Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan CV dan Resume

perbedaan cv dan resume
Photo by Lukas from Pexels

Dalam melamar pekerjaan, CV dan resume adalah hal lumrah yang biasa diminta oleh perekrut dari para pelamar pekerjaan. Tapi, tahukah kamu apa perbedaan CV dan resume?

Mungkin ada di antara Sobat yang bertanya, “bukankah CV dan resume itu sama saja?”.  Eits, tunggu dulu, keduanya memang merupakan hal yang digunakan oleh pelamar untuk mempromosikan diri kepada perusahaan. Namun, keduanya juga memiliki perbedaan, lho.

Nah, biar nggak salah kaprah, jika kamu masih bingung, simak artikel ini untuk penjelasan detailnya, ya!

Table of Contents

Apa Itu CV?

Curriculum Vitae atau CV adalah  “cerita kehidupan” si pelamar kerja yang berisikan informasi mulai dari data pribadi, pendidikan, hingga pengalaman kerja. CV juga disertai dengan pas foto pelamar kerja. 

CV merupakan gambaran kronologis yang tidak dapat diubah urutannya mengenai perjalanan hidup dan karier yang pernah ditempuh oleh si pelamar kerja. Oleh sebab itu, CV dapat ditulis dalam dua halaman atau lebih. 

Kamu juga dapat mendesain CV mu agar jadi lebih berwarna sehingga jadi lebih menarik untuk dibaca oleh perekrut.

Apa itu Resume?

Pada umumnya, resume memiliki perbedaan tipis dengan CV. Jika CV adalah cerita kehidupan, maka maksud resume adalah rangkuman dan gambaran singkat mengenai diri si pelamar.   

Resume juga disebut sebagai iklan singkat tentang si pelamar. Tidak hanya itu, resume juga berisikan penjelasan kenapa pelamar patut direkrut oleh perusahaan untuk menempati posisi yang dilamar.

Selain itu, dibandingkan dengan CV, resume cukup ditulis dalam satu halaman saja.

Jarang Dipanggil Interview? Bagini Cara Membuat CV Agar Dilirik HRD

Apa Perbedaan CV dan Resume?

Perbedaan antara CV dan resume dapat dibagi menjadi tiga aspek yaitu panjangnya, tujuan dibuatnya, dan bentuknya sendiri. Nah, supaya bisa lebih paham, yuk simak detailnya!

1. Panjang Dokumen

Resume berisi ringkasan singkat mengenai kehidupan dan kemampuan dari si pelamar ke dalam satu halaman. Sedangkan CV, karena berisikan info tentang kehidupan si pelamar maka harus benar-benar tersusun rapi sehingga dapat lebih dari 1–2 halaman.

2. Tujuan Dibuatnya Dokumen

Resume dibuat dengan tujuan sebagai iklan cepat dan terarah yang memberi informasi tentang diri si pelamar. Resume juga menunjukkan kenapa pelamar tersebut layak untuk menempati posisi yang dilamar di perusahaan.

Dan CV dibuat untuk memberi gambaran kronologis secara berurutan  kepada perekrut tentang kehidupan pendidikan, organisasi, prestasi, dan karier dari si pelamar. 

3. Bentuk Dokumen

Perbedaan dalam aspek ini maka, CV itu dibuat dalam bentuk yang panjang, statis yang berisikan tentang karier panjang si pelamar. Sedangkan resume dibuat dalam bentuk lebih pendek atau singkat yang bentuknya tidak tetap dan bisa diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan.

Kembangkan Potensimu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Penggunaan CV dan Resume di Dunia

Negara-negara yang ada di seluruh belahan bumi memiliki preferensi sendiri terhadap apa yang dipakai sebagai syarat untuk melamar kerja. Berikut adalah penjelasan beberapa di antaranya. 

Negara-negara di Eropa

Beberapa negara Eropa seperti Irlandia, Inggris, dan Jerman lebih banyak menggunakan CV untuk melamar pekerjaan. Bahkan di Jerman, CV punya namanya sendiri dari bahasa Latin yaitu Lebenslauf.

Amerika Serikat dan Kanada

Di AS dan Kanada, biasanya lebih banyak menggunakan resume daripada CV sebagai syarat untuk melamar kerja. 

Negara-negara Lain

Negara-negara di Asia, Australia, Afrika Selatan, dan India kerap kali menggunakan CV dan resume secara bersamaan untuk melamar pekerjaan.

Resume biasanya digunakan untuk pekerjaan di sektor swasta, sedangkan CV dipakai untuk posisi layanan publik. 

Nah, sekarang Sobat Cakap sudah paham kan tentang pengertian dan bedanya antara CV dan resume? Jika sudah paham, maka untuk membuat CV dan resume sudah tidak lagi menjadi masalah saat akan melamar pekerjaan. 

Jika masih kurang paham, kamu ambil kelas menulis CV di Cakap Upskill. Kamu akan diajarkan dan dibimbing sehingga bisa membuat CV atau resumemu dengan baik. Jangan tunda lagi, ambil kursusnya sekarang supaya kamu jadi lebih siap 100% untuk melamar pekerjaan di perusahaan idamanmu. Good luck, Sobat Cakap!

Referensi: 

  • indeed.com

Baca juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.