Kumpulan Ide Bisnis Saat Bulan Ramadhan yang Menguntungkan

ide-jualan-bulan-puasa

Mau jualan di bulan Ramadhan tapi bingung jualan apa? Tidak perlu khawatir, beberapa ide jualan di bulan puasa berikut masih punya banyak peluang dan banyak dicari konsumen, lho. Modal yang disiapkan pun bisa kamu sesuaikan dengan bisnis apa yang ingin dijalannkan. Apa saja ide bisnis tersebut? Yuk simak kumpulan daftarnya berikut ini!

Table of Contents

Ide Jualan di Bulan Puasa

Kalau ngomongin ide jualan saat Ramadhan, kira-kira apa yang pertama kali muncul di benakmu? Apakah makanan yang manis-manis, yang seger-seger, atau bahkan ada ide lain? 

Buat kamu yang masih bingung dan bertanya-tanya “Mau jualan apa ya di bulan puasa?”. 9 ide jualan ini cocok kamu aplikasikan di bulan Suci Ramadhan.

(1) Jualan Takjil

Takjil adalah makanan atau jajanan yang biasanya banyak dicari di bulan puasa, khususnya menjelang maghrib. Sambil ngabuburit, orang-orang pasti akan mencari takjil. Makanya, nggak heran kalau bisnis ini cukup menguntungkan dan selalu laris.

Aneka takjil pun bermacam-macam, mulai dari:

  • Kolak (kolak pisang, kolak kembang pacar, kolak pisang ubi, dan kolak kolang-kaling).
  • Bubur (bubur sumsum, bubur kacang ijo, bubur kacang merah, dan bubur sagu mutiara).
  • Kue basah (kue putu, kelpon, bika ambon, dan dadar gulung).

(2) Aneka Macam Minuman Segar 

Usaha yang nggak kalah menjanjikan saat Ramadhan adalah jualan aneka macam minuman segar. Selain takji, para pemburu makanan untuk berbuka puasa juga menaruh minat yang sangat besar terhadap minuman-minuman segar.

Kamu bisa menjual beberapa macam es, seperti es campur, es/sup buah, es kelapa muda, es cincau hijau, es kopyor, es dawet, dan masih banyak jenis minuman segar lainnya.

(3) Peralatan Sholat dan Pakaian Muslim

Di bulan Ramadhan, orang-orang berbondong-bondong memperbanyak pahala dan ibadah, misalnya sholat, pengajian, hingga tarawih. Ini adalah peluang bagus untuk menjual berbagai peralatan sholat, seperti mukenah, sajadah, sarung, peci dan lainnya.

Kamu juga bisa memperlebar bisnis dengan menjual pakaian muslim bagi wanita dan pria. Permintaan akan pakaian muslim pasti akan meningkat selama bulan puasa dan menjelang Hari Raya. Beberapa jenis pakaian muslim yang bisa dijual, yaitu gamis, tunik, abaya, baju koko, hingga kerudung dan aksesoris pelengkapnya.   

(4) Buah Kurma

Berbukalah dengan yang manis-manis. Kalimat tersebut sepertinya sudah mengudara di setiap kalangan. Anjuran berbuka puasa dengan yang manis-manis membuat banyak orang muslim membeli stok kurma sebagai santapan pertama untuk buka puasa. 

Ingat, ketika berjualan buah kurma, kamu harus tahu mana kurma yang paling bagus dan banyak diminati. Kurma ajwa dan kurma safawi adalah dua jenis kurma yang paling terkenal, kamu bisa menjadikan referensi tersebut sebagai bahan pertimbanganmu.

(5) Kue Lebaran

Kue lebaran atau kue-kue kering juga nggak kalah eksistensinya lho dari ide bisnis saat Ramadhan lainnya. Aneka kue ini biasanya dijual dalam bentuk toples dan siap dijual dengan harga yang relatif berbeda. Beberapa kue kering yang paling banyak diburu ketika Lebaran adalah putri salju, kastengel, nastar, dan kue kering kacang tanah.

Lihat panduan : Cara Usaha Kue untuk Pemula dan Tips Bisnis yang Efektif

(6) Aneka Macam Gorengan

Sebenarnya, bisnis yang satu ini selalu cocok dan tidak mengenal bisnis musiman. Namun, di kala Ramadhan tiba, omset penjualan aneka macam gorengan bisa naik drastis. Salah satu faktornya mungkin adalah kebiasaan orang Indonesia yang kalau nggak ada gorengan rasanya nggak lengkap.

