. Tidak Menyukai Aktivitas Fisik seperti Olahraga

Ciri-ciri kecanduan gadget yang terakhir bisa Moms ketahui dari jawaban si Kecil saat diajak berolahraga. Biasanya anak yang sudah kecanduan gadget akan sulit diajak olahraga atau aktivitas fisik lainnya karena dunia mereka hanya berpusat pada gadget.

Kalau Moms sudah melihat si Kecil menunjukkan ciri-ciri kecanduan gadget yang ada di atas, maka Moms harus segera menanganinya. Sebab, kecanduan pada gadget dapat memberi dampak yang buruk bagi mereka.

Dampak buruk yang hampir semua tau yaitu kesehatan mata. Menggunakan gadget secara terus menerus pasti akan merusak matanya. Selain itu, anak juga akan mengalami perubahan perilaku. Ia akan tumbuh menjadi anak yang antipati. Moms gak mau, kan?

Agar si Kecil tidak selalu terpaku pada gadgetnya, tambahkan kegiatan positif dan bermanfaat untuk mereka. Salah satu hal yang bisa dipelajari si Kecil adalah bahasa. Yuk daftarkan si Kecil untuk mengikuti kursus Inggris Anak di Cakap agar si Kecil lebih jago berbahasa asing dan waktu si Kecil juga terpakai dengan penuh manfaat.

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks