Biaya Leadership Training serta Manfaat & Daftar Kegiatannya

leadership-training

We need leaders everywhere! Perlu ada seseorang yang bisa menunjukkan pada kita (perorangan atau per kelompok) cara tetap terorganisir, menyelesaikan proyek tepat waktu, membangun kepercayaan diri, dan lainnya. Di sinilah peran seorang leadership begitu dibutuhkan. Untuk menciptakan atau bahkan menjadi pemimpin hebat, seseorang perlu belajar banyak hal termasuk mengikuti leadership training.

Tidak semua orang memiliki karakteristik kepemimpinan alami, itulah alasan mengapa leadership training sangat penting. Di artikel ini, kita akan membahas secara tuntas mengenai apa itu leadership training, tujuan pelatihan, kegiatan atau aktivitas-aktivitasnya, serta kisaran biaya mengikuti leadership training.

Table of Contents

Apa Itu Leadership Training?

Leadership training adalah pengalaman pendidikan terstruktur yang dirancang khusus untuk membantu seseorang mengembangkan dan meningkatkan keterampilan kepemimpinannya.

Para pemimpin membutuhkan pelatihan untuk mengembangkan soft skill dan hard skill, tergantung kebutuhan organisasi. Misalnya, para pemimpin muda belajar bagaimana cara mengembangkan listening skill, management time, resolusi konflik, dan lainnya. Sedangkan para pemimpin senior mungkin memerlukan pelatihan untuk bisa mengikuti tren dan teknologi baru, seperti Artificial Intelligence dan VR.

Ada beberapa bentuk leadership training, yaitu:

  • Internal development program: adalah program yang membantumu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan pemimpin di organisasimu.
  • Mentorship: program yang memberikan peluang untuk belajar langsung dari para pemimpin di berbagai organisasi.
  • Leadership courses: program pendidikan online maupun offline yang membantu mengembangkan keterampilan kepemimpinan di organisasi mana pun. 

Leadership training mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama, namun dampaknya sangat besar karena bisa menjadi investasi berharga. Pemimpin yang sukses bisa membawa perusahaan ke jalur performa terbaiknya.

Baca juga: Apa itu Leadership? Ini Cara Mencapai dan Leadership Quotes Untukmu

Manfaat Pelatihan Kepemimpinan

Beberapa orang memerlukan bantuan ekstra untuk mengasah keterampilan kepemimpinan mereka, untuk itulah leadership training dibuat dan diciptakan. Berikut beberapa manfaat dari leadership training: 

(1) Mempelajari Berbagai Keterampilan yang Dibutuhkan Pemimpin

Manfaat atau tujuan utama leadership training adalah agar seseorang bisa belajar berbagai keterampilan kepemimpinan yang penting dan dibutuhkan pemimpin. Selain belajar hard skill dan soft skill, dalam program leadership training, para leader bisa belajar bagaimana merancang tim, melatih kolega, menyampaikan umpan balik, menangani situasi stress, memberdayakan karyawan, dan membangun hubungan yang kuat dengan partner bisnis. 

(2) Mendapatkan Masukan dari Pemimpin Berpengalaman

Pada program leadership training, kamu akan bertemu dengan banyak mentor yang mana adalah seorang pemimpin-pemimpin senior dan berpengalaman. Di sana kamu bisa belajar langsung dari ahli atau suhunya melalui diskusi langsung atau bertukar ide secara bebas.

(3) Menciptakan Kreativitas dan Inovasi

Seorang pemimpin sangat membutuhkan sifat kreatif dan inovasi yang tinggi. Tujuannya adalah agar mereka memiliki ide-ide yang fresh dan unik, berbeda dari yang lainnya. Dengan mengikuti leadership training, kamu akan berkesempatan untuk menciptakan dan memantik sifat-sifat tersebut.

(4) Make Better Decision

Last, but absolutely not least dari manfaat leadership training adalah “make better decision”. Mengikuti leadership training membantu seseorang untuk menghasilkan pengambilan keputusan yang lebih baik bagi tim atau perusahaan. Pemimpin yang memiliki kecerdasan emosional tinggi memiliki perspektif yang berbeda, ia mampu membuat keputusan bisnis yang cerdas dan terinformasi.

Pelajari lebih lanjut strategi leadership Bruce Tuckman di sini: Mengenal Strategi Leadership Bruce Tuckman

Temukan Bakat Terpendammu dan Kembangkan Bersama Cakap Upskill

Kegiatan-Kegiatan di Leadership Training

Ada banyak kegiatan dalam program pelatihan kepemimpinan. Beberapa di antaranya yang mungkin sangat common adalah sebagai berikut:

(1) Survival Leadership Activities

Dalam leadership training, biasanya ada kegiatan survival activities untuk calon pemimpin. Mereka akan dibagi menjadi dua tim dan diberikan beberapa situasi bertahan hidup, seperti bertahan hidup dalam kecelakaan pesawat, kapal karam, tersesat, dll. Aktivitas kepemimpinan ini sangat penting karena bisa merangsang pemikiran kritis, kreatif, dan strategis, serta bisa meningkatkan problem solving skill.

(2) What If

Kegiatan ini biasanya dilakukan dengan cara memberikan situasi hipotesis pada peserta leadership training. Kemudian mereka diminta untuk memberikan solusi terhadap masalah tersebut. Misalnya, bagaimana jika suatu hari kamu kehilangan klien penting dan membuat perusahaan merugi? Apa yang akan dilakukan?. Kegiatan ini bisa bermanfaat untuk menunjukkan rasionalitas, berpikir analitis, dan akuntabilitas.

Baca juga: Apa itu Upskilling? Ini Contoh, Manfaat, Bedanya dengan Reskilling

(3) Siapa Pemimpin yang Dikagumi

Di sela-sela training, biasanya peserta akan diberi pertanyaan mengenai siapa pemimpin yang mereka kagumi. Setelah peserta menyebut satu nama, biasanya dilanjutkan dengan pertanyaan alasan mengagumi pemimpin tersebut, serta menggambarkan karakteristik pemimpin yang disebutkan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengungkapkan sifat dan kualitas yang dapat ditiru setiap orang.

(4) Tugas Pemimpin

Kegiatan dalam leadership training selanjutnya adalah mengetahui “tugas pemimpin”. Para peserta training biasanya diberikan tugas untuk menyelesaikan proyek tertentu atau menulis esai dengan topik yang ditentukan.

(5) Meja Bundar

Kegiatan yang satu ini cukup populer dalam berbagai training. Meja bundar biasanya mengisyaratkan peserta yang sudah dibagi menjadi beberapa kelompok untuk berkumpul secara melingkar. Selanjutnya mereka akan diberikan tugas dan berdiskusi bersama.

Selain lima kegiatan tersebut, beberapa kegiatan lain yang mungkin ada atau dilakukan selama leadership training adalah sebagai berikut:

  • Presentasi
  • Diskusi konsultatif
  • Studi kasus
  • Sharing pengalaman
  • Action learning project

Program Leadership Training Terkenal yang Bisa Diikuti

Jika kamu sudah merasa siap untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan, berikut ada beberapa program leadership training terkenal yang bisa kamu coba:

(1) Dale Carnegie Training

Dale Carnegie adalah program pelatihan terkenal yang menawarkan berbagai program, salah satunya adalah “pelatihan kepemimpinan eksekutif dan terinspirasi”. Tujuan dari program pelatihan kepemimpinan ini adalah membantu para pemimpin mempelajari cara berkolaborasi, berkomunikasi, mencapai tujuan, membangun budaya kerja, dan lainnya. Di tempat training ini kamu juga akan belajar bagaimana menjadi pemimpin yang hebat dan bisa menemukan cara yang lebih inovatif dalam memimpin. Dan kabar gembiranya, Dale Carnegie Training sudah tersedia di Indonesia lho, kamu bahkan bisa mengikuti program online trainingnya.

(2) Mind Tools

Jika kamu ingin mengikuti program leadership training online, Mind Tools adalah solusinya. Mind Tools menawarkan beberapa konten di websitenya yang berisi artikel-artikel informatif dan bermanfaat khususnya tentang pendekatan kepemimpinan. Nah buat kamu yang ingin mendapatkan leadership training dalam bentuk kursus yang lebih mendalam, kamu bisa bergabung dengan Mind Tools Club.

(3) Mini MBA Online Program

Mini MBA Online Program adalah fast track untuk belajar lebih dalam tentang manajemen dan pengembangan bisnis, serta kepemimpinan. Beberapa kurikulum di Mini MBA yang sangat bermanfaat adalah Leadership, Strategy, dan Business Performance. Metode belajarnya mulai dari live class, hingga action learning project.

Di program ini, peserta akan belajar selama 21 sesi pertemuan dengan durasi waktu 13 minggu.

(4) Kelas Korporasi Cakap

Cakap menyediakan kelas pelatihan leadership untuk para karyawan dan calon pemimpin. Di sana ada berbagai program menarik, seperti agile leadership, managing difficult staff,change management for leader, coaching, dan lain sebagainya. Leadership training di Cakap tersedia dalam format hybrid, yaitu online dan offline kelas. Menarik, bukan, yuk coba cek kelasnya di kelas korporasi leadership Cakap!

Pelajari cara meningkatkan leadership di sini: Ingin Jadi Team Leader? Berikut 8 Cara Meningkatkan Leadership Skill Kamu

Biaya Mengikuti Leadership Training

Berapa sih biaya mengikuti leadership training? Ada beberapa faktor yang mempengaruhi besar kecilnya biaya untuk program leadership training, seperti durasi atau lamanya program, tempat atau lembaga yang dipilih.

Di beberapa platform training online, biaya untuk mengikuti program leadership training berkisar di angka 2.5 juta rupiah hingga 7 jutaan. Namun jika kamu mengikuti program training dengan durasi waktu yang lebih lama, seperti ikut kelas atau kursus, maka biayanya bisa jadi lebih mahal.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar leadership training. Mengikuti leadership training dapat membantu mengidentifikasi individu yang kemungkinan berpotensi besar menjadi pemimpin di masa depan. So, buat kamu calon pemimpin, program leadership training adalah pilihan terbaik yang harus kamu ikuti.

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.