Manfaat Pelatihan Soft Skill dalam Dunia Kerja dan Contohnya

pelatihan soft skill
Image by master1305 on Freepik

Sobat Cakap pasti pernah mendengar bahwa soft skill adalah hal yang sangat penting dalam dunia kerja. Soft skill sering kali menjadi salah satu hal yang dinilai oleh HRD ketika memeriksa CV atau resume milikmu. 

Nah, bagi kamu yang saat ingin meng-upgrade kemampuan soft skill-mu, kamu wajib baca artikel ini sampai habis. Kita akan membahas pentingnya soft skill hingga pelatihan soft-skill apa saja yang direkomendasikan untukmu! 

Table of Contents

Pentingnya Soft Skill di Dunia Kerja

Soft skill merupakan keahlian tambahan yang berguna untuk mendukung keahlian teknis atau hard skill yang kamu miliki dalam dunia kerja. Kemampuan ini berkaitan dengan sifat, sikap, tingkah laku, hingga kepribadian seseorang. 

Soft skill sangat berhubungan dengan kecenderunganmu dalam melakukan pekerjaan dan menyesuaikan diri dalam lingkungan pekerjaan. Oleh karena itu kemampuan ini juga menjadi pertimbangan penting dalam penerimaan karyawan dalam sebuah perusahaan. 

Meskipun pada dasarnya soft skill ini merupakan kemampuan bawaan dari kepribadian seseorang, bukan berarti kamu tidak bisa melatihnya. Saat ini ada banyak kursus atau pelatihan soft skill yang dapat kamu ikuti untuk meningkatkan kualitas dirimu secara profesional. 

Makin Kompeten di Dunia Kerja dengan Berbagai Soft Skill! Ikut Kursusnya, yuk!

Manfaat Pelatihan Soft Skill

Memiliki berbagai soft skill sebagai penunjang hard skill tentunya akan memberikan banyak manfaat dalam dunia profesional. Berikut adalah beberapa di antaranya. 

1. Meningkatkan Produktivitas

Dengan menguasai soft skill, kamu akan menjadi lebih produktif dan kesalahan dalam bekerja dapat diminimalisasi. 

Misalnya dengan melatih kemampuan komunikasi, kamu akan terbiasa menyimak dan memahami brief dan mengkomunikasikan pendapat dengan baik. Hal ini tentunya akan meminimalisasi kesalahan komunikasi yang dapat memperlambat pekerjaan. 

2. Menambah Rasa Percaya Diri

Selanjutnya, kamu juga akan lebih percaya diri dalam menjalankan peranmu secara profesional di dunia kerja dengan menguasai soft skill tertentu. 

Misalnya dengan melatih kemampuan public speaking kamu nggak akan ragu-ragu lagi ketika harus mempresentasikan hasil kerjamu di hadapan atasan. Kamu juga akan lebih percaya diri dalam menyampaikan ide-ide kreatifmu di hadapan klien perusahaan. 

3. Lebih Mudah Beradaptasi

Menguasai berbagai jenis soft skill akan membuatmu jadi lebih mudah memahami orang lain serta situasi dan kondisi yang sedang terjadi di sekitarmu. 

Kemampuan tersebut akan sangat berguna jika kamu ingin beradaptasi dengan cepat dalam berbagai keadaan di tempat kerja. Hal ini tentunya juga meningkatkan efektivitas pekerjaanmu meskipun kamu karyawan baru dalam sebuah perusahaan. 

4. Potensi Dilirik oleh HRD

Mencantumkan soft skill yang sesuai dengan posisi pekerjaan yang dilamar akan membuatmu dilirik oleh HRD dalam pemindaian CV. 

Hal ini menjadi langkah awal yang akan membawamu pada proses seleksi selanjutnya dalam penerimaan karyawan. Meski demikian, pastikan kamu mencantumkan soft skill yang benar-benar kamu miliki karena HRD akan mengkonfirmasinya dalam wawancara atau tes. 

5. Memperluas Kesempatan Karier

Soft skill seperti leadership atau kepemimpinan sangat berperan penting dalam peningkatan kariermu, lho. 

Misalnya ketika atasanmu resign, perusahaan mungkin akan mempertimbangkanmu sebagai penggantinya alih-alih merekrut orang baru. Tentunya hal ini hanya akan terjadi jika kamu memperlihatkan kinerja dan juga penguasaan soft skill yang baik sejak awal. 

Contoh Pelatihan Soft Skill

Jika Sobat Cakap tertarik untuk mengikuti pelatihan soft skill, maka beberapa pelatihan berikut bisa banget dicoba, lho. 

1. Kepemimpinan

Leadership atau kepemimpinan adalah cara memotivasi orang lain untuk berkontribusi untuk mencapai kesuksesan bersama. Meskipun tidak dimiliki secara natural oleh semua orang, tetapi kemampuan kepemimpinan ini bisa banget kamu pelajari. 

Sobat Cakap yang semasa sekolah sering terlibat aktif dalam kepemimpinan organisasi atau komunitas mungkin sudah memiliki skill ini. Nah, kamu yang semasa sekolah dan kuliahnya tidak aktif berorganisasi, kamu bisa mempelajari skill ini melalui pelatihan dan pengalaman. 

