Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan Perusahaan yang Efektif

cara-meningkatkan-kinerja-karyawan

Setiap perusahaan pasti mengharapkan dan menuntut kinerja optimal para karyawannya. Terlebih karena sebagian besar kemampuan perusahaan untuk mencapai tujuannya bergantung pada tingkat produktivitas dan kinerja para karyawan yang bersangkutan. Maka sangat penting untuk merancang struktur dan cara meningkatkan kinerja karyawan agar tim semakin berkembang.

Lantas, apa saja cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja karyawan? Simak penjelasan berikut yang dilengkapi dengan faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan dan cara meningkatkan kepuasan kinerja karyawan.

Table of Contents

Apa Itu Kinerja Karyawan?

Kinerja karyawan adalah hasil yang dicapai atas apa yang dikerjakan karyawan yang bersangkutan dalam sebuah perusahaan. Tentunya nilai keberhasilan di sini juga memiliki kriteria tertentu yang telah ditetapkan dalam bidang yang dikerjakan.

Tingkat keberhasilan karyawan dalam sebuah perusahaan juga dipengaruhi oleh tingkat kinerja karyawan secara pribadi maupun kinerja tim. Kinerja karyawan yang optimal akan berdampak baik bagi keberlangsungan produksi.

Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan

Sebagai perusahaan yang berdaulat dan matang, maka departemen sumber daya manusianya harus memahami betul apa saja faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan. Jika faktor tersebut sudah diketahui dengan jelas, maka selanjutnya akan ditemukan bagaimana cara meningkatkan kinerja karyawan. Let’s check this out!

(1) Skill dan Kemampuan yang Dimiliki

Salah satu hal yang paling utama dipertimbangkan perusahaan ketika akan menerima karyawan baru adalah skill dan kemampuannya. Skill dan kemampuan diri adalah faktor internal yang dibawa oleh masing-masing individu. Semakin baik skill yang dimiliki dalam pekerjaannya, maka akan semakin sempurna pula hasil kinerjanya.

(2) Pemimpin Perusahaan

Pemimpin, CEO, atau atasan di tempat kerja adalah panutan bagi karyawannya. Arahan dan bagaimana cara mereka memimpin akan sangat berpengaruh bagi kinerja karyawan. Ketika mereka memiliki pemimpin yang mengayomi, hangat, dan smart dalam menjalankan kepemimpinannya, maka karyawan akan lebih semangat dan bisa bekerja dengan sepenuh hati.

(3) Lingkungan Kantor

Berbicara tentang lingkungan kantor, tidak hanya berkaitan dengan para rekan kerja yang setiap hari ditemui, tapi juga dengan tempat kerja para karyawan. Rekan kerja yang sportif dan mampu diajak bekerja sama dengan baik akan membuat karyawan lebih semangat dan termotivasi. Sedangkan tempat kerja yang bersih dan nyaman, akan membuat karyawan lebih betah berlama-lama di ruangan.

(4) Pekerjaan yang Diemban

Beban dan tanggung jawab pekerjaan yang diemban juga menjadi satu dari banyaknya faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan. Jika seorang karyawan diberikan tugas yang overload maka kualitas pekerjaannya bisa jadi kurang optimal. Lain halnya jika beban kerja yang diberikan sesuai dengan kemampuan karyawan, kinerjanya pasti akan lebih berkualitas dan totalitas.

So, sebagai pemimpin atau atasan yang baik, harus memperhatikan dan mempertimbangkan batas kapasitas kemampuan masing-masing karyawannya.

(5) Reward yang Diberikan

Reward yang diberikan bisa saja berupa bonus atau penghargaan. Memberikan bonus dan penghargaan pada karyawan dapat membuat mereka merasa dihargai dan diapresiasi atau kerja kerasnya. Jika karyawan bahagia dan puas dengan reward yang diberikan, mereka tentu akan lebih semangat dalam bekerja.

cara-meningkatkan-kepuasan-kinerja-karyawan
Photo from Freepik

Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan yang Efektif

Dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan, perusahaan dapat menerapkan beberapa strategi. Berikut ini ada beberapa cara efektif yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja karyawan dalam sebuah perusahaan.

(1) Sesuaikan Skill yang Dimiliki dengan Tugas yang Diberikan

Mengerjakan tugas atau pekerjaan yang sesuai dengan bidang keahlian atau skill tentu akan lebih mudah diselesaikan. Selain berkaitan dengan hasil pekerjaan yang memuaskan, berpengaruh juga untuk memaksimalkan efisiensi. So, sebelum menunjuk karyawan untuk melakukan sebuah tugas, pikirkan dulu apakah mereka orang yang paling cocok untuk mengerjakan tugas/pekerjaan tersebut.

(2) Berikan Feedback dan Masukan yang Membangun

Memberikan feedback dan masukan dapat membantu karyawan memahami bagaimana agar kinerja mereka sesuai dengan harapan perusahaan atau atasan. Beritahukan hal apa yang harus diperbaiki dan hal apa yang dirasa sudah baik dalam kinerja karyawannya.

Dan jangan lupa, setelah memberikan feedback atau masukan, tanyakan pada karyawan kiranya hal apa yang masih belum jelas dan apa yang harus atasan lakukan untuk membantu mereka berkembang.

