Apa itu Staycation? Mengupas Opsi Liburan Kekinian

staycation

Mau lepas penat yang numpuk selama di rumah dengan pergi berlibur? Staycation bisa jadi opsi liburanmu, terutama buat kamu yang masih insecure dengan keramaian. Gak harus sama keluarga atau teman, kamu juga bisa staycation sendiri, hitung-hitung menikmati me time.

Meskipun staycation kian populer, tapi masih banyak yang kurang familiar dengan istilah yang satu ini. Untuk itu, kamu perlu simak penjelasan di bawah ini mengenai apa itu staycation dan asal usul istilah ini. Simak yuk!

Apa itu Staycation?

Dilansir dari Cambrigde Dictionary, staycation artinya liburan yang kamu lakukan di rumah atau di dekat rumah daripada berpergian ke tempat yang jauh. Namun, staycation di Indonesia identik dengan menghabiskan waktu di hotel atau villa bersama keluarga atau teman.

Staycation adalah sebuah istilah bahasa Inggris yang mulai populer sejak tahun 2008. Istilah ini lahir ketika krisis ekonomi tahun 2008, di mana orang-orang tidak memiliki uang yang cukup untuk berlibur ke luar kota.

Keuntungan Staycation

Tidak banyak yang tau bahwa staycation adalah singkatan dari stay dan vacation. Selain kegiatan rekreasi, staycation juga dijadikan sebuah movement atau gerakan peduli lingkungan. Sebab, ketika kamu memilih liburan di dalam kota, tidak menggunakan pesawat, kamu telah mengurangi emisi yang dikeluarkan oleh pesawat.

Liburan yang peduli lingkungan ini juga membawa manfaat lain. Dengan staycation, kamu bisa mengurangi beban pikiran yang biasa datang ketika berlibur, seperti membuat itineray, mencari akomodasi, sampai kegalauan yang sering muncul pas milih pakaian.

Kamu juga dapat berkontribusi dalam meningkatkan pertumbahan ekonomi daerah tempat tinggalmu. Sebab, kamu bisa menghabiskan waktu liburan dengan menjelajah pasar tradisional atau menginap di hotel dekat rumahmu.

Lancar Berbahasa Inggris tanpa Keluar Rumah, Mau?

Kegiatan Selama Staycation

Di Indonesia, biasanya kegiatan staycation itu menginap di suatu tempat seperti hotel atau villa. Nah, berikut ini rekomendasi kegiatan supaya liburannya ngga garing:

Binge-Watching

source: giphy.com

Nonton film atau series nggak pernah salah buat menghabiskan waktu. Apalagi kalau kamu nonton film genre horror, jadi bisa sekalian tantang adrenalin bareng keluarga atau temanmu. List tontonanmu sebelum berangkat, biar nggak repot lagi mikir mau nonton apa.

Masak-masak

source: giphy.com

Refreshing bukan hanya membaca buku atau bermain game, masak-masak juga bisa bantu tenangin pikiranmu. Ajak keluarga atau temanmu masak bareng, bakal lebih seru kalau kamu buat challenge bak masterchef!

Main Boardgame

source: giphy.com

Boardgame adalah permainan yang dimainkan dua orang atau lebih, biasanya berupa papan permainan. Contoh boardgame seperti monopoli atau ular tangga. Boardgame wajib jadi kegiatan selama staycation. Terapkan hukuman biar permainan jadi lebih menantang.

Staycation vs Vacation

Masih galau mau staycation atau vacation? Berikut ini perbandingan dari kedua opsi liburan:

Staycation

Vacation

Lebih terjangkau: Hemat biaya akomodasiPengalaman baru: Bertemu dengan orang baru, melihat pemandangan baru, dsb
Mudah direncanakan: Tidak memerlukan itinerary, membandingkan tiket pesawat, dllBelajar bahasa baru: Vacation seperti ke Jepang, pasti kamu akan belajar bahasa Jepang meskipun dasarnya saja
Travel light:Liburan tanpa perlu membawa banyak barangBelajar produktif: Dengan waktu yang singkat, kamu harus mengunjungi beberapa tempat wisata
Mengeratkan ikatan keluargaKenangan bersama keluarga

Tahan hasratmu untuk liburan ke luar negeri dengan staycation. Kalau nggak, cicil aja dulu mimpimu dengan belajar bahasa Inggris. Jadi, kamu bisa berinteraksi pas lagi liburan ke luar negeri. Gabung kelas bahasa Inggris Cakap, belajar bisa dari rumah!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks