Apa itu Housekeeping? Ini Tugas, Skill Penting dan Artinya

housekeeping adalah

Berlibur ke tempat yang jauh dari rumah dan bermalam di sebuah penginapan biasanya merupakan hal lumrah ketika sedang liburan. Di sebuah penginapan itulah peran penting seorang housekeeping bisa kamu rasakan. Housekeeping adalah seseorang yang berhubungan dengan pemeliharaan dan penginapan.

Nah kira-kira apa ya definisi housekeeping selengkapnya? Lalu apa saja tugas housekeeping? Artikel ini akan menjawab semua kalimat tanya itu. So, let’s check it out!

Table of Contents

Pengertian Housekeeping

Housekeeping adalah gabungan dari dua kata, yaitu “house” dan “keeping” masing masing di antaranya memiliki arti “rumah” dan “pemelihara”. Jika digabungkan maka pengertian dari housekeeping adalah orang atau departemen yang mengurus dan memelihara suatu penginapan atau hotel. Housekeeping akan menjadi penolong yang membantu menyempurnakan staycationmu.

Dalam bahasa Indonesia sendiri, housekeeping artinya “tata graha”. Tidak hanya mengurus dan memelihara suatu penginapan, tugas housekeeping tidak lain juga mencakup perawatan dan pembersihan seluruh tempat penginapan termasuk di dalamnya taman.

Apa perbedaan housekeeping dan cleaning service?

Tidak sedikit orang yang menganggap kedua profesi ini merupakan hal yang sama. Namun housekeeping dan cleaning service adalah pekerjaan yang berbeda. Cleaning service kebanyakan hanya mencakup tugas membersihkan tempat saja. Sedangkan, cakupan tugas housekeeping lebih besar dan beragam, yaitu mulai memperhatikan kebersihan suatu tempat dan lingkungan sekitarnya.  

Tanggung Jawab dan Tugas Housekeeping

Setelah sebelumnya membahas secara garis besar bahwa housekeeping adalah seorang yang bertugas memelihara dan merawat hotel/penginapan. Sekarang saatnya kamu mengetahui secara detail tanggung jawab dan tugas-tugas yang diemban seorang housekeeping.

Tugas harian seorang housekeeping adalah yang pengerjaannya tentu butuh profesionalisme dan keahlian. Dari mulai menyiapkan kamar untuk tamu (menatanya menjadi lebih rapi dan indah), membersihkan lokasi dan tempat yang akan digunakan, serta memastikan kebersihan linen hotel.

Setiap pagi, para housekeeping menghubungi Front Officer untuk menanyakan mengenai pemesanan kamar pada hari tersebut. Mereka juga melakukan pendataan barang-barang yang rusak atau hilang untuk kemudian diganti.

Department Housekeeping

Housekeeping memiliki pembagian seksi dalam departemennya. Hal tersebut tentu bertujuan agar seluruh jobdesk bisa berjalan dengan lancar dan tertata. Pembagian departemen housekeeping adalah sebagai berikut; 

Public Area Section

Seksi ini bertanggung jawab untuk memastikan kerapihan, kebersihan, dan kenyamanan seluruh tempat dan ruangan yang bisa diakses oleh public, baik di dalam hotel maupun area di luar hotel. Departemen ini juga bertanggung jawab atas restaurant, lobby, dan restroom.

Room Section

Jika public area section bertanggung jawab atas tempat yang dapat diakses oleh publik, maka seksi ini bertugas untuk tempat pribadi para tamu, yaitu kamar hotel. Merekalah yang menyiapkan kebutuhan kamar para tamu hotel yang juga secara otomatis akan sering berinteraksi dengan para tamu.

Laundry Section

Seksi laundry bertugas untuk memastikan semua linen-linen kebutuhan kamar hotel, restaurant, dan meeting room bersih dan tidak kotor. Mereka juga bertanggung jawab menyediakan seragam-seragam bersih bagi para karyawan hotel.

Linen Section

Salah satu seksi housekeeping adalah linen section. Seksi ini bertugas untuk menyediakan linen untuk hotel serta mengelola sirkulasi.

Florist Section

Seksi ini selalu berhubungan dengan bunga-bunga dan dekorasi yang indah. Mengapa demikian? Karena florist section bertanggung jawab merangkai bunga-bunga cantik, memastikan dekorasi ruangan terlihat lebih indah dan menarik.

Gardener Section

Gardener section bertanggung jawab untuk mengurus tanaman-tanaman yang ada di hotel, baik tanaman yang ada di luar hotel, maupun tanaman-tanaman yang ada di dalam hotel.

Etika Housekeeping

Setiap hal, baik pekerjaan atau tempat tinggal pasti memiliki sebuah aturan. Apa saja aturan housekeeping yang perlu kamu ketahui? Bagi kamu yang suka jalan-jalan dan bermalam di penginapan/hotel, wajib mengetahui peraturan ini!

Tidak Semua barang di Hotel Boleh Dibawa

Biasanya hal ini sering terjadi, para tamu membawa beberapa barang dari hotel yang sebenarnya tidak boleh dibawa. Kamu boleh membawa benda-benda sekali pakai, seperti sikat gigi dan sandal. Namun, benda elektronik, ornamen, handuk, selimut, dan sprei tidak boleh dibawa pulang. Benda-benda tersebut akan dicuci dan kemudian dipakai kembali.

Jangan Tinggalkan Barang Berharga di Kamar

Para tamu hotel wajib menjaga barang-barang berharga dan milik pribadinya sendiri. Jika kamu ingin keluar kamar atau meninggalkan kamar hotel, lebih baik barang-barang berhargamu juga dibawa. Namun, apabila kamu merasa kerepotan dengan barang-barang tersebut, pilihan paling aman adalah menitipkannya pada resepsionis.

Jaga Kesopanan

Sebagai seorang tamu, sudah selayaknya selalu mengindahkan nilai kesopanan dan menebarkan keramahtamahan. Terlebih mengingat para housekeeping yang begitu ramah dan mengutamakan pelayanan. Selain keramahtamahan, nilai kesopanan yang bisa ditunjukkan para tamu adalah dengan tidak membuang sampah di kamar hotel secara sembarangan.

Skill yang Harus Dimiliki Housekeeping

Berbicara mengenai skill dan housekeeping pasti tidak akan lepas dari “hospitality”. Sebagai seseorang yang disebut “wajah penginapan” sudah selayaknya mereka memiliki skill yang merupakan kunci. Beberapa skill berikut perlu kamu miliki

Hard skill 

  • Menyapu, vacuuming, dan membersihkan lantai
  • Membersihkan karpet
  • Melakukan deep cleaning
  • Membersihkan kaca jendela
  • Pembersihan kamar mandi dan kamar tidur
  • Memasang linen dan perlengkapan tidur
  • Membersihkan kuman di kawasan tersebut

Soft skill

  • Time management
  • Komunikasi
  • Ketelitian
  • Fleksibel
  • Disiplin
  • Ramah
  • Skill customer service
  • Mengenali peralatan dan bahan yang tepat untuk pembersihan

Karena sebagai seorang housekeeping, mereka butuh berkomunikasi dengan para tamu. Tentunya komunikasi tersebut harus berlangsung dengan baik dan dilakukan dengan penuh keramahan. Buat kamu yang ingin belajar dan memperdalam skill hospitalitymu, ini waktu yang tepat untuk memulainya. Ikuti kelas karyawan bahasa inggris atau kelas prakerja Cakap dan pilih kelas skill mana yang paling cocok untukmu di masa depan.

Sekarang kamu sudah memahami bukan bahwa housekeeping adalah orang yang kehadirannya begitu penting dalam sebuah penginapan/hotel? Gimana? Apakah kamu tertarik menjadi seorang housekeeping handal dan profesional?

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.