Tradisi Lebaran di Indonesia, Dari THR Hingga Mudik

tradisi Lebaran di Indonesia
tradisi Lebaran di Indonesia

Tradisi lebaran di Indonesia akan menghiasi kehadiran hari raya Idul Fitri sepeninggal bulan suci Ramadhan. Hari raya Idul Fitri atau biasa kita sebut Lebaran akan terasa hampa tanpa adanya tradisi yang memeriahkan, begitu pula ibadah puasa tanpa tradisi ramadhan di Indonesia. 

Selain merupakan ajang silaturahmi, lebaran juga menjadi momen tersendiri bagi umat Islam untuk berbagi kebahagiaan. Tak terkecuali di luar negeri, suasana lebaran terasa sangat istimewa disertai dengan tradisi ramadhan di berbagai negara yang unik.

Berikut rangkuman tradisi lebaran di Indonesia. Let’s check it out!

Berbagai Tradisi Lebaran di Indonesia yang Ditunggu-tunggu

1. Takbiran

takbiran
source: inews

Kedatangan hari raya Idul Fitri selalu ditandai dengan gema kumandang takbir. Takbiran menjadi salah satu wujud syukur kepada Allah SWT karena telah diberi kesempatan untuk menjalani ibadah puasa sebulan penuh dan dipertemukan dengan hari raya Idul Fitri yang suci dan penuh ampunan. Biasanya takbiran dilakukan sambil menabuh bedug. Ada juga yang mengadakan parade takbiran sambil jalan kaki keliling kota.

2. Baju Lebaran

baju lebaran
source: shopee

Perayaan hari raya Idul Fitri selalu identik dengan baju lebaran. Meski hanya sekedar simbol, banyak orang yang berburu pakaian tiap kali hari raya Idul Fitri tiba. Tidak lain tidak bukan sebagai tanda kesiapan menyambut Idul Fitri dengan mengenakan pakaian terbaik dan cerminan pribadi baru di hari lebaran. 

3. Makan Ketupat Lebaran

ketupat
Source: Mufid Majnun on Unsplash

Lebaran kurang afdal tanpa makan ketupat lebaran. Ketupat biasanya disandingkan dengan gorengan. Eitsss, tapi itu hanya berlaku untuk sarapan pagi.  Beda halnya pada saat hari raya Idul Fitri, ketupat dihidangkan bersama lauk berkuah yang dibuat dari daging seperti opor ayam, semur hingga rendang daging sapi. Wah ngebayanginnya aja udah bikin ngiler!

4. Kue Lebaran

kue lebaran

Yuk kita absen satu-satu, nastar, putri salju, kastengel keju, sagu keju, semprit, dan masih banyak lagi. Belum lagi biskuit kaleng Khong Guan, Monde Butter Cookies, Astor, Nissin Wafer, toples isi Rengginang, minimal salah satunya sudah standby di meja ruang tamu. Kalau tidak ada sama sekali, kemungkinan besar masih disembunyikan oleh tuan rumah di dalam lemari.

5. Mudik

mudik lebaran

Hari raya Idul Fitri menjadi momentum bagi umat muslim untuk saling bersilaturahmi. Secara khusus, banyak orang yang memanfaatkan momen lebaran sebagai waktu untuk membangun quality time bersama orang tersayang. Maka dari itu salah satu dari mereka senantiasa berkunjung atau mudik demi bertemu dan melepas rindu dengan keluarga.

Walaupun Lebaran tahun ini kita mungkin tidak bisa mudik dan berkumpul dengan keluarga, kamu masih bisa kok membagikan kebahagiaan dan mengirimkan ucapan Idul Fitri dalam bahasa Inggris secara virtual. Jadi jangan sedih ya!

6. Halal bi Halal

halal bi halal lebaran

Di bulan yang suci ini, kita harus saling memaafkan satu sama lain. Inilah yang menjadi tujuan dari halal bi halal. Betapa indahnya saling bersalaman, merangkul, dan introspeksi diri atas segala kesalahan baik terhadap keluarga pribadi maupun warga di lingkungan sekitar. 

Momen langka seperti ini sudah sepatutnya kita gunakan untuk menjaga habluminannas. Karena saat ini tidak bisa bertemu dan bersalaman secara langsung, bermaaf-maafannya bisa dilakukan lewat telepon, chat, atau video-call

7. Bagi-Bagi THR

ide thr lebaran untuk anak
7 Ide THR Lebaran Unik tanpa Amplop untuk Anak-anak

Tradisi bagi-bagi THR (Tunjangan Hari Raya) adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh para pekerja. Namun THR ternyata bukan hanya ditunggu oleh pekerja saja, tetapi juga anak-anak. 

Dalam hal ini biasanya saudara yang sudah berpenghasilan akan membagikan sebagian THR-nya kepada adik, sepupu, atau keponakan. Adapun pemberian THR memang sudah menjadi tradisi karena merupakan budaya turun temurun dalam rangka berbagi rezeki dan kebahagiaan.

8. Ziarah Kubur

ziarah kubur
Source: Kompas.com

Ziarah kubur menjadi salah satu tradisi lebaran di Indonesia yang menjadi rutinitas sebagian besar umat Islam di Indonesia saat hari lebaran. Ziarah kubur dimaksudkan untuk mendatangi makam keluarga atau kerabat yang telah meninggal dunia lebih dulu serta memanjatkan doa agar senantiasa diberikan ampunan dan keselamatan oleh Allah SWT.

Itulah ulasan singkat mengenai tradisi lebaran di Indonesia. Mari kita sambut lebaran dengan penuh sukacita. Selamat hari raya Idul Fitri. Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Baca Juga: Bahasa Inggris Mudik dan 8 Istilah Lebaran Lainnya

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.