Tradisi Lebaran di Indonesia, Dari THR Hingga Mudik

tradisi Lebaran di Indonesia

Sepeninggal bulan suci Ramadhan umat muslim akan dipertemukan dengan hari raya Idul Fitri. Hari raya Idul Fitri atau biasa kita sebut Lebaran akan terasa hampa tanpa adanya tradisi yang memeriahkan. Selain merupakan ajang silaturahmi, lebaran juga menjadi momen tersendiri bagi umat Islam untuk berbagi kebahagiaan. Selain di Indonesia, kamu bisa baca juga sensasi unik tradisi Ramadhan di Timur Tengah.

Berikut rangkuman tradisi lebaran di Indonesia. Let’s check it out!

Takbiran

Reality-club-alexandra source: giphy.com

 

Kedatangan hari raya Idul Fitri selalu ditandai dengan gema kumandang takbir. Takbiran menjadi salah satu wujud syukur kepada Allah SWT karena telah diberi kesempatan untuk menjalani ibadah puasa sebulan penuh dan dipertemukan dengan hari raya Idul Fitri yang suci dan penuh ampunan. Biasanya takbiran dilakukan sambil menabuh bedug. Ada juga yang mengadakan parade takbiran sambil jalan kaki keliling kota.

Baju Baru

Reality-club-alexandra source: giphy.com

Perayaan hari lebaran selalu identik dengan baju baru. Meski hanya sekedar simbol, banyak orang yang berburu pakaian tiap kali hari raya Idul Fitri tiba. Tidak lain tidak bukan sebagai tanda kesiapan menyambut Idul Fitri dengan mengenakan pakaian terbaik dan cerminan pribadi baru di hari lebaran. 

Makan Ketupat

Reality-club-alexandra source: giphy.com

Lebaran kurang afdal tanpa makan ketupat. Ketupat biasanya disandingkan dengan gorengan. Eitsss, tapi itu hanya berlaku untuk sarapan pagi.  Beda halnya pada saat hari raya Idul Fitri, ketupat dihidangkan bersama lauk berkuah yang dibuat dari daging seperti opor ayam, semur hingga rendang daging sapi. Wah ngebayanginnya aja udah bikin ngiler!

Kue Lebaran

Reality-club-alexandra source: giphy.com

Yuk kita absen satu-satu, nastar, putri salju, kastengel keju, sagu keju, semprit, dan masih banyak lagi. Belum lagi biskuit kaleng Khong Guan, Monde Butter Cookies, Astor, Nissin Wafer, toples isi Rengginang, minimal salah satunya sudah standby di meja ruang tamu. Kalau tidak ada sama sekali, kemungkinan besar masih disembunyikan oleh tuan rumah di dalam lemari.

Mudik

Reality-club-alexandra source: giphy.com

Hari raya Idul Fitri menjadi momentum bagi umat muslim untuk saling bersilaturahmi. Secara khusus, banyak orang yang memanfaatkan momen lebaran sebagai waktu untuk membangun quality time bersama orang tersayang. Maka dari itu salah satu dari mereka senantiasa berkunjung atau mudik demi bertemu dan melepas rindu dengan keluarga.

Walaupun Lebaran tahun ini kita mungkin tidak bisa mudik dan berkumpul dengan keluarga, kamu masih bisa kok membagikan kebahagiaan dan mengirimkan ucapan selamat Idul Fitri secara virtual. Jadi jangan sedih ya!

Halal bi Halal

Reality-club-alexandra source: giphy.com

Di bulan yang suci ini, kita harus saling memaafkan satu sama lain. Inilah yang menjadi tujuan dari halal bi halal. Betapa indahnya saling bersalaman, merangkul, dan introspeksi diri atas segala kesalahan baik terhadap keluarga pribadi maupun warga di lingkungan sekitar. 

Momen langka seperti ini sudah sepatutnya kita gunakan untuk menjaga habluminannas. Karena saat ini tidak bisa bertemu dan bersalaman secara langsung, bermaaf-maafannya bisa dilakukan lewat telepon, chat, atau video-call

Bagi-Bagi THR

Reality-club-alexandra source: giphy.com

Tradisi bagi-bagi THR (Tunjangan Hari Raya) adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh para pekerja. Namun THR ternyata bukan hanya ditunggu oleh pekerja saja, tetapi juga anak-anak. 

Dalam hal ini biasanya saudara yang sudah berpenghasilan akan membagikan sebagian THR-nya kepada adik, sepupu, atau keponakan. Adapun pemberian THR memang sudah menjadi tradisi karena merupakan budaya turun temurun dalam rangka berbagi rezeki dan kebahagiaan.

Ziarah Kubur

Reality-club-alexandra source: giphy.com

Ziarah kubur menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan sebagian besar umat Islam di Indonesia saat hari lebaran. Ziarah kubur dimaksudkan untuk mendatangi makam keluarga atau kerabat yang telah meninggal dunia lebih dulu serta memanjatkan doa agar senantiasa diberikan ampunan dan keselamatan oleh Allah SWT.

Itulah ulasan singkat mengenai tradisi lebaran di Indonesia. Mari kita sambut lebaran dengan penuh sukacita. Selamat hari raya Idul Fitri. Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Baca Juga: Bahasa Inggris Mudik dan 8 Istilah Lebaran Lainnya
Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google