Pentingnya Memiliki Skill Resepsionis Meski Bukan Penggiat Hospitality

resepsionis adalah

Setiap kantor, hotel, restaurant dan beberapa perusahaan pasti memiliki resepsionis. Biasanya resepsionis adalah orang yang duduk di bangku depan dan menjadi orang pertama kali kamu temui.

Peran resepsionis sangat berarti, karena tanpanya banyak tamu-tamu yang akan kebingungan. Bagi kamu yang sedang belajar mengenal skill hospitality, kamu perlu mengetahui beberapa fakta menarik seputar dunia resepsionis. Check this out.

Apa Itu Resepsionis?

Kata resepsionis merupakan kata yang sering didengar dan sangat familiar. Apakah kamu sudah tahu arti kata resepsionis secara detail?

Resepsionis adalah orang yang bertugas sebagai penerima tamu di suatu perusahaan, hotel, atau kantor. Saat kamu berkunjung ke sebuah tempat dan membutuhkan informasi serta arahan, kamu bisa menanyakan semua hal tersebut kepada resepsionis. Karena pada dasarnya, resepsionis merupakan penghubung atau jembatan awal antara manajemen perusahaan dan para tamu.

Tugas Resepsionis

Selain sebagai penerima tamu, tugas resepsionis adalah melakukan peran administrasi dan peran lainnya yang masih berhubungan dengan tamu. Kira-kira peran apa saja yang diemban seorang resepsionis? Simak ulasan selengkapnya mengenai jobdesk resepsionis berikut ini!

Menerima dan Melayani Tamu

Tugas utama dari seorang resepsionis adalah menerima dan melayani tamu. Setiap tamu yang datang, pasti akan menjumpai resepsionis untuk pertama kali. Meskipun tugas ini terlihat mudah, namun ternyata memiliki skill mumpuni loh.

Pada saat menerima tamu, resepsionis tidak boleh melupakan 3S, yaitu senyum, sapa, dan salam. Hal tersebut akan membuat para tamu nyaman dan memberikan kesan pertama yang baik.

Para resepsionis juga harus belajar menempatkan diri bagaimana berkomunikasi dengan baik, searah, dan bisa dimengerti dengan baik oleh para tamu.

Menerima Telepon

Tugas selanjutnya dari resepsionis adalah menerima telepon. Tidak hanya melayani tamu secara langsung, resepsionis juga menerima pelayanan secara tidak langsung melalui telepon. 

Pada umumnya, semua panggilan dari kantor berpusat dan diarahkan melalui resepsionis.

Melakukan Tugas Administrasi

Tugas administrasi resepsionis adalah administrasi sederhana yang berhubungan dengan penerimaan tamu dan berkas-berkas. Biasanya, saat masuk ke dalam perusahaan dan berhadapan dengan resepsionis, para tamu akan diminta mengisi buku tamu. Resepsionis harus rutin membuat laporan harian berupa berkas atau surat yang masuk, serta panggilan telepon masuk dan keluar.

Menerima dan Meneruskan Surat

Salah satu tugas resepsionis adalah menerima dan meneruskan surat. Setelah surat sampai di perusahaan, biasanya pendaratan pertamanya adalah post satpam. Barulah dari sini diteruskan kepada resepsionis. Setelah itu resepsionis berkewajiban meneruskan surat tersebut kepada yang berkepentingan.

Resepsionis juga harus memastikan bahwa alamat dan penerima surat sudah benar, agar tidak terjadi kesalahan.

Skill Resepsionis yang Sebaiknya Dimiliki Orang-Orang

Mengapa skill resepsionis begitu penting? Pertanyaan tersebut menjadi hal menarik untuk diperbincangkan. Pernahkah kamu membuat analisa sederhana seputar skill yang harus dimiliki seorang resepsionis? Jika dilihat lebih jauh, skill tersebut memanglah seharusnya dimiliki oleh orang-orang kebanyakan, meskipun mereka bukan penggiat hospitality sekalipun. 

Lantas, apa sajakah skill resepsionis yang memang relate dengan skill yang sebaiknya dimiliki orang-orang? Temukan jawabannya dalam ulasan berikut ini!

Ramah dan Murah Senyum

Seorang resepsionis tentulah harus ramah terhadap para tamu-tamunya. Selain itu, resepsionis harus menyapa para tamunya dengan senyuman. Kedua hal tersebut adalah skill dasar yang sebaiknya dimiliki oleh orang-orang karena ramah dan murah senyum akan membuat citra seseorang atau suatu perusahaan menjadi dipandang dan juga berkesan.

Memberi Informasi dengan Jelas

Seorang resepsionis haruslah informatif. Artinya, ia harus mampu menerangkan dan menjelaskan suatu hal kepada para tamu dengan jelas dan efisien. Sehingga mereka dapat mengerti dengan mudah apa yang sudah dijelaskan resepsionis. 

Nah, skill ini merupakan skill yang harus dipelajari dan dimiliki orang orang-orang agar mereka dapat memberikan pemahaman yang luwes dan diterima dengan baik.

Cepat dan Tanggap

Resepsionis adalah orang yang menjadi garda depan dalam perhubungan tamu dan manajemen perusahaan. Maka dari itu, seorang resepsionis harus cepat, cekatan, dan tanggap. Mereka harus mampu mengenali situasi dan mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.

Ulet, Rajin, dan Teliti

Ulet, rajin, dan teliti  merupakan hal yang harus dipegang teguh oleh setiap orang, termasuk resepsionis. Kesalahan berupa keteledoran harus dihindari, jangan sampai mereka abai dan tidak teliti dengan hal-hal yang berhubungan dengan tamu, administrasi, dan tanggung jawab lainnya.

Dapat Bekerja Sama dengan Baik

Menjadi seorang resepsionis berarti bekerja dengan banyak orang, mulai dari atasan, rekan kerja sekantor, dan para tamu. Resepsionis harus pandai-pandai bekerja sama dengan berbagai belah pihak agar pekerjaan dan informasi berjalan dengan lancar.

Itulah beberapa penjelasan menarik mengenai resepsionis. Ingin mempelajari skill hospitality lain secara lebih dalam? Ini saat yang paling tepat untuk memulai langkahmu. Yuk Ikuti kelas pelatihan prakerja Cakap dan pilihlah skill hospitality yang paling kamu minati untuk dipelajari.

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks