10 Usaha yang Menjanjikan di Desa untuk Jangka Panjang

usaha-menjanjikan-di-desa

Hidup di desa dan jauh dari perkotaan tidak lantas membuatmu ragu untuk memulai bisnis. Faktanya, ada banyak usaha yang menjanjikan di desa dan bisa kamu manfaatkan sebagai peluang menambah penghasilan.

Bahkan dalam beberapa hal, kamu bisa lebih mudah memulai usaha di desa daripada di kota. Misalnya, kamu tidak memerlukan banyak investasi, peraturan ketat, atau dokumen-dokumen terperinci untuk memulai suatu bisnis. So, yuk kita coba jelajahi beberapa ide bisnis yang menguntungkan dan berjangka panjang di desa!

Rekomendasi Usaha yang Menjanjikan di Desa

Apa saja sih peluang usaha yang bisa dilakukan di desa? Ini dia jawabannya!

(1) Usaha Toko Sembako

Toko sembako bisa jadi usaha jangka panjang di desa lho. Bagaimana tidak, di dalam usaha ini terdapat kebutuhan bahan pokok yang wajib ada di rumah dan mau tidak mau harus dipenuhi oleh setiap keluarga. Baik untuk keperluan makan, maupun keperluan lainnya. 

Utamanya, toko sembako menjual sembilan bahan pokok yang terdiri dari beras, minyak, bawang merah, bawang putih, gula, garam, daging sapi, susu, telur, dan gas elpiji. Nah, kamu juga bisa lho menambah beberapa item barang kebutuhan sekunder untuk dijual, misalnya lampu, sabun, deterjen, dan aneka minuman perasa.

(2) Ternak Ayam atau Lele

Selanjutnya ada usaha ternak ayam atau budidaya ikan lele. Pilihlah salah satu dari dua usaha ternak yang menurutmu paling sedikit berisiko dan paling mudah kamu jalankan usahanya. Umumnya, masyarakat desa terbiasa memelihara ayam di belakang rumahnya. Jika kamu bisa merawat ayam dengan baik, kamu bisa lho mengembangkannya menjadi bisnis menjanjikan berupa ternak ayam. Hanya saja, pastinya kamu butuh lahan kosong yang cukup luas dan terbilang jauh dari lokasi penduduk.

(3) Jasa Sewa Backdrop Tunangan/Pernikahan

Jasa sewa backdrop menjadi jasa yang akhir-akhir ini cukup trending. Salah satu faktornya adalah pagelaran acara pertunangan yang lebih dari sekedar tukar cincin. Tidak seperti jaman dulu, para muda-mudi jaman sekarang mengadakan acara yang cukup mewah dengan menyewa backdrop untuk acara pertunangannya.

Jika jasa sewa backdrop makin berkembang, kamu bisa lho memperluas dan memperbesar bisnis menjadi jasa dekorasi pernikahan.

(4) Jasa Rias Pengantin

Kamu tinggal di desa dan jago make-up! Kenapa nggak buka jasa rias pengantin atau MUA saja? Menjadi seorang MUA adalah ide usaha terbaik untukmu, selain mengembangkan skill make-up kamu juga bisa dapat penghasilan yang cukup besar. Untuk sekali rias sederhana seperti wisuda dan pertunangan saja kamu bisa mendapat upah ratusan ribu, apalagi jika kamu merias untuk acara-acara besar seperti pernikahan. Pasti bayaranmu jauh lebih menggiurkan, bukan?

Lihat panduan : Cara Menjadi MUA (Makeup Artist) untuk Pemula hingga Gajinya

(5) Buka Konter Listrik dan Pulsa

Di jaman yang serba teknologi, internet menjadi kebutuhan dasar bagi sebagian besar orang. Untuk tetap berkomunikasi, chatan, dan terhubung dengan jaringan internet, orang-orang butuh pulsa dan paket data. So, membuka konter pulsa adalah ide bagus yang bisa kamu coba. 

Jika menurutmu jasa isi pulsa saja tidak cukup, kamu bisa menambahkan satu usaha lagi secara beriringan, yaitu jasa isi token listrik. Mengingat listrik juga sudah menjadi kebutuhan pokok, maka sudah pasti orang-orang akan membeli pulsa untuk mengisi token listrik di rumah mereka.

(6) Usaha Jahit

Usaha jahit cukup jarang ditemukan di desa. Bahkan, kadang tidak ada sama sekali. Maka dari itu, kamu perlu mencobanya! Jika kamu belum memiliki skill jahit yang mumpuni, kamu bisa mengikuti les menjahit terlebih dahulu. Baru setelah itu, kamu bisa membuka usaha jahit di rumah.

Tenang, usaha ini termasuk usaha yang bisa berjangka panjang kok. Kamu bisa tetap mengoperasikan usaha ini selama mesin jahit, jarum, dan benangmu masih ada. Dan mengenai pelanggan, biasanya usaha ini akan kebanjiran orderan jahit menjelang acara Lebaran, wisuda, dan pernikahan.

(7) Toko Penjual Buah & Sayuran

Ini adalah bisnis sederhana dan paling umum yang dapat dimulai di desa. Siapa sih ibu-ibu yang nggak butuh sayur, tempe, tahu, dan buah-buahan? Membuka toko buah dan sayur bisa sangat potensial lho, terlebih jika desa kamu jauh dari pasar. Dagangan kamu pasti laris diserbu pembeli. 

Untuk memulai bisnis ini, kamu hanya perlu pergi ke pasar lebih pagi, mencari sayur dengan harga grosir dan yang masih fresh. Selepas itu, kamu bisa deh menjajakannya di depan rumah atau bisa juga keliling desa.

(8) Usaha Tanaman Hias

Kamu pernah memperhatikan nggak sih kalau biasanya tanaman yang dianggap biasa-biasa saja di desa, eh ternyata punya nilai jual tinggi di kota. Ini adalah peluang dan kesempatan usaha yang cukup menjanjikan yang bisa dicoba. Kamu bisa membudidayakan tanaman hias sendiri, mengemasnya dalam pot, dan menjualnya secara online atau pun offline. 

Lihat panduan : Peluang Bisnis Tanaman Hias Rumahan yang Menguntungkan Tahun Ini

(9) Membuka Pom Bensin Mini

Jangan salah, hampir setiap rumah di desa memiliki kendaraan berbasis sepeda motor. Kamu bisa menjadikan hal ini sebagai ide untuk memulai bisnis berkeuntungan tinggi, yaitu membuka pom bensin mini.

Memang sih, untuk memulainya sedikit butuh effort, karena kamu juga perlu mengurus perjanjian kerja sama dengan Pertamina Shop. Namun, pikirkanlah keuntungan dan kebermanfaatan yang datang kemudian bisa lebih banyak.

(10) Usaha Aneka Kudapan dan Snack

Akhir-akhir ini kudapan, seperti seblak, telur gulung, bakso aci, dan goreng-gorengan sangat viral di berbagai kalangan.

Buat kamu yang gemar memasak dan memiliki cita rasa masakan yang lezat, usaha ini bisa jadi pilihan terbaik untukmu. Atau jika kamu hobi membuat kue-kue-an, kamu juga bisa mencari referensi tentang cara memulai usaha kue yang efektif dengan modal yang terjangkau.

Kamu cukup membuka warung kecil di depan rumah atau jalan utama desa. Dijamin deh perlahan-lahan usahamu pasti makin di kenal, bahkan nggak menutup kemungkinan kalau warungmu bakal jadi tempat tongkrongan.

Tidak perlu khawatir jika kamu belum mempunyai skill sesuai karir impian atau bisnis yang ingin kamu capai. Sekarang kamu bisa ambil kursus online bersertifikat yang bisa kamu jadikan bekal di Upskill Cakap. ,

Referensi:
– gramedia.com
– startuptalky.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Pelajari Sales & Marketing, Leadership, Hingga Customer Service Untuk Tingkatkan Potensi Penjualan

Subcribe untuk Dapatkan Artikel Upskill lengkap

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap