Berikut 10 Skill Paling Dibutuhkan di Tahun 2020, Sudah Siap?

Belajar programming? Atau ikut seminar tentang social media content marketing ya? Ikut pelatihan komunikasi organisasi juga kayaknya penting. Duh, bingung! Jadi sebenernya skill mana aja sih yang penting untuk dikembangkan?

Dengan teknologi yang berkembangnya pesat banget, muncul kebutuhan akan kemampuan-kemampuan baru. Pekerja profesional pun dituntut untuk bisa beradaptasi dengan kebutuhan ini agar tidak ketinggalan zaman.

Menurutmu, apa skill yang paling dibutuhkan saat ini? Apakah kamu sudah siap menghadapi tatangan perubahan ini? Semakin canggih teknologi, pengetahuan dan skill yang dibutuhkan pun semakin kompleks. Diperkirakan akan ada banyak pekerjaan yang hilang, tapi bakal muncul juga pekerjaan-pekerjaan baru.

Maka itu, kita harus bisa memperkaya diri kita dengan berbagai skill penting agar siap dengan dunia kerja yang cepat berubah. Berdasarkan penelitian World Economic Forum, berikut 10 kemampuan yang kamu butuhkan agar siap menghadapi tantangan revolusi industri 4.0. 

Complex Problem Solving

Complex Problem Solving source: giphy.com

Teknologi emang bikin banyak hal jadi lebih mudah, tapi di sisi lain muncul masalah kompleks baru lainnya. Hampir tiap industri menggunakan teknologi untuk membantu kerjanya. Maka itu, bisa mengoperasikan teknologi aja tidak cukup. Kita harus bisa memanfaatkan teknologi untuk memecahkan suatu masalah.

Menurut laporan WEF, 36% dari semua pekerjaan di seluruh industri akan membutuhkan kemampuan ini sebagai keterampilan utama di tahun 2020.

Critical Thinking

Critical Thinking source: giphy.com

Berpikir kritis. Kita sering banget denger kalau kita harus bisa berpikir kritis. Tapi sebenarnya berpikir kritis itu apa sih?

Berpikir kritis merupakan kemampuan untuk berpikir logis dan bernalar mengenai apa yang perlu dilakukan. Dengan banyaknya teknologi automasi, kemampuan ini kian dibutuhkan nih, Sobat Cakap. Karena bagaimanapun juga, mesin tetap membutuhkan adanya orang yang mengarahkannya.

Akan ada banyak perusahaan yang membutuhkan orang-orang dengan kemampuan berpikir kritis yang bisa mengevaluasi plus minus dari suatu teknologi dan manfaatnya bagi perusahaan di masa depan.

Creativity

Creativity source: giphy.com

Di tahun 2015, kemampuan ini masih berada di urutan nomor 10. Kini, kreativitas menjadi kemampuan nomor 3 yang paling dicari oleh perekrut. Kok bisa ya?

Karena di saat kita dibombardir dengan berbagai teknologi baru, dibutuhkan orang-orang kreatif yang bisa menciptakan inovasi baru sehingga teknologi tersebut bisa digunakan untuk produk atau layanan baru.

People Management

People Management source: giphy.com

Kemampuan yang ini, setidaknya hingga saat ini, belum bisa digantikan oleh robot. Dalam bekerja, apapun industrinya tak terkecuali industri teknologi, pasti berhubungan dengan manusia.

Kemampuan memanajemen manusia akan banyak diminati oleh manajer di berbagai industri khususnya industri media dan energi. Laporan WEF menyebutkan, people management meliputi kemampuan memotivasi orang lain, mengembangkan bakat dan keterampilan karyawan, dan memilih orang terbaik untuk suatu pekerjaan.

Coordinating with Others

Coordinating with Others source: giphy.com

Kemampuan berkoordinasi dengan orang lain ini kelihatannya sederhana, bahkan gampang. Tapi ternyata ini gak kalah penting. Kemampuan sosial kian dibutuhkan, karena pada akhirnya kita gak akan bisa menyelesaikan segala sesuatunya sendiri.

Skill ini meliputi kemampuan untuk berkolaborasi, menyesuaikan diri dengan orang lain, dan kepekaan terhadap kebutuhan orang lain.

Emotional Intelligence

Emotional Intelligence source: giphy.com

Dengan banyaknya industri yang memanfaatkan automasi dan robot, kemampuan ini juga semakin penting lho. Teknologi dan robot emang bisa melakukan banyak hal, tapi mereka gak bisa membaca emosi dan perasaan manusia.

Maka itu, semakin dibutuhkan orang dengan kecerdasaan emosional yang mumpuni, yang memiliki kesadaran akan reaksi orang lain, maupun dampak diri mereka terhadap orang lain.

Judgement and decision-making

Judgement and decision-making source: giphy.com

Kita sering mendengar, ini eranya data. Sekarang data menjadi sesuatu yang begitu bernilai. Oleh karena itu, banyak organisasi yang berlomba-lomba mengumpulkan data.

Dengan begitu banyaknya data, semakin dibutuhkan juga orang-orang yang bisa menganalisis dan menggunakannya untuk mengambil keputusan cermat. Kemampuan ini juga terkait dengan bagaimana memberikan usulan yang kuat kepada manajer.

Service orientation

Service orientation source: giphy.com

Orientasi pada layanan diartikan sebagai secara aktif mencari cara untuk membantu orang lain. Berapa banyak kamu membantu timmu, rekan kerjamu, atasanmu, dan orang-orang di seluruh industri? Kemampuan ini penting banget saat bekerja dalam sebuah tim.

Negotiation skills

Negotiation skills source: giphy.com

Negosiasi? Bukannya kemampuan ini hanya dibutuhhkan oleh beberapa posisi pekerjaan saja? Gak juga lho. Dengan semua yang serba digital, soft skill seperti inilah yang malah kian dibutuhkan, baik itu kemampuan bernegosiasi dengan rekan kerja, atasan, maupun klien.

Kemampuan ini terutama akan sangat dicari dalam pekerjaan komputer dan matematika seperti analisis data (data analysis) dan pengembangan perangkat lunak (software development). Kemampuan ini juga termasuk penting dalam seni dan desain, termasuk desainer industri dan komersil.

Cognitive flexibility

Cognitive flexibility source: giphy.com

Fleksibilitas kognitif. Maksudnya? Jadi skill ini melibatkan banyak hal yakni kreativitas, penalaran logis, dan sensitivitas terhadap masalah. Skill ini juga berarti mampu menyesuaikan gaya komunikasimu berdasarkan lawan bicara.

Perekrut tidak ingin pekerja yang berbicara hal yang sama ke semua orang. Mereka mencari orang yang bisa berpikir secara kritis mengenai siapa yang mereka ajak bicara, dengarkan, dan menyesuaikan komunikasimu terhadap orang tersebut.

Nah itu dia 10 skill yang bakal jadi penting banget di masa depan. Maka itu, kita harus cermat-cermat nih dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan keahlian kita dan terus berupaya untuk mengembangkan diri.

Seperti yang kamu lihat pada daftar di atas, gak cuma soft skill juga gak kalah pentinng ya, termasuk di dalamnya kemampuan komunikasi. Ditambah dengan industri yang semakin terbuka, kemampuan berkomunikasi dalam berbagai bahasa asing khususnya bahasa Inggris jadi semakin penting juga nih.

Kamu bisa melatih kemampuan berbahasa Inggrismu di Cakap lho. Bisa belajar dengan pengajar lokal maupun asing sesuai kebutuhan dan jadwalmu sendiri.

Baca Juga:
Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google