(3) Adakan Evaluasi Secara Rutin

Evaluasi secara berkala dapat mengetahui efektivitas dari kinerja karyawan selama kurun waktu tertentu. Dari evaluasi ini, para atasan dapat memantau apakah ada peningkatan atau jutsu penurunan kinerja karyawannya. Dengan adanya evaluasi, akan ditemukan solusi yang bisa meng-upgrade individu dan tim dalam kinerja selanjutnya. Evaluasi bisa diadakan setiap satu minggu atau satu bulan sekali melalui rapat khusus.

(4) Sering Mengadakan Training/Pelatihan Karyawan

Cara meningkatkan kinerja karyawan selanjutnya adalah dengan mengadakan training atau pelatihan untuk mengembangkan potensi karyawan. Berikan karyawan kesempatan untuk belajar dan mengembangkan keterampilan mereka. Berinvestasi dalam pengembangan karyawan akan sangat menguntungkan bagi perusahaan, karena hal tersebut dapat menumbuhkan dan memperkuat kinerja karyawan.

(5) Penuhi Hal-Hak Karyawan

Apa saja sih hak-hak karyawan? Untuk meningkatkan kinerja para karyawannya, perusahaan wajib memenuhi hak-hak mereka. Hak-hak dasar yang harus diberikan pada karyawan, seperti gaji pokok yang rutin dibayarkan, cuti tahunan, asuransi, jaminan sosial, dan lain-lain. Ketika hak sudah dipenuhi, maka kewajiban karyawan untuk bekerja secara optimal akan dengan senang hati ditunaikan.

(6) Memiliki Orientasi Tujuan yang Jelas dan Konsisten

Untuk dapat meningkatkan kinerja karyawan, perusahaan dan atasan harus memiliki harapan dan tujuan yang eksplisit. Beritahu pada karyawan goals atau tujuan akhir seperti apa yang ingin dicapai. Jika tujuan sudah didefinisikan dengan jelas, karyawan akan lebih produktif dalam bekerja karena sudah memahami dengan jelas alur kerja dan goalsnya.

(7) Jenjang Karier yang Jelas

Prospek promosi dan jenjang karier yang pasti dapat menjadi insentif yang sangat efektif bagi para karyawan untuk meningkatkan kinerja mereka. Jenjang karier yang bukan hanya sekedar iming-iming belaka akan membuat karyawan lebih semangat dan berlomba-lomba mengerjakan pekerjaan dengan sebaik mungkin.

Cara Meningkatkan Kepuasan Kinerja Karyawan

Perusahaan yang baik, tidak hanya melulu mementingkan bagaimana cara meningkatkan kinerja karyawannya saja. Mereka juga perlu memikirkan tentang bagaimana cara meningkatkan kepuasan kinerja karyawan. Yuk, simak tipsnya!

(1) Rutinitas dan Ruang Kerja yang Menyenangkan

Cara meningkatkan kepuasan kinerja karyawan yang pertama adalah membangun rutinitas dan ruang kerja yang menyenangkan. Pertimbangkan cara-cara, seperti mengadakan jadwal kegiatan tim, makan siang bersama, memainkan musik instrumental, bila perlu menyediakan snack dan makanan ringan di ruang kerja.

(2) Jadilah Fleksibel

Jadilah fleksibel dan berikan otonomi pada karyawan yang bersangkutan untuk mengatur jadwal dan pekerjaan mereka sendiri. Fleksibilitas dari segi peraturan yang ditetapkan oleh perusahaan juga akan membuat karyawan tidak mudah tertekan dan stres.

(3) Cari Tahu Apa yang Diinginkan Karyawan

Tidak hanya keinginan perusahaan saja lho yang harus dipentingkan. Keingin dari karyawan juga harus diperhatikan guna meningkatkan kepuasan kinerja mereka. Untuk mencari tahu apa yang diinginkan karyawan, perusahaan bisa menggunakan survei dan wawancara kepada karyawan tentang apa yang paling dibutuhkan dan menjadi harapan mereka.

(4) Tinjau Paket Gaji dan Tunjangan

Tinjau secara berkala (setiap tahun) paket gaji dan tunjangan karyawan. Apabila karyawan mengungkapkan ketidakpuasan dengan gaji dan tunjangan yang diberikan, maka perusahaan bisa memikirkan ulang untuk meninjau struktur gaji dan opsi apa yang bisa ditawarkan. Hal tersebut juga tentunya bisa dipertimbangkan dari segi seberapa baiknya kinerja karyawan dan faktor lainnya.

(5) Training & Pelatihan

Tidak hanya gaji dan tunjangan, fasilitas training & pelatihan juga menjadi salah satu aspek kepuasan karyawan. Karena mereka mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan skill & berkembangan.
 
Pelatihan apa saja yang kira-kira dibutuhkan karyawan? Kelas Cakap Korporasi ini bisa jadi inspirasimu untuk membuat kelas pelatihan di perusahaan.
  1. Kelas Bahasa Inggris
  2. Kelas Bahasa Mandarin
  3. Kelas Sales
  4. Kelas Digital Marketing
  5. Kelas Leadership
  6. Kelas Costumer Service
 

Itulah penjelasan lengkap tentang apa itu kinerja karyawan, cara meningkatkan kinerja karyawan, dan faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan. Tentunya, untuk mendapatkan hasil kinerja yang maksimal, perusahaan dan karyawan harus saling berperan.  Nah, untuk para atasan, departemen sumber daya manusia, dan HRD yuk coba ikutan pelatihan untuk mengembangkan potensi karyawan!

Referensi:
-indeed.com
-smartpresence.id
-lifepack.id
-glints.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.