Mengenal Apa Perbedaan Antara CV dan Resume

perbedaan cv dan resume

Dalam melamar pekerjaan, CV dan resume adalah hal lumrah yang biasa diminta oleh perekrut dari para pelamar pekerjaan. Tapi, tahukah kamu apa perbedaan CV dan resume?

Jika ada yang bertanya “bukankah CV dan resume itu sama saja?”.  Eits, tunggu dulu, keduanya memang merupakan hal yang digunakan oleh pelamar untuk mempromosikan diri kepada perusahaan. Namun, keduanya juga memiliki perbedaan, lho.

Nah biar nggak salah kaprah, jika kamu masih bingung, simak artikel ini ya untuk penjelasan detailnya.

Apa Itu CV?

source: giphy.com

Curriculum vitae atau CV adalah  “cerita kehidupan” si pelamar kerja yang berisikan informasi pribadi mulai dari data pribadi, pendidikan hingga pengalaman kerja beserta deskripsi pekerjaannya dan tidak lupa dengan menyertakan foto ya.

CV merupakan gambaran kronologis yang tidak dapat diubah urutannya mengenai perjalanan hidup dan karier yang pernah ditempuh oleh si pelamar kerja. Oleh sebab itu, CV dapat ditulis dalam dua atau lebih halaman.

Kamu juga dapat mendesain CV mu agar jadi lebih berwarna sehingga jadi lebih menarik untuk dibaca oleh perekrut.

Apa itu Resume?

source: giphy.com

Pada umumnya, resume memiliki perbedaan tipis dengan CV. Jika CV adalah cerita kehidupan, maka maksud resume adalah rangkuman dan gambaran singkat mengenai diri si pelamar.   

Resume juga disebut sebagai iklan singkat tentang si pelamar. Tidak hanya itu, resume juga berisikan penjelasan kenapa pelamar patut direkrut oleh perusahaan untuk menempati posisi yang dilamar.

Selain itu, dibandingkan dengan CV, resume cukup ditulis dalam satu halaman saja.

Bahasa Inggris Bikin Karirmu Melejit, Yuk Gabung Cakap!

Apa Perbedaan CV dan Resume?

Perbedaan antara CV dan resume dapat dibagi menjadi tiga aspek yaitu panjangnya, tujuan dibuatnya dan bentuknya sendiri. Nah, supaya bisa lebih paham, yuk simak detailnya!

Panjang Dokumen

Resume berisi ringkasan singkat mengenai kehidupan dan kemampuan dari si pelamar ke dalam satu halaman. Sedangkan CV, karena berisikan info tentang kehidupan si pelamar maka harus benar-benar tersusun rapi sehingga dapat lebih dari 1-2 halaman.

Tujuan Dibuatnya Dokumen

Resume dibuat dengan tujuan sebagai iklan cepat dan terarah yang memberi informasi tentang diri si pelamar dan kenapa dirinya orang yang terbaik untuk menempati posisi yang dilamar di perusahaan.

Dan CV dibuat untuk memberi gambaran kronologis secara berurutan  kepada perekrut tentang kehidupan pendidikan, organisasi, prestasi dan karier dari si pelamar.

Bentuk Dokumen

Perbedaan dalam aspek ini maka, CV itu dibuat dalam bentuk yang panjang, statis yang berisikan tentang karier panjang si pelamar. Sedangkan resume dibuat dalam bentuk lebih pendek atau singkat yang bentuknya tidak tetap dan bisa diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan.

Penggunaan CV dan Resume di Dunia

Negara-negara yang ada di seluruh belahan bumi memiliki preferensi sendiri terhadap apa yang dipakai sebagai syarat untuk melamar kerja, baik CV atau Resume, bahkan keduanya.

Negara – negara di Eropa

Di beberapa negara Eropa seperti Irlandia, Inggris dan Jerman lebih banyak menggunakan CV untuk melamar pekerjaan. Bahkan di Jerman, CV punya namanya sendiri dari bahasa Latin yaitu Lebenslauf.

Amerika Serikat dan Kanada

Di AS dan Kanada, biasanya lebih banyak menggunakan resume daripada CV sebagai syarat untuk melamar kerja.

Negara-negara lain

Berbeda dengan Eropa dan Amerika, negara di Asia, Australia, Afrika Selatan dan India penggunaan CV dan resume kerap kali digunakan secara bersamaan untuk melamar pekerjaan.

Resume biasanya digunakan untuk pekerjaan di sektor swasta, sedangkan CV dipakai untuk posisi layanan publik.

Sekarang sudah paham kan, tentang pengertian dan bedanya antara CV dan resume? Jika sudah paham, maka untuk membuat CV dan resume sudah tidak lagi menjadi perkara ya. 

Jika masih kurang paham, kamu bisa gabung bersama di Cakap Upskill. Disana kamu akan diajar dan dibimbing sehingga bisa membuat CV atau resume mu dengan baik. Kamu juga bisa bertanya dan berdiskusi seputar CV dan resume ya. 

Jangan tunda lagi, belajardan  Makin Cakap sekarang supaya kamu jadi lebih siap 100% untuk melamar pekerjaan di perusahaan idaman mu. Good luck, Sobat Cakap!

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google