Anak Kecanduan Gadget? Ini 6 Cara Mengatasinya, Moms!

anak kecanduan gadget

Smartphone adalah benda yang wajib dimiliki di era ini. Hampir semua orang memiliki smartphone baik dari usia muda hingga lanjut usia. Terlebih sekarang fungsinya tidak hanya untuk komunikasi aja, melainkan juga untuk hiburan, belajar, dan lain sebagainya.

Dengan fungsinya yang kian bertambah, tidak sedikit orang yang kecanduan menggunakan smartphone atau gadget. Padahal segala hal yang berlebihan itu tidak baik. Moms, anak kecanduan gadget? Tenang, ikuti cara di bawah ini untuk mengatasinya!

Cara Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

Kecanduan pada gadget dapat memengaruhi tumbuh kembang si kecil. Oleh karena itu, yuk terapkan cara-cara ini:

1. Anak Cerminan Orang Tua

Moms, sadar atau tidak, si kecil pasti mengikuti apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Jadi, moms harus memberikan contoh yang baik jika ingin anak tidak kecanduan dengan gadget. Nah, coba inget-inget, apakah Moms sering bermain gadget di depan si kecil?

2. Batasi Penggunaan Gadget

Membatasi suatu hal yang berlebih adalah cara yang paling manjur untuk mengatasi kecanduan, termasuk kecanduan pada gadget. Moms harus tegas dalam melakukan cara ini. Buat perjanjian dengannya agar sekaligus melatih rasa tanggung jawabnya.

3. Awasi Penggunaan Gadget

Semenjak ada internet, semua orang bisa mencari apa pun. Mulai dari yang bermanfaat sampai hal yang tidak berfaedah. Selain membatasi waktu penggunaan gadget, moms juga perlu mengawasi si kecil selama menggunakan gadget.

4. Konsultasi Dokter

Jika tingkat kecanduan si kecil sudah akut, moms sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Tidak ada salahnya untuk meminta pertolongan profesional daripada malah terjadi hal yang tidak diinginkan. 

5. Perbanyak Aktivitas Lain

Anak rewel minta dipinjemin gadget? Berarti moms perlu perbanyak aktivitasnya, baik di luar rumah mau pun di dalam rumah. Moms bisa membelikan permainan yang mendidik sehingga si kecil bisa bermain sekaligus belajar.

Moms juga bisa ajak si kecil belajar bahasa Inggris di kursus bahasa Inggris anak. Belajar bahasa Inggris dapat mengaktifkan otak kanan dan kiri si kecil sehingga ia akan tumbuh menjadi anak yang kreatif.

6. Mengedukasi Anak

Moms, jangan larang-larang saja tanpa diberi penjelasan mengapa. Moms harus mengedukasi si kecil mengenai bahayanya kecanduan pada gadget. Memberi penjelasan dapat mempermudah moms untuk bekerjasama dengan si kecil.

Itu dia cara mengatasi anak yang kecanduan pada gadget. Namun, bagaimana moms bisa tau apakah si kecil termasuk kecanduan gadget atau tidak? Nah, ada beberapa tanda anak kecanduan gadget. Simak yuk!

Tanda Anak Kecanduan Gadget

Berikut ini adalah beberapa tanda atau gejala anak yang kecanduan gadget:

  • Gelisah atau baper ketika tidak menggunakan gadget
  • Tidak memiliki keinginan untuk bersosialisasi
  • Lupa waktu ketika menggunakan gadget
  • Pola tidur yang tidak teratur akibat menggunakan gadget
  • Tidak menyukai aktivitas fisik seperti olahraga

Kalau moms sudah melihat si kecil menunjukkan tanda-tanda yang ada di atas, maka moms harus segera menanganinya. Sebab, kecanduan pada gadget dapat memberi dampak yang buruk baginya.

Dampak buruk yang hampir semua tau yaitu kesehatan mata. Menggunakan gadget secara terus menerus pasti akan merusak matanya. Selain itu, anak juga akan mengalami perubahan perilaku. Ia akan tumbuh menjadi anak yang antipati. Moms gak mau, kan?

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google