13 Fasilitas yang Diharapkan Selain Gaji, Pelamar Kerja Wajib Tahu!

Saat melamar kerja, beberapa orang mungkin lebih berfokus untuk mengenal salary dan menentukan expected salary. Walau tak sepenuhnya salah, pelamar kerja sebaiknya juga harus mengetahui berbagai fasilitas yang diharapkan selain gaji.

Karena sebenarnya, perusahaan pun menawarkan beberapa benefit lain di luar gaji kepada calon karyawannya. Sebagai pelamar, tentu kamu dapat menegosiasi tunjangan fasilitas yang diharapkan saat interview atau ketika melakukan evaluasi tawaran pekerjaan.

Akan tetapi sepertinya, tidak banyak pelamar yang tahu akan hal ini. Nah kalau kamu salah satunya, yuk pelajari fasilitas dan tunjangan apa saja yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya dalam artikel berikut ini!

Table of Contents

Pentingnya Mengetahui Fasilitas yang Diharapkan Selain Gaji 

Pertama-tama, mungkin ada baiknya kamu mengetahui dulu alasan mengapa fasilitas yang diharapkan lebih penting dari gaji semata.

Dalam hal ini, keuntungan dari fasilitas kerja selain gaji sebenarnya tak hanya dinikmati oleh karyawan, namun perusahaan pun bisa mendapatkannya. Langsung saja, berikut penjelasannya.

Pentingnya Karyawan Mengetahui Fasilitas yang Diharapkan Selain Gaji 

Sebagai karyawan, beberapa keuntungan dari mendapatkan fasilitas yang diharapkan selain gaji adalah sebagai berikut:

  • Fasilitas kerja selain gaji dapat membuatmu merasa lebih nyaman sebagai karyawan sehingga bisa mendukung kinerja dan produktivitasmu.
  • Sebagai karyawan, kamu mempunyai hak atas fasilitas kerja selain gaji dari perusahaan.
  • Fasilitas kerja selain gaji dapat mendukung kesehatan, keluarga, dan masa depan keuanganmu.
  • Apabila ditawarkan gaji tinggi, kemungkinan besar tunjangan yang diberikan pun juga tinggi.
  • Fasilitas kerja selain gaji dapat menurunkan risiko jatuh sakit.

Pentingnya Perusahaan Memberikan Fasilitas yang Diharapkan Selain Gaji

Sementara bagi perusahaan, ada beberapa keuntungan dari memberikan fasilitas yang diharapkan selain gaji kepada para karyawannya, yaitu:

  • Meningkatkan produktivitas karyawan sehingga mereka dapat memberikan hasil kerja terbaik.
  • Perusahaan dapat merekrut sekaligus mempertahankan karyawan terbaik karena adanya fasilitas yang diharapkan selain gaji.
  • Loyalitas karyawan terhadap perusahaan akan meningkat karena mereka memiliki kepuasan kerja yang tinggi.
  • Meningkatkan daya tarik serta reputasi perusahaan di mata karyawan.
  • Membuat perusahaan terlihat lebih unggul dan berbeda dari para pesaing.
  • Meningkatkan kesejahteraan karyawan sekaligus menurunkan risiko mereka jatuh sakit.

Baca juga : Cara Menulis Gaji yang Diharapkan bagi Fresh Graduate dengan Sopan

13 Fasilitas yang Diharapkan Selain Gaji

Saat interview, sebagai pelamar kerja, kamu bisa menanyakan beberapa fasilitas yang diharapkan selain gaji seperti:

1. Asuransi Kesehatan dan Jiwa

Pertama, terdapat asuransi kesehatan dan jiwa yang dapat kamu tanya serta pertimbangkan terlebih dahulu.

Beberapa perusahaan biasanya memfasilitasi karyawannya dengan asuransi kesehatan BPJS milik pemerintah. Sementara sebagian lainnya, menyediakan asuransi kesehatan milik swasta.

Tersedianya fasilitas yang diharapkan berupa asuransi kesehatan dan jiwa dari perusahaan tentu akan membuat para karyawan tenang dalam bekerja.

2. Tunjangan Transportasi

Selanjutnya, tunjangan transportasi juga menjadi salah satu fasilitas yang diharapkan selain gaji paling banyak diinginkan oleh para karyawan. Saat bernegosiasi, pastikan untuk menanyakan seperti apa bentuk tunjangan transportasi yang disediakan oleh perusahaan. 

Pada umumnya, tunjangan transportasi ini juga meliputi jaminan akomodasi untuk perjalanan bisnis, mulai dari tiket pesawat, pemesanan kamar hotel, dan lain sebagainya.

3. Katering Makan Siang

Saat ini, memang sudah banyak perusahaan yang menyediakan katering makan siang sebagai fasilitas gratis selain gaji kepada para karyawannya.

Akan tetapi, apabila perusahaanmu belum menerapkannya, kamu bisa menanyakan apakah ada kompensasi berupa uang makan siang. Jika ada, tanyakan juga apakah hal tersebut sudah termasuk dalam gaji atau tidak.

4. Fleksibilitas Jadwal Kerja

Mengingat setiap perusahaan memiliki aturan serta ketentuan yang berbeda mengenai jadwal dan waktu bekerja, maka tak ada salahnya untuk menegosiasikan hal ini saat interview.

Kamu bisa menanyakan, apakah perusahaan mengizinkan karyawannya untuk hadir ke kantor lebih siang dari waktu yang telah ditentukan dalam kondisi tertentu? Tanyakan juga apakah ada kebijakan Work from Home atau WFH.

5. Tunjangan Tempat Tinggal

Kemudian, apabila perusahaan menghasurkanmu untuk bersedia ditugaskan di luar kota, tentu tunjangan tempat tinggal juga merupakan fasilitas yang diharapkan selain gaji.

