Jadwal Kegiatan Ramadhan Anak yang Efektif dan Menyenangkan

jadwal-kegiatan-ramadhan-anak

Moms, menjelang bulan suci Ramadan yang sudah di depan mata, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan nih untuk si Kecil. Salah satu yang paling penting adalah membuat jadwal rutinitas harian baru untuk si Kecil. Rutinitas di bulan puasa dengan rutinitas di bulan lainnya tentu memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Agar si Kecil tetap produktif, bersemangat, dan memiliki jam tidur yang cukup saat berpuasa, yuk coba bikin jadwal kegiatan anak di bulan Ramadan dan kegiatan apa saja yang bisa dilakukan!

Table of Contents

Jadwal Ramadan Anak Sehari-hari di Rumah

kegiatan-ramadhan-anak

Untuk Moms & Dads yang masih belum memiliki acuan jadwal rutinitas untuk anak selama bulan Ramadan, mari merapat! Siapa tahu jadwal rutinitas ini bisa jadi referensi!

 

Pukul 03.30

Bangunkan anak untuk sahur

Pukul 04.00 s.d 05.00

Sikat gigi, lalu berwudu siap-siap sholat subuh berjamaah, setelah itu bertadarus

Pukul 05. 00 s.d 06.30

Lanjut tidur

Pukul 06.30 s.d 07.00

Bangun tidur, mandi, dan siap-siap sekolah

Pukul 07.00 s.d selesai

Sekolah, jika ada waktu sebelum menjelang zuhur, anak bisa bermain sebentar

Pukul 12.00 s.d 12.15

Sholat zuhur

Pukul 12.15 s.d 14.00

Screen time

Pukul 14.00 s.d 15.00

Lanjut tidur siang

Pukul 15.00

Siap-siap sholat asar

Pukul 15.30 s.d 16.00

Membantu menyiapkan menu buka puasa

Pukul 16.00 s.d 17.00

Ajak anak untuk ngabuburit

Pukul 17.00 s.d 18.00

Bersiap untuk buka puasa

Pukul 18.00 s.d 18.30

Sholat magrib 

Pukul 19.00 s.d 20.00

Sholat isya dan tarawih bersama Moms and Dads

Pukul 20.00 s.d 20.30

Saatnya makan camilan sehat sebelum tidur

Pukul 21.00

Saatnya untuk tidur malam

Jadwal rutinitas anak selama bulan Ramadan di atas merupakan sebuah patokan yang bisa ditiru dalam manajemen waktu. Jadwal tersebut tentu bisa diubah secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan anak. So, Moms and Dads, agar si Kecil tidak lupa dengan jadwal rutinitas selama bulan Ramadan, kalian bisa banget lho mencatat dan menaruhnya di kamar si Kecil.

Jadwal Kegiatan Bulan Ramadan Anak SD di Sekolah

kegiatan-ramadan-anak-sd-di-sekolah

Di bulan Ramadan, kegiatan belajar mengajar di sekolah, biasanya dilakukan lebih siang dari hari-hari biasanya. Jika di hari biasa anak-anak masuk pukul 07.00 atau 07.15, di bulan Ramadan bisa jadi mereka masuk pukul 07.30 atau 07.45. Jadwal pulangnya pun akan disesuaikan, biasanya mereka akan pulang lebih cepat. Berikut ini urutan jadwal kegiatan bulan Ramadan anak SD di sekolah:

 

Keterangan Waktu

Jadwal Kegiatan

Pukul 07.30 A.M atau 07.45 A.M

Masuk sekolah (kegiatan KBM segera dimulai)

Pukul 07.45 s.d 08.00

Membaca doa atau tadarus surat-surat pendek

Pukul 08.00 s.d 09.00

Kegiatan belajar

Pukul 09.00 s.d 09.30

Istirahat

Pukul 09.30 s.d 11.00

Kegiatan belajar mengajar 

Pukul 11.00

Bel pulang sekolah berbunyi

Jadwal di atas biasanya aktif di minggu-minggu kesatu dan kedua bulan Ramadan. Sedangkan di minggu ketiga, biasanya akan diadakan kegiatan pesantren kilat. Kegiatan-kegiatan dalam pesantren kilat sendiri mencakup:

  • Membaca ayat suci Al-quran
  • Mendengarkan kultum yang disampaikan oleh guru agama
  • Mengadakan lomba membuat kaligrafi
  • Lomba azan
  • Lomba tilawah Quran, dll

Sebagai catatan, setiap sekolah memiliki kebijakannya masing-masing mengenai jadwal kegiatan Ramadan anak di sekolah. Jadwal di atas merupakan kisaran waktu dan kegiatan yang mungkin dilalui anak-anak selama bulan Ramadan di sekolahnya.

Daftar Kegiatan Ramadan Bersama Anak untuk Mengisi Waktu Luang

jadwal-rutinitas-ramadhan-anak

Parents, ada beberapa kegiatan positif dan bermanfaat yang bisa dilakukan si Kecil di waktu luang selama Ramadan, nih. Moms & Dads bisa menyelipkan kegiatan-kegiatan berikut disela-sela waktu luang dari jadwal rutinitas Ramadan yang telah dibuat.

Mengikuti Kegiatan Pesantren Ramadan


Salah satu kegiatan yang memberi warna dan nuansa Ramadan adalah pesantren kilat. Si Kecil bisa belajar banyak hal tentang puasa dan keutamaan-keutamaannya. Tidak hanya itu, dengan mengikuti pesantren kilat bulan Ramadan, si Kecil juga bisa bertemu teman baru.

Membaca Buku Islami tentang Kisah Nabi


Moms & Dads bisa mengajak si Kecil membaca buku-buku atau
dongeng Islami. Waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan ini adalah di malam hari menjelang tidur.

Mendekorasi Rumah


Aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan si Kecil di bulan Ramadan adalah mendekorasi rumah. Selain menyenangkan, mendekorasi rumah juga bisa memunculkan
kreativitas anak, lho.

Membuat Kue Lebaran Bersama


Nah, kegiatan yang satu ini biasanya dilakukan di waktu-waktu menjelang lebaran. Ajak si Kecil membuat kue lebaran yang mereka sukai dan biarkan mereka menghias kuenya sendiri. Dijamin pasti asti seru deh, Moms!

So, that’s it jadwal rutinitas anak di bulan Ramadan di rumah dan di sekolah, serta rekomendasi kegiatan seru untuk anak selama puasa. Yuk, arahkan si Kecil untuk lebih bersemangat dan menjalankan hari-hari puasanya dengan lebih gembira!

Biar kegiatan Ramadan anak makin produktif, yuk ajak anak untuk aktif berkegiatan dan belajar bahasa asing di Cakap Kids Academy. Di sana anak bisa belajar bahasa Inggris dan Mandarin secara online dan bisa menikmati fasilitas playground dan gymnastic. Nah, tunggu apalagi Moms, yuk daftarkan si Kecil untuk mengikuti Cakap Kids Academy sekarang karena #SiapaCakapDiaDapat!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.