2. Komunikasi

Komunikasi adalah bagaimana caramu untuk menyampaikan informasi atau gagasan kepada orang lain. Dalam dunia profesional kamu dituntut untuk dapat berkomunikasi secara efektif agar hubungan pekerjaanmu dengan berbagai pihak dapat berjalan dengan baik. 

Oleh karena itu, soft skill yang satu ini sangat penting dan akan menjadi penilaian utama sejak wawancara untuk suatu pekerjaan. Oleh karena itu, kamu wajib banget dapat berkomunikasi dengan efektif agar dianggap kompeten secara profesional. 

Yuk, Belajar Komunikasi Efektif untuk Mengembangkan Karier secara Profesional!

3. Pemecahan Masalah

Pemecahan masalah yang baik dibutuhkan untuk mengidentifikasi suatu permasalahan dari akarnya serta memberikan solusi efektif atas masalah tersebut. Karyawan yang memiliki kemampuan pemecahan masalah akan dapat bekerja secara lebih mandiri dan efektif. 

Sama seperti kemampuan komunikasi, biasanya HRD memiliki penilaian terhadap kemampuan pemecahan masalah sejak awal proses rekrutmen. Baik melalui pemberian contoh kasus dalam wawancara, maupun melalui tes kepribadian. 

4. Berpikir Kritis

Berpikir kritis mencangkup kemampuan untuk menganalisis dan menafsirkan data sehingga kamu nantinya dapat mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan dari suatu ide. Dengan keterampilan ini kamu dapat membuat pertimbangan yang bijak dan rasional dalam bekerja. 

Kemampuan berpikir kritis akan memudahkanmu dalam merealisasikan ide serta membuatnya dapat diterima. Oleh karena itu soft skill yang satu ini juga akan sangat bermanfaat dalam berbagai jenis pekerjaan. 

5. Public Speaking

Menyampaikan ide dan gagasan di depan orang banyak membutuhkan keterampilan khusus agar apa yang hendak disampaikan dapat dimengerti oleh audiens. Hal ini lah yang membuat kemampuan public speaking sangat penting untuk dikuasai, apapun jenis pekerjaannya. 

Salah satu penerapan public speaking dalam dunia kerja adalah presentasi. Hal ini lah yang membuat beberapa jenis pekerjaan menjadikan tes presentasi sebagai salah satu bagian dari proses rekrutmen. 

6. Manajemen Waktu

Pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat apabila kamu memiliki kemampuan manajemen waktu atau time management yang baik. Kamu akan tahu pekerjaan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu sehingga keseluruhan proses pekerjaannya jadi lebih efisien. 

Dengan memanfaatkan waktu secara efisien, produktivitas akan meningkat dan stress karena pekerjaan akan menurun. Kamu akan terbebas dari kerja berlebih yang tidak diinginkan sehingga kamu punya waktu untuk menikmati kehidupan pribadi. 

7. Negosiasi

Negosiasi adalah sebuah usaha yang dilakukan untuk mencapai kesepakatan bersama melalui diskusi dan kompromi. Ada banyak sekali pekerjaan yang membutuhkan kemampuan untuk bernegosiasi, terutama pekerjaan yang berkaitan dengan public relation dan marketing

Menguasai cara negosiasi yang baik akan membuat berbagai urusan dalam dunia kerja menjadi lancar. Skill yang satu ini tentunya juga bisa banget dilatih dengan lewat pelatihan soft skill yang diiringi dengan penerapannya dalam dunia nyata. 

Keterampilan Negosiasi Bikin Kamu Makin Percaya Diri! Ambil Kursusnya di Cakap Upskill!

8. Kolaborasi

Kolaborasi atau kerja sama tim sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan efektif dan efisien. Sebagus apapun kemampuan teknis milikmu, jika tidak bisa bekerja sama dengan orang lain, maka kamu akan sangat kesulitan untuk beradaptasi. 

Hampir semua jenis pekerjaan berhubungan dengan pekerjaan dan orang lain di perusahaan. Oleh karena itu kemampuan kolaborasi ini sangat diperlukan dalam dunia profesional dan menjadi nilai tambah jika dimiliki sejak awal. 

Pelatihan Soft Skill untuk Siapa Saja?

Setelah membahas tentang manfaat dan juga contoh pelatihan soft skill, Sobat Cakap mungkin bertanya-tanya siapa saja yang membutuhkan pelatihan soft skill. Jawabannya tentu saja semua orang yang ingin berkembang dan lebih kompeten secara profesional. 

Baik kamu yang saat ini sedang mencari pekerjaan, maupun kamu yang sudah bekerja, pelatihan soft skill sama pentingnya. Penguasaan soft skill akan memperlengkap skill set yang kamu miliki secara profesional.  

Tidak semua orang yang jago komunikasi bisa jadi pemimpin yang baik. Begitu pula dengan mereka yang jago memecahkan masalah, belum tentu terampil dalam melakukan negosiasi maupun public speaking

Dengan menguasai banyak soft skill, kesempatan untuk sukses dalam karier akan jadi jauh lebih besar. Oleh karena itu, pilihlah pelatihan soft skill yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan sehingga dapat mendukung kariermu kedepannya.

Nah, setelah mengetahui pentingnya pelatihan soft skill bagi pengembangan karier, sekarang waktunya bagi Sobat Cakap untuk in action, nih! Kamu bisa mengambil berbagai pelatihan soft skill di Cakap Upskill, lho! Yuk, daftar kursus soft skill sesuai kebutuhanmu sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.