SEO Content Writer: Tugas, Cara Menjadi, Gaji, Bedanya dengan Writer

seo-content-writer-arti-adalah

Selain content writer dan copywriter, masih ada banyak jenis writer atau penulis lainnya yang mesti kamu tahu. Salah satu profesi writer yang juga cukup potensial dan populer adalah SEO content writer. Dari nama profesinya, terlihat jelas bukan bahwa skill yang harus dimiliki SEO content writer adalah gabungan antara teknik SEO dan kemampuan sebagai content writer. 

Lantas, apa sih pengertian dari SEO content writer? Lebih jelasnya, simak uraian berikut yang dilengkapi juga dengan job description SEO content writer, gaji, jenjang karier, dan skill wajib yang harus dimiliki SEO content writer.

Table of Contents

Pengertian SEO Content Writer

SEO content writer adalah seorang yang menulis konten berupa artikel sesuai dengan kaidah atau teknik SEO yang berlaku. Para SEO content writer tidak hanya harus tau cara membuat artikel yang baik dan benar, tapi juga menggunakan keyword yang potensial atau paling banyak dicari.

Tujuan utama dari penulisan artikel yang mengikuti panduan SEO adalah membuat konten berkualitas tinggi yang berfokus pada keyword atau kata kunci. Juga dapat meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan, sehingga nantinya artikel akan muncul di bot mesin pencarian (Google) di peringkat halaman web yang paling relevan dan teratas.

Profesi yang satu ini, kini dianggap menjadi salah satu profesi yang potensial karena banyak dicari dan diminati.

Tugas dan Tanggung Jawab SEO Content Writer

Apa saja sih job description seo content writer? Seorang SEO content writer punya tanggung jawab lebih selain menulis artikel dengan keyword yang potensial. Berikut ini beberapa list job description SEO writer yang perlu kamu tahu!

  • Membuat konten berkualitas tinggi untuk website atau blog
  • Menggunakan dan menerapkan strategi SEO dalam penulisan kontennya
  • Mengatur jadwal penulisan dan timeline publikasi artikel
  • Mencari keyword-keyword dengan volume dan traffic yang tinggi
  • Mengevaluasi Key Performance Indicator
  • Bekerja sama dengan tim penulis lain serta menerima feedback dan saran dari tim redaksi

Skill yang Harus Dimiliki SEO Content Writer

Untuk menjadi SEO content writer profesional, kamu harus memiliki skill-skill dasar berikut ini:

(1) Memahami Kaidah SEO Friendly

Seorang SEO content writer tidak boleh menulis secara sembarang. Mereka harus memahami apa itu SEO Friendly. Bagaimana cara menulis sesuai dengan SEO. Misalnya, kamu perlu memperhatikan penyebutan kata kunci, penempatan heading, optimasi image, dan kaidah-kaidah lainnya dalam membuat artikel.

Ketika tulisan yang berkualitas dipadukan dengan teknik SEO yang baik dan benar, maka akan menghasilkan konten yang apik dan mampu dilacak mesin pencarian dengan mudah. 

(2) Menulis Sesuai Keywords

Menulis sesuai keyword adalah salah satu skill yang harus dimiliki SEO content writer karena seorang SEO content writer tidak bisa menulis tanpa adanya keyword. Topik-topik yang ditulis haruslah berasal dari keyword yang sudah di-research. Keywords atau kata kunci yang paling sering dicari audiens itulah yang nantinya menjadi acuan kamu ketika akan menulis artikel. Cara riset keyword yang bisa kamu lakukan misalnya dengan melihat keyword yang digunakan kompetitor atau menggunakan tools seperti Semrush dan Ahrefs.

(3) Tahu Apa Itu Search Intent

Search intent adalah alasan mengapa orang-orang mencari keyword yang akan ditulis. Mengetahui apa itu search intent sangat penting terutama agar bisa mendapatkan informasi lebih dan artikel yang kamu tulis nantinya bisa mudah mendapatkan rangking Google.

(4) Menulis Topik Lebih dari Kata Kunci

Keahlian yang perlu dimiliki oleh setiap penulis konten SEO profesional adalah kemampuan menulis topik artikel di atas kata kunci. Maksudnya adalah SEO content writer harus bisa dan lebih fokus menulis topik artikel daripada sekedar kata kunci. Selanjutnya, SEO content writer juga harus bisa menulis dengan berbagai gaya penulisan. Ketika harus menulis artikel parenting, maka gaya penulisannya harus bisa to the point, jelas, dan mudah dipahami oleh orang tua.

(5) Mengikuti Trend

Sebagai profesi yang berkaitan erat dengan dunia konten dan penyampaian informasi, maka wajib bagi para SEO content writer untuk peka terhadap trend yang sedang maupun akan berlaku. Semakin kalian up-to-date, maka artikel-artikel atau konten-konten yang dihasilkan akan mendapatkan engagement yang tinggi. 

seo-content-writer-arti
Photo from Freepik

Perbedaan Content Writer dan SEO Content Writer

Apa perbedaan content writer dan SEO content writer? Bukannya sama-sama menulis artikel ya? Meskipun demikian, keduanya memiliki perbedaan yang cukup jelas. 

Content writer adalah profesi penulis yang bertugas untuk menyediakan konten tulisan di blog maupun website. Dengan tujuan untuk memberi informasi dan mengedukasi audiens tentang produk dan layanan perusahaan. Yang paling utama, cara menjadi content writer adalah kamu harus rajin membaca dan menulis.

Sementara SEO content writer berfokus pada kebutuhan SEO, memahami teknik-tekniknya, serta melakukan riset keyword lebih lanjut dan memantau performa artikel di mesin pencarian.

Lihat panduan : Content Writer 101: Pengertian, Tugas, Skill Wajib, dan Gaji

Cara Menjadi SEO Content Writer

Apa saja sih yang harus dilakukan jika kamu ingin menjelajahi karier sebagai SEO content writer profesional? Berikut ini ada beberapa tips dan cara menjadi SEO content writer.

(1) Memiliki Pengalaman dan Mau Belajar

Bagi para SEO content writer, pengalaman adalah hal penting yang harus dimiliki. Atau setidaknya, jika tidak memiliki banyak pengalaman, jangan berhenti untuk belajar. Menggali lebih banyak lagi pengetahuan-pengetahuan baru seputar SEO dan content writer.

Semakin baik pengalaman yang kamu miliki, maka portofolio-mu juga akan makin bagus dan menarik.

(2) Memiliki Kreativitas Tinggi

Cara menjadi SEO content writer selanjutnya adalah memiliki kreativitas tinggi. Berpikir kreatif dan menuangkan ide-ide cemerlang dalam konten akan mampu membuat tulisan atau artikelmu lebih menarik untuk dibaca.

(3) Update Perkembangan Algoritma Mesin Penelusur

Algoritma dalam setiap mesin pencari selalu berkembang dari waktu ke waktu. Menjadi seorang SEO content writer berarti menuntutmu untuk terus beradaptasi dengan algoritma mesin pencarian.

Peluang Karier dan Gaji SEO Content Writer

Saat ini, profesi sebagai SEO content writer termasuk dalam profesi yang paling banyak dicari di perusahaan. Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat perusahaan perlu mengikuti arus, memasarkan produk lewat berbagai macam media termasuk website dan blog. Maka dari itu, peluang karier profesi SEO content writer cukup menjanjikan.

Kamu juga nggak perlu khawatir soal gaji. Sebagai seorang SEO content writer, kamu bisa mendapatkan gaji yang cukup menggiurkan. Rentang gaji rata-rata yang bisa kamu dapatkan sebagai seorang SEO content writer sekitar 4-10 jutaan per bulan. Menarik, bukan?

So, itu dia penjelasan lengkap seputar SEO content writer. Kalau kamu tertarik mendalami profesi tersebut, harus mulai belajar teknik-teknik SEO dan kepenulisan dari sekarang. Nah, buat kamu yang ingin belajar bagaimana cara menulis profesional, kamu bisa ikutan kelas menulis profesional di Cakap Upskill. Dengan mengikuti kursus online bersertifikat tersebut, kamu bisa menyiapkan diri untuk memulai karir sesuai yang kamu inginkan dengan bekal pengetahuan sesuai yang dibutuhkan industri. Selamat mencoba!

Referensi:
-searchenginejournal.com
-digitalskola.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.