5 Tips Belajar Bahasa Jepang Agar Bisa Nonton Anime Tanpa Subtitle

tips belajar bahasa jepang
5 Tips Belajar Bahasa Jepang Agar Bisa Nonton Anime Tanpa Subtitle

Budaya populer Jepang seperti anime, manga, dan film sudah mendunia dan penggemarnya pun bisa ditemukan di mana-mana. Apakah kamu termasuk salah satunya? 

Salah satu fenomena menyebalkan dalam menikmati karya-karya unik dan luar biasa dari seniman-seniman Jepang adalah ketidakmengertian kita akan bahasanya. Buat sebagian orang, menonton sambil membaca subtitle adalah hal yang mengganggu dan mengurangi keseruan. Tidak heran banyak yang memiliki goal untuk bisa menonton tanpa subtitle, atau bisa selalu up-to-date ketika ada episode baru manga meskipun belum diterjemahkan. 

5 Tips Belajar Bahasa Jepang Agar Bisa Nonton Anime Tanpa Subtitle

Kebayang kan serunya jejepangan tanpa penghalang bahasa? Jangan cuma duduk dan mengeluh, sekarang waktunya persiapkan dirimu untuk belajar bahasa Jepang!

1. Pelajari hiragana, katakana, dan kanji

Belajar suatu bahasa baru tidak lepas dari mempelajari aksara yang digunakan. Dalam bahasa Jepang, kamu akan berkenalan dengan tiga jenis tulisan yaitu hiragana, katakana, dan kanji. Pelajari ketiganya secara perlahan termasuk bagaimana penggunaannya.  

2. Catat setiap kosakata baru yang kamu temukan

Jika kamu pemula dalam belajar bahasa Jepang yang sangat menyukai anime atau manga, catatlah kosakata yang kamu temukan ketika sedang menonton. Mulailah dari kata-kata yang paling sering digunakan dan paling sering kamu dengar. 

3. Mulai cari tahu tentang pola kalimat sederhana

Secara perlahan, mulailah mempelajari tata bahasa dalam bahasa Jepang dengan memanfaatkan buku pelajaran atau video pembelajaran bahasa Jepang. Bandingkan lah setiap pola yang kamu pelajari dengan kalimat yang sering kamu dengar dalam anime. 

4. Jangan mudah menyerah

Mempelajari bahasa baru memang tidak mudah sekalipun kita sudah familiar dengan bahasa tersebut. Meski demikian, mengingat kembali tujuanmu mempelajarinya adalah hal yang mungkin bisa memotivasimu untuk terus belajar dan tidak menyerah.  

5. Ikut kursus bahasa Jepang

Cara paling terstruktur dan lebih efektif untuk belajar bahasa Jepang adalah dengan mengambil program kursus bahasa Jepang. Selain menerima materi yang diberikan oleh tutor atau pengajar, kamu juga bisa bertanya langsung jika ada yang masih belum dimengerti. 

Bekerjasama dengan Loket.com, Cakap mempersembahkan Cakap Japanese Club yang merupakan paket program khusus pembelajaran bahasa Jepang. Dalam program ini, kamu akan belajar bagaimana menulis hingga menyusun kalimat dalam bahasa Jepang. 

Cakap Japanese Club terdiri dari 24 chapter yang masing-masingnya terdiri dari empat sesi. Dengan kata lain, total sesi yang akan kamu dapatkan adalah 96 sesi yang bisa diambil sekaligus maupun terpisah. Berikut bahasa setiap chapternya ya!

Chapters Topics
Chapter 1 Hiragana
Chapter 2 Katakana
Chapter 3 Partikel I
Chapter 4 Partikel II
Chapter 5 Angka, Tanggal, Hari, dan Jam
Chapter 6 Jikoshoukai
Chapter 7 Watashi no koto
Chapter 8 Sukina koto
Chapter 9 Yume
Chapter 10 Sukina koto 2
Chapter 11 Nigate na koto
Chapter 12 Daijina hito e
Chapter 13 Ryouri no koto
Chapter 14 Ano toki nani wo shiteiru?
Chapter 15 Kenkou ni kankei ga aru koto
Chapter 16 Rekishi
Chapter 17 Shourai nani ni naritai desu ka?
Chapter 18 Koi no koto
Chapter 19 Sukina koto 3
Chapter 20 Tabemono no koto
Chapter 21 Kanashii koto
Chapter 22 Shitai koto
Chapter 23 Ningen toshite
Chapter 24 Gakkou no toki

Cakap Japanese Club ini sudah bisa kamu ambil mulai dari 6 November 2021 hingga 9 Oktober 2022 mendatang. Selain itu, ada diskon menunggu nih buat kamu yang melakukan pembelian di Loket.com. Berikut ketentuannya ya!

  1. Diskon yang didapatkan sebesar Rp50.000
  2. Periode promo 25 Oktober – 7 November 2021
  3. Gunakan kode promo: LOKETJEPANG
  4. Tanpa minimal pembelian
  5. Kuota terbatas
  6. Promo ini berlaku di website Loket.com

Nah, buat kamu yang bercita-cita bisa nonton anime tanpa subtitle dan baca manga tanpa nunggu terjemahan, bisa langsung beli paketnya di sini. Pastikan kamu serius memahami setiap materinya, ya. Ganbatte kudasai, minna-san!

Hilda Khairunnisa
A Content Writer who believed in balancing research and creativity to produce high-quality content.