Menariknya, modal untuk bisnis ini juga cukup terjangkau. Hanya dengan modal ratusan ribu saja, kamu sudah bisa menjual macam-macam gorengan. Beberapa jenis gorengan yang terbukti paling laris di bulan Ramadhan adalah gorengan tempe, mendoan, bala-bala/bakwan, risoles, tahu isi, cireng, pastel, dan pisang goreng.

(7)  Produk Frozen Food

Frozen food atau makanan beku menjadi salah satu produk yang paling dibutuhkan selama bulan puasa. Selain praktis, frozen food juga mudah disimpan, awet, dan bisa dimasak kapan saja.

Kamu bisa mencoba ide jualan di bulan puasa yang satu ini dengan membuat aneka lauk-pauk frozen food, seperti:

  • Ayam goreng bumbu kuning
  • Ayam ungkep
  • Nugget
  • Dimsum dan siomay
  • Fish roll
  • Sosis 

(8) Iftar and Sahur Catering

Jago masak berbagai variasi menu? Ide bisnis ini cocok untukmu! Kamu bisa coba bikin usaha catering makanan untuk berbuka puasa dan sahur. Usaha catering bisa dijalankan by order. Kamu tinggal pintar-pintar pilih menu catering yang enak dengan harga yang bisa dijangkau banyak kalangan.

Ini akan sangat cocok jika kamu tinggal di komplek/perumahan yang isinya para pekerja atau anak-anak kost yang nggak mau ribet masak untuk buka dan sahur.

(9) Bisnis Hampers

Momen di bulan Ramadhan hingga menjelang Lebaran dijadikan momen yang tepat untuk saling mengirim hadiah pada sanak saudara dan teman-teman. Maka dari itu, bisnis hampers bisa menjadi usaha yang menjanjikan saat Ramadhan. Apalagi kalau kamu memiliki kemampuan merangkai barang-barang dalam satu wadah, cocok banget deh buat mulai bisnis ini.

Lihat panduan : Cara Mulai Bisnis Hampers dengan Strategi dan Contohnya

Beberapa ide bisnis hampers yang bisa kamu pertimbangkan adalah hampers kue kering, alat makan/minum, hampers sembako Lebaran, atau hampers madu dan buah-buahan kering.

Tips Agar Jualan di Bulan Ramadhan Laris Manis

Ketika kamu sudah memutuskan untuk memilih bisnis yang akan kamu jalankan di bulan Ramadhan, selanjutnya yuk aplikasikan tips-tips di bawah biar jualanmu makin laris manis!

(1) Manfaatkan Saluran Media Sosial

Jaman sekarang, apa-apa serba sosial media. Semua informasi bisa tersampaikan dengan sangat cepat melalui saluran ini. Begitu pun dengan bisnismu, ketika kamu memulai suatu bisnis, kamu bisa menggunakan sosial media sebagai sarana promosi produkmu. Kamu juga bisa lho memposting produk yang kamu jual di medsos lengkap dengan testimoni para pelanggan yang sudah membeli. 

(2) Buat Promo Spesial di Bulan Ramadhan

Siapa sih yang nggak suka promo? Kalau dengar kata promo dan diskon rasanya ingin borong semua dagangan. Nah, strategi ini bisa kamu terapkan dalam bisnismu. Nggak perlu promo yang muluk-muluk kok. Kamu bisa memberikan diskon atau promo, seperti 10 pembeli pertama akan mendapatkan 1 produk tertentu, atau setiap pembelian 10 produk akan mendapatkan diskon khusus.

(3) Jadwalkan waktu yang Tepat untuk Berjualan

Memilih waktu berjualan yang tepat juga bisa menjadi tips sukses yang bisa kamu terapkan. Misalnya, kamu memilih untuk berjualan takjil atau gorengan, maka waktu yang paling tepat untuk berjualan ada menjelang berbuka puasa. Antara pukul 4 sore hingga pukul 7 malam.

(4) Berikan Pelayanan yang Cepat dan Ramah

Tips berjualan di bulan puasa selanjutnya adalah memberikan pelayanan yang cepat dan ramah. Service yang cepat dan ramah akan membuat pelanggan puas, sehingga kemungkinan besar mereka akan kembali membeli produk jualanmu lagi. Bahkan, mereka juga bisa merekomendasikannya pada orang yang dikenal. So, ini juga akan menjadi word of mouth atau strategi marketing yang ampuh dan populer.

Itu dia ide bisnis saat Ramadhan beserta tips-tipsnya. Semoga bisa membantumu memutuskan untuk menjual makanan atau produk yang tepat di bulan Ramadhan ini, ya!

Referensi:
-muslimentrepreneurshub.com
-entrepreneur.com
-bfi.co.id

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.