7 Ide THR Lebaran Unik tanpa Amplop untuk Anak-anak

ide thr lebaran untuk anak
7 Ide THR Lebaran Unik tanpa Amplop untuk Anak-anak

Dua minggu sudah berlalu sejak memasuki bulan Ramadan, tidak terasa sebentar lagi umat muslim akan merayakan lebaran Idulfitri. Sudah jadi tradisi lebaran di Indonesia di mana orang dewasa yang sudah bekerja berbagi angpao atau hadiah uang “THR” dengan anak-anak.

Biasanya uang THR akan dimasukkan ke dalam amplop bergambar karakter seperti Doraemon, BoBoiBoy, dan karakter kesukaan anak-anak lainnya. Nominal yang dimasukkan pun beragam, mulai dari 2.000 sampai 20.000. Nah, biar tahun ini semakin berkesan, intip beberapa ide THR tanpa amplop untuk anak-anak, yuk! 

1. Makanan Ringan/Snack

Anak-anak sangat menyukai camilan atau snack, jadi kamu bisa menyelipkan beberapa makanan ringan dan uang angpao THR tersebut dalam tas kecil transparan. Jika ingin lebih simpel dan praktis, maka kamu juga bisa mengikat atau menempel langsung uang angpao pada kemasan makanan ringannya. 

2.  Permen

Tidak ada anak yang tidak menyukai permen. Rasa manis dari berbagai rasa buah dan warna yang menarik adalah faktor utama kenapa permen digemari. Biasanya tangkai permen selalu polos. Nah, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut dengan menghiasinya dengan melilitkan uang angpao di tangkainya. 

thr lebaran tanpa amplop
Photo by EmAji from Pixabay

3. Pensil Warna atau Krayon

Bagi anak-anak yang senang menggambar, kamu bisa mengikat uangnya di pensil warna atau krayon. Selain menambah uang jajan mereka, kamu juga secara tidak langsung mendukung hobi dan membantu mereka meningkatkan kreativitasnya.

4. Tempat Makan atau Minum

Anak-anak yang berusia sekolah sering membawa bekal, biasanya sebelum makan siang mereka akan saling memuji kotak bekal teman sebelahnya. Nah, kamu juga bisa memberikan anak-anak tersebut kotak makan atau minum dan menyelipkan THR mereka di sana.

5. Buket Bunga

Jika kamu tipe orang yang suka merangkai sesuatu, kamu bisa jadikan buket bunga sebagai salah satu ide THR lebaran kali ini. Kamu bisa menyusun atau merangkai uang-uang tersebut menjadi bentuk yang indah dan unik sehingga anak-anak pun akan semakin senang menerimanya. 

thr lebaran anak
Photo by Ekoanug from Pixabay

 6. Celengan

Berbeda dari sebelumnya kamu bisa memberikan mereka uang beserta celengannya. Dengan ini kamu akan sekaligus memfasilitasi dan mendukung mereka untuk menabung sejak usia dini untuk dapat membeli apa yang mereka inginkan. 

7. Mainan

Bermain adalah hal yang tidak lepas dari anak-anak, terutama di usia sekolah TK dan Sekolah Dasar. Oleh karena itu, memberikan mainan sebagai hadiah bersama uang THR tentu saja akan jadi hal yang sangat berkesan buat mereka. 

8. Aksesoris

Kamu punya banyak keponakan dan sepupu perempuan? Anak perempuan biasanya menyukai aksesoris terutama yang menurut mereka lucu dan manis. Kamu bisa banget menyelipkan uang THR bersama dengan aksesoris seperti jepitan atau bandana untuk mereka. 

nominal thr anak
Photo by WonderfulBali from Pixabay

9. Alat Tulis

Pensil dan pulpen adalah alat tulis yang tidak lepas dari anak usia sekolahan. Oleh karena itu, mengikatkan angpao THR pada alat-alat ini pun akan menjadi sesuatu yang bermanfaat dan berkesan untuk anak-anak. 

10. Oleh-oleh

Bagi para perantau yang akan melakukan mudik lebaran ke kampung halaman, kamu juga bisa menyisipkan THR pada oleh-oleh, lho. Hanya saja jika oleh-olehnya berupa aksesoris, kamu mungkin tidak bisa memberikannya kepada anak balita. 

Nah, itulah beberapa kreasi ide THR lebaran unik tanpa amplop untuk anak-anak yang bisa kamu cobain untuk lebaran tahun ini. Jangan lupa untuk menyesuaikan pemberianmu dengan usia anak-anak yang nantinya akan menerima THR darimu, ya! 

Selain memberikan THR berupa hadiah makanan, benda, atau uang, kamu juga bisa menghadiahkan voucher belajar bahasa asing, lho. Terutama untuk saudara-saudara yang sudah menginjak remaja yang tidak lagi tertarik dengan hadiah-hadiah kecil. Selamat mencoba!

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.