Ini 6 Manfaat Belajar Online Bagi Anak, Apa Saja?

Saat ini, hampir segalanya bisa dilakukan secara online, mulai dari komunikasi, belanja, hingga belajar. Namun, banyak orang tua masih ragu untuk memperkenalkan metode belajar online pada anaknya. Hal ini wajar. Pasalnya, orang tua khawatir anaknya kecanduan terhadap internet dan gadget.

Kekhawatiran lain yang juga sering diungkapkan oleh orang tua adalah tidak adanya interaksi yang terjadi dalam pembelajaran online. Namun sebenarnya, belajar online juga memiliki berbagai macam manfaat yang bisa melengkapi proses belajar anak di sekolah.

Di internet, ada begitu banyak informasi yang bisa didapat dari berbagai macam sumber. Di Youtube misalnya, ada banyak channel-channel edukatif dimana anak bisa belajar berbagai hal mulai dari cara membaca dan menghitung, konten belajar bahasa, ilmu pengetahuan alam, hingga matematika.

Selain itu, saat ini juga sudah ada begitu banyak aplikasi mendidik yang interaktif dengan visual yang menarik bagi anak sehingga anak senang belajar. Ditambah lagi, pembelajaran online bisa disesuaikan dengan minat dan ketertarikan anak.

Faktanya, metode belajar saat ini memang mengarah ke serba online. Buktinya, banyak bermunculan kuliah-kuliah online khususnya di luar negeri. Di sekolah pun, tak jarang guru menggunakan sumber-sumber online untuk mengajarkan murid-muridnya. Hal ini membuktikan bahwa sistem pendidikan cenderung bergerak ke arah pembelajaran online.

Memangnya apa saja manfaat yang bisa didapat dari belajar online? Simak penjelasan berikut.

Menyesuaikan dengan ritme belajar anak

Menyesuaikan dengan ritme belajar anak source: giphy.com

Di sekolah, materi-materi yang diajarkan sudah didesain untuk diselesaikan selama satu semester. Oleh karena itu, terkadang materi disampaikan oleh guru secara padat. Akibatnya, anak bisa tertinggal di mata pelajaran tertentu karena belum memahami sejumlah topik.

Dalam pembelajaran online, cara belajar lebih fleksibel sehingga bisa menyesuaikan dengan kemampuan dan ritme belajar anak. Apabila mereka menjumpai materi yang dirasa sulit dan butuh latihan lebih, pembelajaran bisa dilakukan dengan lebih lambat. Jika mereka sudah menguasainya, pembelajaran bisa dipercepat atau bahkan melompati materinya.

Lebih bebas untuk mengeksplorasi

Lebih bebas untuk mengeksplorasi source: giphy.com

Saat belajar online, anak bebas memilih topik apa yang ingin dia pelajari. Dengan memiliki kebebasan untuk memilih sendiri apa yang ingin ia pelajari, anak terdorong untuk belajar dengan sendirinya tanpa perlu dipaksa.

Pembelajaran online juga sangat mampu mendukung pembelajaran yang sudah didapat di sekolah sehingga anak mendapat lebih banyak ilmu. Misalnya di sekolah anak belajar bahwa langit itu biru dan awan itu putih. Tetapi, ia penasaran kenapa langit bisa berwarna biru. Lewat pembelajaran online, anak bisa menemukan jawaban tersebut. Dengan kata lain, metode belajar online juga bisa menumbuhkan rasa ingin tahu anak.

Lebih fleksibel

Lebih fleksibel source: giphy.com

Sistem belajar online lebih fleksibel karena bisa dilakukan di mana saja. Anak tidak harus duduk berjam-jam di ruang kelas. Pembelajaran online bisa dilakukan baik saat anak sedang libur di rumah baik di ruang tamu, di kamar, di kafe, atau bahkan saat sedang di perjalanan.

Waktu belajarnya juga tidak kaku sehingga bisa disesuaikan dengan kegiatan sehari-hari buah hati Anda. Ditambah lagi, belajar online bisa menghemat waktu baik anak Anda maupun waktu Anda sendiri karena tidak perlu terjebak macet saat mengantar anak Anda ke sana kemari. Ini juga berarti Anda bisa menghemat biaya karena tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk bensin dan parkir.

Selain itu, belajar online berarti pembelajaran tidak lagi terbatas oleh jarak dan tempat. Dengan kata lain, anak Anda bisa saja belajar dengan pengajar dari negara lain. Hal ini tentu baik untuk perkembangan anak terutama untuk kemampuan bahasa asingnya.

Bisa mengakomodasi banyak gaya belajar

Bisa mengakomodasi banyak gaya belajar source: giphy.com

Terkadang, gaya belajar anak bisa berbeda dengan gaya mengajar gurunya di sekolah. Akibatnya, anak tidak betah atau jadi malas belajar. Pembelajaran online dapat mengakomodasi berbagai gaya belajar karena metode dan materi yang tersedia pun berbeda-beda.

Baik anak Anda lebih suka belajar lewat gambar, tulisan, ataupun video, semuanya bisa Anda temukan secara online. Dengan memilih metode belajar yang sesuai dengan gaya belajar anak, mereka pun akan lebih mau untuk aktif terlibat dalam pembelajarannya. 

Belajar Bahasa Inggris Anak

Meningkatkan literasi internet

Meningkatkan literasi internet source: giphy.com

Saat ini, kemampuan literasi internet seperti mengakses informasi, berkomunikasi, dan berkolaborasi sangat dibutuhkan di era digital ini untuk bisa belajar dan berhasil. Kemampuan ini tidak hanya penting dalam proses pembelajaran, tetapi juga dalam pekerjaan nantinya dan kehidupan secara general.

Tentunya kemampuan ini harus dilatih dengan pantauan dari orang tua. Sscreentime yang berlebihan juga tidak baik untuk anak. Maka itu, konten-konten yang dikonsumsi anak tetap harus dimonitor oleh orang tua.

Mengajarkan kedisiplinan dan tanggung jawab

Mengajarkan kedisiplinan dan tanggung jawab source: giphy.com

Karena belajar online lebih fleksibel, maka dibutuhkan kekonsistenan, kedisiplinan, kemampuan untuk memotivasi diri sendiri, serta kemampuan untuk mengatur waktu agar bisa berhasil.

Karena tidak ada guru yang mengingatkan akan deadline, anak harus belajar untuk mengatur waktunya sendiri. Dengan demikian, anak bisa belajar untuk bertanggung jawab dengan pembelajarannya sendiri.

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari belajar online. Kuncinya adalah sebagai orang tua, kita tetap memantau dan menyortir konten-konten yang dikonsumsi oleh anak agar sesuai dengan usianya sehingga tidak kebablasan.

Di Cakap Kids, anak Anda bisa belajar bahasa Inggris secara interaktif dengan pengajar profesional. Materinya pun didesain khusus untuk anak dengan tampilan yang menarik sehingga anak terdorong untuk belajar dan cocok dengan kesehariannya.

Jangan khawatir, pembelajarannya dilakukan secara live sehingga anak bisa berinteraksi dan mendapat evaluasi secara langsung dari pengajar. Anda tentu ingin buah hati Anda mendapatkan manfaat-manfaat di atas bukan? Yuk segera daftarkan anak Anda di Cakap Kids!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google