Dalam hal ini, pastikan seperti apa tunjangan tempat tinggal yang akan mereka berikan, apakah berupa mes atau mungkin pembiayaan kontrak rumah.

6. Bonus Performa Kerja

Selain menguntungkan karyawan, bonus performa kerja di luar gaji pokok sebenarnya juga bisa memotivasi karyawan untuk meningkatkan produktivitas kerjanya.

Kamu bisa menegosiasikan hal ini saat interview pertama kali atau bahkan setiap tahun selama evaluasi kerja. Kemudian, pastikan agar bonus yang diberikan perusahaan bukan termasuk hitungan insentif dari keseluruhan gaji, ya.

7. Tunjangan Teknologi

Apabila pekerjaanmu berkaitan erat dengan bidang digital ataupun IT, tak ada salahnya lho untuk menanyakan fasilitas yang diharapkan selain gaji berupa tunjangan teknologi.

Jika perusahaan menyanggupi, tanyakan apakah benefit yang diberikan berupa pinjaman PC, pemberian laptop, atau perangkat pendukung lainnya.

Kemudian bila harus memakai milik sendiri, coba tanyakan juga bagaimana apabila sewaktu-waktu rusak?

Di sini, kamu bisa bernegosiasi dengan perusahaan mengenai kompensasi yang diharapkan apabila fasilitas milik pribadi rusak saat dipakai kerja. Jadi, pastikan untuk menanyakannya dengan jelas, ya.

8. Program Pengembangan SDM

Kemudian, untuk mengasah keterampilan dan kemampuan karyawan, beberapa perusahaan menyediakan fasilitas yang diharapkan berupa program pengembangan SDM. Sehubungan dengan ini, kamu bisa menanyakannya saat interview berlangsung.

Adapun beberapa program pengembangan SDM yang paling banyak disediakan oleh perusahaan adalah training atau workshop seperti leadership management training, pelatihan komunikasi, dan public speaking training.

Baca juga : Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan Perusahaan yang Efektif

9. Sponsor Beasiswa

Selanjutnya, beberapa perusahaan juga dapat menyediakan fasilitas yang diharapkan berupa sponsor beasiswa bagi karyawan teladan untuk melanjutkan jenjang pendidikannya di institusi tertentu.

Biasanya, fasilitas ini diberikan perusahaan dengan harapan agar karyawan terpilih dapat menyumbang kontribusi yang lebih besar nantinya. Setelah lulus, umumnya karyawan tersebut diharuskan untuk mengabdi kepada perusahaan selama jangka waktu yang telah disepakati.

10. Fasilitas Khusus untuk Pekerja Wanita

Fasilitas yang diharapkan selain gaji satu ini sebenarnya sudah diatur dalam undang-undang, lho. Yup, undang-undang sudah menginstruksikan kepada para perusahaan untuk menjamin hak-hak khusus pekerja wanita, seperti hak cuti haid, hamil, dan melahirkan.

Selain cuti khusus, tanyakan juga apakah perusahaan menyediakan fasilitas ruang menyusui, penitipan, atau ruang bermain anak.

11. Dukungan Kesehatan Mental

Sama seperti kesehatan fisik, kesehatan mental juga tidak boleh diabaikan. Oleh karena itu, beberapa perusahaan telah menyediakan fasilitas yang diharapkan selain gaji berupa dukungan kesehatan mental.

Kamu bisa menanyakan bagaimana bentuk dukungan kesehatan mental yang diberikan oleh perusahaan. Apakah berupa konsul gratis dengan psikolog atau mungkin perusahaan telah bekerja sama dengan lembaga kesehatan mental tertentu yang dapat diakses oleh karyawan.

12. Fasilitas Cuti Berbayar

Di tengah jadwal kerja yang padat, sebagai karyawan, tentu kamu membutuhkan waktu istirahat, bukan? Maka dari itu, coba tanyakan apakah perusahaan menyediakan fasilitas cuti berbayar.

Di beberapa perusahaan, fasilitas ini biasanya juga disebut sebagai paid leave. Hal ini penting untuk dipastikan sebab ada juga beberapa perusahaan yang hanya menyediakan unpaid leave atau cuti tidak berbayar.

13. Jaminan Hari Tua

Terakhir, fasilitas yang diharapkan dari para karyawan selain gaji adalah jaminan hari tua. Kini, beberapa perusahaan menyediakan jaminan hari tua pada karyawannya dalam bentuk uang pensiun atau pesangon.

Bahkan, sebagian perusahaan juga memberikan jaminan hari tua berupa saham dari perusahaan itu sendiri, di mana keuntungannya bisa diperoleh selama beberapa tahun ke depan.

Baca juga : 20 Contoh Pertanyaan Interview Kerja Terbaru & Cara Jawabnya

Itulah beberapa fasilitas yang diharapkan para karyawan selain gaji. Sekarang, kamu sudah tahu fasilitas dan tunjangan apa saja yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya. Selain dengan mengikuti peraturan yang ada di perusahaan, kamu juga bisa mendapatkan pekerjaan sampingan online jika kamu memperkaya diri dengan berbagai skill baru. 

Banyak skill yang bisa menghasilkan pendapatan tinggi dengan mengikuti kursus online bersertifikat di Cakap Upskill, lho. Jangan lewatkan kesempatan tersebut karena #SiapaCakapDiaDapat!

Referensi

  • Glints.com
  • Ekrut.com
  • Cakeresume.com 

Baca juga : 

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Pelajari Sales & Marketing, Leadership, Hingga Customer Service Untuk Tingkatkan Potensi Penjualan

Subcribe untuk Dapatkan Artikel Upskill lengkap.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap