15 Kosakata Ramadhan dalam Bahasa Inggris dan Artinya

kosakata-ramadhan-dalam-bahasa-inggris

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari, apa saja yang sudah kamu persiapkan sejauh ini? Selain mempersiapkan berbagai tradisi Ramadhan di masing-masing daerah dan melakukan kegiatan agamis, yuk kenalan dengan istilah ramadhan dalam bahasa Inggris! 

Menjelang bulan Ramadhan yang tinggal menghitung hari, kamu perlu tahu bahwa ada banyak kosakata-kosakata yang berhubungan dengan bulan suci Ramadhan. Yuk, cek beberapa daftar kosakata Ramadhan dalam bahasa Inggris yang bisa menambah bekal kosakata kamu!

Table of Contents

Apa Perbedaan Ramadhan Kareem dan Ramadhan Mubarak?

Ramadan Kareem artinya “semoga Ramadhan bermurah hari kepada kamu” atau “semoga Ramadhan memberikan kebaikan kepada kamu”. 

Sedangkan dalam bahasa Indonesia, Ramadhan Mubarak memiliki arti “Ramadhan yang diberkati” atau “Ramadhan yang bahagia”. Sedangkan secara literal, Ramadhan Mubarak memiliki arti “Selamat Ramadhan” atau “Selamat menunaikan ibadah puasa”.

Penggunaan Ramadan Kareem dan Ramadan Mubarak bisa kamu sesuaikan ndengann konteks yang ingin diucapkan, ya.

Kosakata Ramadhan dalam Bahasa Inggris

Berikut ini adalah istilah-istilah populer yang berkaitan dengan Ramadhan dalam bahasa Inggris.

(1) Ramadhan dalam Bahasa Inggris

Istilah Ramadhan dalam bahasa Inggris sama dengan istilah dalam bahasa Indonesia. Hanya saja, penyebutannya tidak menggunakan huruf “h” di tengahnya, yaitu “Ramadan”. Atau kamu juga bisa menyebutnya dengan “The holy month”. 

Contoh kalimat:

  • Ramadan is only 1 week away.
    (Ramadhan tinggal 1 minggu lagi).


(2)  Puasa dalam Bahasa Inggris 

Dalam bahasa Inggris, puasa disebut dengan “fasting”. Di bulan Ramadhan, puasa yang dilaksanakan termasuk ke dalam puasa wajib, semua umat muslim yang memenuhi syarat diwajibkan untuk melakukan puasa.

Contoh kalimat:

  • This is the first day of fasting.
    (Ini adalah hari pertama puasa).


(3) Sahur dalam Bahasa Inggris 

Sahur adalah makan pada dini hari untuk orang-orang yang akan berpuasa, sahur biasanya  antara pukul 3 hingga tiba waktu imsak. Dalam bahasa Inggris, sahur disebut dengan “suhoor”. Istilah ini secara pelafalan sebenarnya mirip dengan istilah bahasa Arab dan bahasa Indonesia. Kamu juga bisa menggunakan “pre-dawn meal” untuk menyebut sahur dalam bahasa Inggris.

Contoh kalimat:

  • I take the pre-dawn meal with my family.
    (Aku makan sahur bersama keluarga).


(4) Imsak dalam Bahasa Inggris 

Imsak adalah istilah yang juga berkaitan dengan sahur. Imsak merupakan waktu berakhirnya makan sahur. Jadi, ketika imsak orang-orang sudah mulai berpuasa dan tidak boleh makan atau minum hingga terbenamnya matahari. Dalam bahasa Inggris, imsak disebut dengan “warning signal” atau bisa juga jika kamu ingin menyebutnya dengan “imsak” saja.

Contoh kalimat:

  • Finish your meal, it’s almost time for imsak.
    (Selesaikan makanmu, sebentar  lagi waktu imsak).


(5) Buka Puasa dalam Bahasa Inggris 

Kosakata Ramadhan selanjutnya adalah “break the fast”, “fast breaking”, “breaking a fast”, dan “iftar”. Keempatnya bisa kamu gunakan untuk mengatakan atau mengucapkan “buka puasa” dalam bahasa Inggris.

Contoh kalimat:

  • Today’s iftar menu is takjil and dates.
    (Menu buka puasa hari ini adalah takjil dan kurma).


(6) Nyekar dalam Bahasa Inggris 

Nyekar atau ziarah makam biasanya sering dilakukan sebelum Ramadhan dan menjelang Idul Fitri. Dalam bahasa Inggris, nyekar atau ziarah makam disebut dengan “pilgrimage” atau “visiting the graves” of loved one.

Contoh kalimat:

  • We will make a pilgrimage to grandma’s grave before the month of Ramadan.
    (Kami akan ziarah ke makam nenek sebelum bulan Ramadhan).


(7) Kurma dalam Bahasa Inggris 

Kurma adalah salah satu makanan khas Ramadhan yang selalu disantap saat buka puasa. Dalam bahasa Inggris kurma disebut dengan istilah “date”.

Contoh kalimat:

  • My mother bought a kilogram of dates to prepare for fasting.
    (Ibuku membeli satu kilogram kurma untuk persiapan puasa).


(8) Malam Lailatul Qadar dalam Bahasa Inggris 

Salah satu malam paling istimewa di bulan suci Ramadhan adalah malam Lailatul Qadar. Dalam bahasa inggris, malam lailatul qadar biasanya disebut dengan “the derivation night of Koran” atau bisa tetap menyebutnya dengan “Lailatul-Qadar”.

Contoh kalimat:

  • The night of Lailatul Qadar is a glorious night.
    Malam Lailatul Qadar adalah malam yang mulia.

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Aktivitas Selama Bulan Ramadhan dalam Bahasa Inggris

(1) Kultum/Ceramah Agama

Kultum adalah singkatan dari “kuliah tujuh menit” atau agar lebih mudah kamu juga bisa menyebutnya dengan ceramah agama. Biasanya, selama bulan Ramadhan selalu dilangsungkan pengajian selepas sholat Subuh dan sholat Ashar. Dalam bahasa Inggris, ceramah agama disebut dengan “religious lecture”.

(2) Ngabuburit

Aktivitas selama Ramadhan dalam bahasa Inggris yang cukup populer adalah “killing time”. Ini adalah istilah ngabuburit versi bahasa Inggris. Istilah ngabuburit dalam bahasa Inggris lainnya yang bisa kamu gunakan adalah “evening stroll” dan “passing time before maghrib”. 

(3) Mengaji/Tadarus

Salah satu aktivitas atau kegiatan yang sangat dianjurkan selama bulan Ramadhan adalah perbanyak mengaji atau tadarus. Dalam bahasa Inggris, tadarus bisa disebut juga dengan “to recite Quran”.

(4) Salat Terawih

Salat tarawih dalam bahasa Inggris disebut dengan “tarawih prayer”. Ini adalah salat sunah yang dilakukan hanya selama bulan Ramadhan saja. Salat tarawih dilaksanakan setelah salat isya dan biasanya dilakukan secara berjamaah sebanyak 8 atau 20 rakaat, kemudian dilanjutkan dengan salat witir sebanyak 3 rakaat.

(5) Zakat dan Sedekah

Zakat adalah salah satu dari rukun Islam. Di bulan suci Ramadhan, para umat muslim sangat dianjurkan untuk membayar zakat atau bersedekah. Dalam bahasa Inggris, zakat biasa disebut dengan Obligatory charity, sedangkan sedekah disebut dengan istilah “alms”.

(6) Tahajud

Dalam bahasa Inggris, tahajud dikenal dengan istilah “tahajjud” atau “night prayer”. Tahajud atau salat malam merupakan salat sunah yang dianjurkan untuk dilaksanakan di waktu sepertiga malam. Ini adalah waktu yang cocok dengan waktu sahur. So, selama bulan Ramadhan, kamu bisa menjalankan ibadah salat tahajud sebelum sahur.

(7) Bukber (Buka Puasa Bersama)

Bahasa Inggris dari bukber sendiri adalah “iftar gathering”. Aktivitas selama Ramadhan dalam bahasa Inggris yang satu ini rasanya menjadi agenda wajib yang dilakukan setidaknya sekali selama bulan Ramadhan.

Nah itulah beberapa kosakata Ramadhan dalam bahasa Inggris. Buat kamu yang ingin lebih lancar berbahasa Inggris dan memahami grammar-grammarnya, yuk daftarkan dirimu di kursus bahasa Inggris Cakap! Di sana kamu bisa belajar secara fleksibel dan bebas menentukan teacher-mu sendiri!

Referensni:
-marhaba.qa
-englishclub.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat