Modal Usaha Frozen Food dengan Rincian & Cara Memulainya

modal-usaha-frozen-food

Usaha frozen food atau makanan beku siap masak merupakan salah satu bisnis yang semakin booming dan berkembang, terlebih setelah pandemi. Bisnis ini juga termasuk praktis, membutuhkan strategi jualan online yang mudah, dan minim resiko karena makanan yang dijual bisa bertahan lama. Untuk bisa mengambil peluang bisnis ini, kamu bisa memulainya dari berbagai level, mulai dari skala rumahan hingga bisnis ukuran sedang. Tertarik ingin memulai? Yuk cari tahu lebih lengkap tentang jenis-jenis dan modal usaha Frozen Food.

Table of Contents

Frozen Food

Frozen food merupakan jenis olahan makanan yang dibekukan dengan tujuan untuk mengawetkan makanan hingga siap dimakan. Proses pembekuan pada makanan ini menyebabkan aktivitas mikroba dan enzim pada makanan tersebut menjadi terhambat sehingga daya simpan produk makanan akan lebih panjang. 

Ciri khas dari produk frozen food adalah praktis, sehingga orang-orang memilihnya sebagai santapan utama yang simpel dalam mengolahnya. Selain itu frozen food banyak disukai karena tidak menggunakan bahan pengawet, justru jika menggunakan bahan pengawet produk frozen food akan lebih cepat rusak.

Jenis-Jenis Usaha Frozen Food

Jika kamu tertarik dengan usaha frozen food, berikut merupakan jenis usaha frozen food yang harus kamu ketahui sebagai bahan referensi.

(1) Frozen Food yang Harus Dipanggang 

Jenis frozen food ini dapat dinikmati dengan cara memanggang olahan frozen food dengan pemanggang terlebih dahulu.

Contoh : adonan pizza, frozen sponge cake, apple pie, dan beberapa jenis croissant.

(2) Frozen Food yang Harus Digoreng 

Frozen food harus melalui proses penggorengan terlebih dahulu sebelum kita dapat menikmatinya.

Contoh : donat, aneka nugget, spicy ring, dan french fries, sosis, kornet, olahan ikan.

(3) Frozen Food yang Harus Disiram Dengan Air Hangat

Jenis frozen food yang ketiga adalah frozen food yang harus disiram air hangat terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Siapkan air hangat dan siram olahan frozen food selama beberapa menit dengan air hangat sampai matang.

Contoh : mix vegetables dan frozen fruit seperti raspberry dan cranberry.

(4) Frozen Food Siap Santap

Jenis frozen food ini dapat kita langsung makan tanpa melalui proses pematangan seperti jenis frozen food yang lainya. Ada dua jenis frozen food, yakni es krim dan es puter.

(5) Frozen Food yang Harus Dikukus

Salah satu contoh frozen food yang harus dikukus adalah dimsum. Mengukus dimsum bisa menggunakan klakat atau kukusan bambu khusus untuk dimsum yang dilengkapi lubang-lubang besar di bagian dasarnya agar dimsum cepat matang.

Contoh : aneka dimsum kukus dan mantau.

(6) Frozen Food yang Harus Direbus

Satu lagi nih Sobat Cakap olahan frozen food yang nggak kalah populer, yaitu olahan frozen food yang harus melalui proses perebusan sebelum dikonsumsi. Lakukan perebusan terlebih dahulu selama beberapa menit agar olahan frozen food dapat matang dan bisa kita dinikmati.

Contoh : aneka bakso, baik itu seafood, ayam, dan daging sapi.

Baca juga : Ide Usaha Makanan Ringan Serba 1000 yang Cepat Laku & Tips Memulai

Belajar Bangun Bisnis dari Nol bareng Ahlinya di Cakap Upskill

Cara Bisnis Frozen Food untuk Pemula

Agar bisnis frozen food yang kamu jalan sukses, kamu harus mengetahui bagaimana cara memulai bisnis frozen food untuk pemula yang benar. Simak tahapan berikut!

(1) Lakukan Riset Pasar

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika akan menjalankan bisnis frozen food adalah mencari tahu bagaimana caranya menjalankan bisnis frozen food yang benar. Misalnya, mencari tahu siapa target pelanggan kamu, supplier mana saja yang bisa kamu kontak, cara penyimpanan frozen food, cara pemasaran hingga cara pengirimannya supaya tidak basah, dan lain sebagainya. 

(2) Tentukan Jenis Frozen Food yang Akan Dijual

Setelah mengetahui target pasar dan pembeli, kamu bisa memilih produk frozen food mana yang akan kamu jual, kamu bisa menjual jenis produk frozen food siap olah, yaitu makanan-makanan mentah seperti daging, ikan, dan ayam. Jenis makanan ini adalah makanan yang perlu diolah dan dimasak lagi, sesuai dengan selera pembeli.

Kamu juga bisa menjual jenis produk frozen food yang siap saji seperti sosis dan bakso. Makanan ini bisa langsung dikonsumsi atau pembeli juga bisa memanaskan terlebih dahulu supaya rasanya lebih nikmat. Ada lagi makanan siap masak, ini adalah jenis makanan yang umum ada di makanan beku. Makanan ini perlu dimasak lagi, tapi prosesnya tidak perlu lama, contohnya adalah nugget.

(3) Menyiapkan Modal

Hal paling penting dari memulai bisnis adalah menyiapkan modal, setelah melakukan riset pasar kamu bisa mengetahui berapa modal usaha frozen food yang akan dibutuhkan, kamu mungkin perlu menambah anggaran atau membelanjakan sesedikit mungkin namun tetap menghasilkan secara kompetitif.

(4) Cari Supplier

Bisnis frozen food termasuk dalam industri besar, sehingga akan cukup mudah dalam mencari supplier. Tergantung pada produk apa yang akan kamu jual dan perusahaan mana yang bisa menjual eceran. Dalam hal ini kamu bertindak sebagai reseller, jadi kamu bisa memilih perusahaan mana yang akan kamu ajak kerjasama, tentunya tergantung dengan penawaran terbaik yang diberikan dari perusahaan.

(5) Tentukan Lokasi Strategis

Kamu bisa memulai bisnis frozen food dari rumah dengan cara pesan antar, atau dengan menyewa tempat yang strategis dengan biaya sewa yang murah. Hindari tempat dengan persaingan ketat.

(6) Susun Strategi Pemasaran

Kamu bisa menggunakan content marketing atau memanfaatkan media sosial, membuat akun untuk toko online kamu, kemudian mengunggah produk apa saja yang dijual, sesekali kamu juga bisa mengadakan promo untuk menarik pelanggan ya. 

Kamu juga bisa bekerja sama dengan jasa pesan antar online. Dengan begitu kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan akan lebih besar. 

Modal Usaha Frozen Food

Untuk memulai usaha frozen food yang perlu kamu siapkan tentunya adalah modal usaha. Tentukan peralatan-peralatan yang akan kamu butuhkan seperti mesin pendingin dan lainnya, perhitungkan juga biaya produk yang akan kamu ambil dari supplier.

Untuk awal, cobalah menjual dengan produk yang paling laris di pasaran seperti chicken nugget, sosis, dan kentang goreng masing-masing sebanyak 20 kemasan dari pemasok.

Untuk bakso seafood, ambil agak banyak karena mereka biasanya dijadikan sup atau sate bakso, misalnya 50 hingga 70 kemasan. Modal Anda mungkin sekitar 30 ribu hingga 50 ribu Rupiah per-kemasan.

Untuk modalnya, jika sebungkus makanan beku berharga 50 ribu Rupiah, modal untuk 20 bungkus nugget, bakso, sosis, dan kentang goreng adalah sekitar 2 juta Rupiah.

Dilansir dari BFI.co.id kisaran modal yang dibutuhkan sekitar Rp3.000.000 – Rp4.500.000 jika Anda hendak membuka usaha frozen food rumahan. Modal ini termasuk freezer khusus menyimpan makanan beku, mesin vacuum sealer, plastik vacuum, serta makanan yang Anda ambil dari supplier per 30 kg. 

Tak dipungkiri, bahwa pesaing bisnis frozen food semakin banyak, namun mengingat  peminatnya yang juga banyak, bisnis ini tergolong cukup menjanjikan. Selama kamu tekun menjalani bisnis tersebut tentunya keuntungan juga pasti akan mengiringi. Selamat mencoba, ya!

Ingin serius mengembangkan bisnis frozen food? Yuk, coba ikutan kelas bisnis di Cakap Upskill! Kamu bisa belajar banyak ilmu-ilmu bisnis dan tips-tips bisnis yang belum pernah kamu pelajari sebelumnya. Daftar kursus online bersertifikat yang tersedia sekarang untuk pengalaman berbisnis yang lebih profesional!

Referensi:
-stepbystepbusiness.com
-provitableventure.com
-bfi.co.id
-ginee.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.