9 Skill Ini Paling Dicari Perusahaan di Tahun 2021

cakap upskill

Menggali skill baru merupakan resolusi tahun baru milik kebanyakan orang. Bukan artinya buruk, namun ada saja orang yang menambah skill yang belum tentu dibutuhkan. Oleh karena itu, kamu harus menggali skill yang bermanfaat, setidaknya bagi kariermu kedepan.

Target yang spesifik akan lebih mudah dicapai. Begitu pula dengan skill, semakin spesifik akan semakin mudah digapai. Nah, supaya enggak bingung, dilansir dari Forbes Human Resources Council, ada 9 skill dan kemampuan yang paling dicari rekruter di tahun 2021. Apa aja, ya?

9 Skill yang Paling Dicari di Tahun 2021

Forbes Human Resources bertanya pada 9 rekruter dari berbagai perusahaan. Berikut ini adalah daftar skill yang paling dicari:

1. Growth Mindset

Memiliki keinginan untuk terus berkembang merupakan inti dari skill yang pertama ini. Dominique Farnan dari DotConnect, salah satu responden, mengatakan bahwa ia lebih tertarik untuk merekrut orang yang haus akan ilmu dibanding orang yang memiliki kemampuan teknikal yang baik tapi tidak memiliki rasa penasaran.

Mengapa? Karena di era digital segala sesuatu cepat berubah. Orang yang mau belajar pasti akan beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Nah, makanya kamu harus memperkaya diri dengan pengetahuan supaya cepat dapat kerja.

2. Continuous Learning

Skill kedua yang dibutuhkan adalah kemampuan untuk terus belajar. Tidak bisa dipungkiri bahwa skill yang dimiliki akan pudar jika tidak terus diasah. Makanya, kemauan untuk terus belajar dibutuhkan agar skill yang dimiliki tetap dalam kondisi yang prima.

Jadi, bukan maksudnya kamu tidak perlu menggali skill baru. Namun, skill yang telah kamu miliki justru jangan ditinggalkan. Kamu harus tetap mengembangkannya, sebab orang yang konsisten cenderung lebih sukses ketika mendapatkan kesempatan.

Salah satu hardskill yang harus terus kamu kembangkan adalah kemampuan berbahasa Inggris. Kini bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan untuk bisnis. Makanya, jangan heran kalau banyak perusahaan mencari kandidat dengan skill ini.

3. Critical Thinking

Kemampuan untuk berpikir kritis sangat dibutuhkan di 2021. Dunia setelah Covid-19 adalah hal baru bagi seluruh umat manusia. Diprediksi kedepannya akan terus bertemu dengan permasalahan baru sehingga inovasi-inovasi dalam menyelesaikan masalah sangat dibutuhkan.

Lalu, bagaimana cara untuk mendapatkan skill ini? Ada tiga hal yang bisa kamu lakukan, yang pertama yaitu dengan membaca buku untuk memperluas perspektif. Kedua dengan bersosialisasi untuk bertukar pikiran. Ketiga yaitu dengan rajin bertanya tapi bukan untuk mencari kesalahan.

4. Survival Skills

Memiliki survival skills seperti beradaptasi, konsisten, sabar, dan lain sebagainya, merupakan salah satu skill yang dicari. Survival skills adalah skill yang ingin mencapai kesuksesan meskipun harus melewati berbagai rintangan. 

Skill ini hanya dimiliki oleh orang yang telah bangkit dari kegagalan. Jadi, kalau kamu justru bangkit setelah terkena dampak oleh pandemi kemarin, bukan menyalahkan keadaan, berarti kemampuanmu dibutuhkan di tahun 2021.

5. Curiosity

Berdasarkan pernyataan salah satu responden, rekruter butuh kandidat yang memiliki rasa ingin tahu terhadap lingkungan sekitar, mudah beradaptasi dari hal yang baru ditemuinya, dan berani untuk menghadapi sebuah tantangan.

Dari Marketing Sampai Parenting, Pelajari Semuanya di Cakap Upskill!

6. Flexibility

Kehidupan setelah pandemi merupakan kehidupan yang tidak pernah kamu alami sebelumnya, bahkan bagi kebanyakan orang. Oleh karena itu, rekruter mencari orang yang nyaman akan perubahan dan hal yang tidak pasti. 

7. Dedication

Salah satu responden mengatakan bahwa dedikasi adalah skill atau kemampuan yang paling ia cari. Mendapatkan kandidat yang berdedikasi akan berdampak baik bagi perusahaan. Nah, makanya tunjukan dedikasimu ketika telah diberikan kepercayaan.

8. Coaching Mindset

Coaching mindset adalah pola pikir layaknya seorang guru, ikhlas untuk berbagi dan memiliki empati yang tinggi pada orang di sekitarnya. Orang dengan skill ini juga akan bekerja sama dengan baik. Oleh karena itu, coaching mindset sangat dicari rekruter.

9. Berkembang di Dunia Virtual

Kamu tidak bisa menutup mata kalau sekarang segala hal berjalan secara virtual. Nah, memiliki skill untuk terus berkembang di lingkungan virtual akan sangat berguna di tahun 2021. 

Kamu udah nyaman belum dengan virtual meeting atau online class? Kalau belum bisa, kamu harus segera move on karena hal ini memudahkanmu. Seperti ikut pelatihan online, kamu bisa nambah skill tanpa harus keluar rumah.

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks