Apa itu Leadership? Ini Cara Mencapai dan Leadership Quotes Untukmu

leadership adalah kunci kesuksesanmu

Kamu pasti udah familiar dengan skill yang satu ini kan? Leadership adalah skill utama dalam memimpin sebuah organisasi. Biasanya kesuksesan suatu organisasi ditentukan oleh skill leadership dari pemimpinnya, lho!

Banyak yang anggep enteng skill ini, padahal sebenarnya jauh lebih sulit dari yang dibayangkan. Soft skill ini berguna untuk banyak hal salah satunya di dunia kerja. Sebelum kamu mengetahui lebih tentang leadership, yuk kenali dulu apa itu leadership.

Apa itu Leadership?

Menurut Rivai (2004) dalam bukunya yang berjudul Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, leadership adalah seni memengaruhi serta mengarahkan orang dengan cara kepatuhan, kepercayaan, kehormatan, dan kerjasama dalam mencapai suatu tujuan bersama. Jadi sederhananya, leadership merupakan kemampuan seseorang dalam menggerakan kelompok untuk mencapai kepentingan bersama, guys!

Ada beberapa unsur utama yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin, antara lain:

  • Pengaruh
  • Kekuasaan
  • Wewenang
  • Pengikut
 

Cara Meningkatkan Skill Leadership

Kamu mau memimpin sebuah organisasi tapi merasa skill leadershipmu belum memadai? Takut malah membawa pengaruhi buruk untuk organisasi? Eits, tenang tenang. Skill leadership bisa diasah kok!

Sama seperti soft skill lain, siapapun bisa memiliki kesempatan untuk memiliki skill leadership. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk improve skill leadershipmu:

Tentukan goals

Dalam menjalankan sebuah organisasi, pemimpin wajib memiliki perencanaan yang matang. Perencanaan berguna untuk arah gerak sebuah organisasi. Tujuan apa yang ingin dicapai oleh seorang pemimpin dalam jangka waktu tertentu.

Agar perencanaanmu efektif, ajak anggotamu untuk berpartisipasi sehingga teamwork bisa dibangun sejak awal. Pastikan kamu menerima secara profesional tiap input yang diberikan anggotamu.

Berkomunikasi dengan orang lain

Komunikasi penting dalam setiap hal tak terkecuali menjadi seorang pemimpin dalam sebuah organisasi. Bangun komunikasimu dengan anggota tim, komunikasi yang baik dapat menghasilkan sebuah kepercayaan.

Untuk membangun komunikasi yang efektif, kamu perlu menentukan terlebih dahulu strategi komunikasi yang kamu pakai. Percakapan singkat dengan anggota-anggotamu bakal ngasih pengaruh positif untuk organisasimu.

Membagi tugas secara efektif

Dalam sebuah organisasi, tiap anggota dituntut untuk bekerjasama tak terkecuali pemimpinnya. Setelah membuat perencanaan, seorang pemimpin perlu mendelegasikan tugas untuk tiap anggotanya. 

Delegasi adalah praktik memberikan tugas dan wewenang kepada seseorang. Dalam mendelegasikan tugas, kamu perlu membangun kepercayaan antar tim. Delegasi sangat penting bagi organisasi agar organisasi bisa berjalan secara efektif dan efisien.

Bangun self-empathy

Empati penting banget dimiliki seorang pemimpin karena ada kalanya anggota butuh perhatian dari seorang pemimpin. Empati berbeda dengan simpati, lho! Perbedaannya, jika kamu merasa empati artinya kamu dapat merasakan keadaan emosional orang lain. Sedangkan simpati hanya sebatas merasa peduli pada keadaan seseorang. Jadi orang yang simpati belom tentu empati.

Integritas

Integritas adalah sebuah sikap yang dapat mempertahankan konsistensi dalam menjalankan sesuatu hal atau nilai-nilai yang dijunjung. Sederhananya, seorang yang berintegritas adalah orang yang tidak plin-plan dan dapat menepati omongan.

Baca Juga: Mulai Sekarang Jadi Orang yang Lebih Open Minded Yuk!

Leadership Quotes

Berikut ini beberapa kalimat dari beberapa tokoh termasuk tokoh indonesia yang menginspirasi yang bisa kamu jadikan bahan referensi ketika memberikan motivasi pada anggotamu:

1. “If you can’t fly, then run. If you can’t run, then walk. If you can’t walk, then crawl. But all by means, keep moving.”Martin Luther King Jr.

2. “The people who are crazy enough to think they can change the world are the ones who do”Steve Jobs

3. “Anything you can imagine, you can create”Oprah Winfrey

4. “Orang yang meraih kesuksesan tidak selalu orang yang pintar,  tapi orang yang selalu meraih kesuksesan adalah yang gigih dan dan pantang menyerah”Susi Pudjiastuti

5. “Be fearless!  Walaupun ada rintangan, kita pasti bisa melewati itu semua apa pun hambatannya”Nadiem Makarim

Meskipun leadership lekat kaitannya dengan seorang pemimpin, tapi kamu engga perlu menunggu menjadi seorang pemimpin untuk mengembangkan kemampuan ini. Untuk mengasah skill ini kamu bisa lho mengikuti berbagai kegiatan seperti ikut organisasi atau menjadi volunteer diberbagai event.

Masih banyak guys soft skill yang bisa kamu asah, engga cuma leadership aja. Contohnya skill berbahasa asing. Sekarang udah banyak nih orang yang polyglot atau menguasai beberapa bahasa asing. Nah, kamu jangan mau kalah dong!

Belajar bahasa inggris sekarang udah mudah kok, bahkan udah bisa lewat smartphone. Kaya di Cakap, sebuah aplikasi belajar bahasa inggris, kamu bisa belajar bahasa inggris dan bahasa asing lainnya. Udah gitu kamu juga bisa gabung Cakap Club, jadi bisa sekalian asah conversational skillmu dengan teman baru. 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.