THR dalam Bahasa Inggris dan 8 Istilah Lebaran Lainnya

istilah lebaran dalam bahasa inggris
istilah lebaran dalam bahasa inggris

Idul Fitri tahun ini mungkin berbeda dari biasanya karena kita tidak bisa mudik dan berkumpul dengan kerabat.  Namun, kita tetap bisa lho berbagi kegembiraan di Hari Kemenangan, misalnya dengan mengirim ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri bahasa Inggris ke orang-orang terdekat.

Selain itu, kamu juga bisa mulai belajar bahasa Inggris dari hal-hal di sekitarmu. Supaya lebih mudah, kamu bisa mulai dari kosakata Bahasa Inggris yang berkaitan dengan Lebaran, seperti bahasa Inggrisnya mudik, thr dalam bahasa Inggris, dan lain sebagainya.

source: giphy.com

Mudik dalam Bahasa Inggris

Mudik merupakan salah satu tradisi Lebaran yang sangat umum di Indonesia. Saat Idul Fitri, banyak orang kembali ke kampungnya masing-masing untuk bertemu dan berkumpul dengan keluarga. Mudik biasanya dilakukan 1 minggu menjelang Lebaran. Namun di tengah situasi sekarang ini, kita dianjurkan untuk tidak mudik.

Karena merupakan budaya lokal, istilah ‘mudik’ sendiri sebenarnya tidak ada terjemahan khususnya dalam bahasa Inggris. Namun, banyak yang menggunakan kata ‘homecoming’ untuk menyebut mudik. 

  • Homecoming is a large Eid Al-Fitr tradition in Indonesia. (Mudik merupakan tradisi Idul Fitri yang umum di Indonesia.)

THR dalam Bahasa Inggris

Saat libur Idul Fitri, pekerja biasanya menerima THR (Tunjangan Hari Raya) dari kantornya. Banyak yang menggunakan THR-nya untuk belanja Ramadhan baik untuk diri sendiri maupun sebagai hadiah untuk sanak saudara. Kalau kamu biasa THR-nya dibelanjakan apa?

THR dalam bahasa Inggris disebut religious holiday allowance atau bisa juga holiday bonus

  • I used my holiday bonus to buy some gifts for my nephews and nieces. (Saya menggunakan THR saya untuk membeli hadiah bagi keponakan saya.) 

Sudah tau level bahasa Inggrismu? Ambil Tesnya GRATIS di sini!

Mohon Maaf dalam Bahasa Inggris

Idul Fitri merupakan bulan suci. Maka itu, sudah seharusnya kita meminta maaf atas kesalahan yang pernah kita lakukan, saling memaafkan kesalahan satu sama lain, dan kembali ke fitrah. 

Meminta maaf dalam bahasa Inggris disebut ‘ask for forgiveness’, sementara memaafkan satu sama lain bahasa Inggrisnya ‘forgive each other’. 

  • We should forgive each other in this holy month. (Kita harus memaaafkan satu sama lain di bulan yang suci ini.)

Kerendahan Hati dalam Bahasa Inggris

Bulan Ramadhan bukan hanya bersilaturahmi tapi juga berefleksi diri, beribadah, dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Dari puasa yang telah kita jalani kemarin, salah satu pelajaran yang bisa kita petik adalah sikap rendah hati (humility).

  • We should practice humility in our daily lives. (Kita harus menerapkan sikap rendah hati dalam kehidupan kita sehari-hari.)

Ziarah dalam Bahasa Inggris

Tradisi lain yang biasa juga dilakukan saat Idul Fitri adalah ziarah atau berkunjung ke makam sanak saudara. Ziarah dilakukan untuk mengenang dan mendoakan anggota keluarga yang sudah tiada. Peziarah biasanya membacakan surat Yasin dan melakukan tahlil. 

Dalam bahasa Inggris, ziarah disebut ‘visiting the graves of loved ones’.

  • Every Eid Mubarak, we visit our grandparents’ graves. (Setiap Idul Fitri, kami berziarah ke kuburan kakek nenek kami.

Zakat dalam Bahasa Inggris

Menjelang bulan Ramadhan, umat Muslim wajib memberikan zakat yang disebut Zakat Fitrah (Zakat Al-Fitr). Selain sebagai bentuk kewajiban, zakat juga merupakan bentuk kepedulian kita terhadap sesama. Zakat dalam bahasa Inggris disebut alms atau charity.

  • Almsgiving is a duty that every Muslims should practice. (Memberi sedekah merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh umat Muslim.) 

Sholat Ied dalam Bahasa Inggris

Sholat Ied merupakan kegiatan ibadah yang dilakukan setiap Idul Fitri sekaligus sebagai tanda selesainya ibadah puasa. Biasanya sholat Ied dilakukan di pagi hari bersama keluarga di masjid. Dalam bahasa Inggris sholat Ied disebut Eid Prayer

  • We should wake up earlier tomorrow to get ready for Eid Prayer. (Kita harus bangun lebih pagi besok untuk siap-siap sholat Ied.)

Kurma dalam Bahasa Inggris

Kalo buah yang satu ini hitungan udah wajib ada di bulan Ramadhan. Biasanya kurma dimakan saat berbuka puasa. Hayo, siapa nih yang dapet banyak parsel isi kurma? Kurma dalam bahasa Inggris disebut date. Bukan date kencan ya. Tapi bahasa Inggrisnya memang sama.

  • Date is a very popular Ramadhan food. (Kurma merupakan makanan Ramadhan yang sangat populer.)

Takbiran dalam Bahasa Inggris

Karena takbiran merupakan tradisi Lebaran spesial yang hanya ada di Indonesia, istilah yang satu ini tidak ada terjemahan langsungnya dalam bahasa Inggris. Kamu bisa menjelaskannya sebagai berikut: “the night before Eid Al-Fitr where people gather to celebrate and welcome the day of victory with parades and music played with drum.”

Nah, setelah mengetahui THR dalam bahasa Inggris serta kosakata Bahasa Inggris lainnya yang berkaitan dengan Lebaran, kamu bisa mempelajari bagaimana mengaplikasikannya dalam percakapan sehari-hari.

Agar lebih mudah, kamu bisa ikut belajar Bahasa Inggris di Cakap. Di sana, kamu bisa interaksi langsung dengan tutornya. Dengan begitu, kamu bisa lebih pede ketika ngomong pakai Bahasa Inggris. Yuk, daftar sekarang!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat