8 Usaha Modal 50 Juta yang Berpotensi Cuan & Layak Dipertimbangkan

usaha modal 50 juta
Image by benzoix on Freepik

Ada banyak cara memutar uang 50 juta agar bisa menjadi cuan, salah satunya dengan memulai usaha sendiri. Dengan modal tersebut, kamu bisa mempertimbangkan berbagai jenis peluang usaha kecil dan menengah yang sekiranya potensial serta sesuai dengan ketertarikanmu. Bagi kamu yang masih dalam tahap mencari inspirasi, berikut adalah delapan usaha modal 50 juta yang bisa kamu pertimbangkan. 

Table of Contents

8 Peluang Usaha Modal 50 Juta yang Menjanjikan untuk Jangka Panjang

Berikut adalah beberapa usaha modal 50 juta yang bisa kamu pelajari lebih lanjut sebelum memutuskan untuk mencoba. 

1. Laundry

Laundry atau jasa cuci pakaian merupakan usaha yang cukup menjanjikan untuk dicoba, terutama bagi kamu yang tinggal di daerah perkotaan. Sebab di sana ada banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan jasa laundry ketimbang mencuci sendiri pakaiannya akibat tingkat kesibukan yang tinggi. 

Dengan modal Rp50 juta, kamu sudah dapat membeli berbagai alat penunjang seperti mesin cuci, timbangan, hanger dan lain-lain termasuk juga sewa tempat dan menggaji karyawan. Usaha laundry juga tidak memerlukan keahlian khusus sehingga bisa dicoba oleh siapa saja. 

Baca panduan: Usaha Laundry untuk Pemula – Jenis, Modal, Cara Memulai Bisnis

2. Franchise Makanan/Minuman

Bergabung ke dalam franchise makanan dan minuman terkenal, memiliki peluang sukses yang cukup besar dan jarang gagal. Bisnis franchise makanan dan minuman juga cocok untuk para pemula. Sebab kamu tidak perlu memikirkan strategi bisnis, konsep usaha dan produk yang akan dijual. 

Saat ini ada banyak franchise makanan dan minuman yang dapat kamu coba, biaya bergabungnya pun beragam mulai dari Rp10–Rp40 jutaan. Sebelum bergabung, cobalah untuk mencari tahu lebih dahulu bagaimana prospek franchise yang akan kamu ikuti agar kesempatan sukses jadi lebih besar. 

3. Coffee Shop

Coffee shop jadi tempat yang ramai dikunjungi oleh para anak muda untuk sekedar nongkrong atau mengerjakan tugas. Hal ini tentunya menjadikan usaha coffee shop sebagai salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan untuk dicoba, terutama bagi kamu yang tinggal di daerah perkotaan yang ramai. 

Agar coffee shop milikmu ramai dikunjungi oleh pelanggan maka sediakanlah makanan dan minuman yang lezat dengan harga terjangkau. Selain itu, pemilihan lokasi strategis yang dekat dengan pusat keramaian juga sama pentingnya. Sediakan juga wifi gratis agar pelanggan betah nongkrong di coffee shop milikmu. 

Baca panduan : Punya Modal 5 Juta? Coba Buka Usaha Cafe yang Menguntungkan Ini!

4. Toko Alat Tulis dan Fotokopi

Usaha fotokopi selalu dibutuhkan oleh masyarakat untuk berbagai macam hal terkait penggandaan dokumen. Selain menawarkan jasa fotokopi kamu juga bisa melengkapi toko milikmu dengan menjual berbagai macam alat tulis hingga perlengkapan sekolah. Selain itu kamu juga bisa sekaligus menawarkan jasa percetakan untuk menambah keuntungan. 

Dana Rp50 juta bisa kamu pergunakan untuk membeli mesin fotokopi, etalase, hingga berbagai barang lainnya untuk melengkapi toko fotokopi milikmu. Agar toko milikmu ramai dikunjungi oleh pelanggan, pilihlah daerah yang jadi pusat keramaian seperti wilayah sekolahan, kampus, atau perkantoran. 

bisnis modal 50 juta
Image by Freepik

Belajar Bisnis bareng Ahlinya, dan Dapatkan Sertifikat atas Skill Kamu!

5. Usaha Rumah Makan Padang atau Warteg

Rumah makan Padang dan warung Tegal (warteg) merupakan dua jenis tempat makan paling populer bagi masyarakat Indonesia. Selain cita rasanya yang lezat, baik rumah makan Padang maupun warteg sama-sama menawarkan makanan dengan harga yang relatif terjangkau sehingga ada banyak peminatnya. 

Pada dasarnya untuk memulai usaha rumah makan Padang atau warteg tidaklah terlalu sulit. Meski demikian, diperlukan keterampilan memasak untuk bisa menghadirkan menu-menu khas warteg atau rumah makan Padang itu sendiri. Namun jangan khawatir, kamu bisa belajar sendiri maupun menyewa orang untuk membantu memasak. 

6. Pet Shop

Belakangan ini memiliki hewan peliharan yang lucu dan menggemaskan menjadi trend di kalangan masyarakat. Bukan hanya sekedar memberikan tempat tinggal, pemilik hewan peliharaan kini tidak segan-segan mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk perawatan hewan miliknya tersebut. 

Oleh karena itu, pet shop dapat menjadi salah satu peluang usaha modal 50 juta yang cukup potensial. Pet shop tidak hanya menjual makanan untuk hewan, tetapi juga menjual aksesoris, menyediakan jasa penitipan hingga jasa salon. Kamu mungkin akan memerlukan pelatihan terkait merawat binatang atau merekrut mereka yang sudah berpengalaman. 

7. Toko Kelontong

Toko kelontong adalah toko yang menyediakan berbagai macam keperluan sehari-hari, mulai dari sembako, bumbu dapur, sabun, peralatan mandi, hingga jajanan. Toko kelontong sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk membeli berbagai kebutuhan hariannya sehingga jarang ada toko kelontong yang gagal. 

Sebenarnya untuk memulai sebuah toko kelontong tidak diperlukan dana yang besar. Namun semakin besar dana yang kamu miliki tentunya semakin banyak barang yang dapat kamu jual. Dengan dana tersebut kamu juga dapat mempercantik toko kelontong milikmu agar para pelanggan merasa nyaman dalam berbelanja. 

8. Jasa Fotografi

Meski sudah ada smartphone, jasa seorang fotografer adalah profesi yang masih terus dibutuhkan untuk mengabadikan momen-momen tertentu seperti pernikahan, wisuda, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, jasa seorang fotografer profesional juga dibutuhkan oleh brand atau perusahaan untuk pengambilan gambar yang bertujuan untuk mempromosikan sebuah produk. 

Dengan modal 50 juta, kamu bisa memulai jasa fotografi dengan membeli berbagai perlengkapan seperti kamera profesional, komputer, dan perlengkapan lainnya. Kamu bisa memasarkan jasamu melalui sosial media dan juga berkolaborasi dengan bisnis dengan target market yang sama, misalnya bisnis event/wedding organizer, makeup artist, dan sebagainya. 

Nah, itu dia beberapa ide dan peluang usaha modal 50 juta yang potensial dan layak dipertimbangkan. Apakah kamu tertarik untuk mencoba salah satunya? Selain butuh modal uang, kamu juga perlu mempersiapkan dirimu untuk berbisnis dengan menambah pengetahuan tentang bisnis itu sendiri. Yuk, ambil kursus bisnis di Cakap Upskill dengan materi terpadu langsung dari ahlinya! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi:

  • topremit.com
  • cryptomedia.id

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.