10 Cara Menjadi SEO Specialist untuk Pemula dari Nol

cara menjadi seo specialist
cara menjadi seo specialist

Di dunia digital yang kompetitif, banyak orang yang ingin tahu bagaimana cara menjadi SEO specialist dan terjun dalam bidang yang satu ini.

Sebagai seorang SEO specialist, kamu akan memiliki peran yang penting dalam memahami algoritma mesin pencari dan menerapkan teknik-teknik yang relevan untuk memperbaiki peringkat dan penempatan situs web di hasil pencarian.

Jika kamu memiliki minat dalam dunia digital marketing dan analisis data, menjadi seorang SEO specialist bisa menjadi pilihan karier yang menjanjikan bagimu.

Ketahui lebih lanjut mengenai beberapa cara menjadi SEO specialist dalam artikel berikut ini.

Cara Menjadi SEO Specialist agar Expert

SEO specialist adalah seorang profesional yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengoptimalkan situs web agar mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil mesin pencari/search engine results pages (SERP).

SEO specialist biasanya bekerja sama dengan tim web developer, pemasaran digital, SEO content writer, dan manajemen produk untuk memastikan situs web mencapai tujuan bisnis yang ditentukan dan mendapatkan organic traffic yang tinggi.

Ada banyak hal yang perlu dikuasai sebagai syarat menjadi SEO specialist.  Namun, jika kamu bertanya berapa lama belajar SEO, maka hal ini tergantung dari pribadi masing-masing.

Untuk menjadi seorang SEO specialist, kamu bisa memulainya dengan mengetahui beberapa hal berikut ini.

1. Mempelajari Dasar SEO

Apa saja yang harus dipelajari untuk menjadi SEO Specialist? Untuk menjadi  ahli dalam bidang apa pun, termasuk SEO, kamu harus menguasai dasar-dasarnya. 

Untuk menjadi ahli SEO, terdapat tiga komponen yang perlu kamu kuasai, di antaranya:

  •  Jenis konten yang dibutuhkan dan diharapkan pengguna atau intent.
  •  Bagaimana mesin pencari bekerja.
  •  Tools, teknik, dan strategi untuk mengoptimalkan situs web dan kontennya.
  • Mempelajari dasar SEO on page dan off page

Kamu bisa mempelajari SEO on page pada panduan berikut: Arti, Contoh, dan Cara Optimasi SEO On Page

2. Memahami Cara Kerja Search Engine

Tujuan utama  SEO adalah menampilkan konten website kamu di halaman pertama mesin pencari atau hasil pencarian, khususnya Google. 

Mesin pencari bekerja dengan melakukan tiga hal utama, yaitu: 

  • Crawling: Meneliti Internet untuk melihat konten atau kode dari setiap URL yang ditemukan. 
  • Indexing: Penyimpanan dan kategorisasi konten yang ditemukan selama pengindeksan. Setelah halaman diindeks, halaman tersebut akan muncul saat seseorang mencari kata kunci terkait. 
  • Ranking: Mengurutkan konten yang paling menjawab pertanyaan.

 

3. Membuat Website Sendiri

Cara menjadi SEO specialist berikutnya adalah berlatih dengan membuat situs web kamu sendiri sebelum membuat website profesional.  Memiliki website sendiri memberikan kamu kebebasan untuk bereksperimen pada hal baru tanpa khawatir akan merugikan siapapun.

Mulailah dengan blog sederhana, pilih topik yang ingin kamu diskusikan untuk mempermudah pembuatan konten. Bagaimanapun, praktik SEO adalah cara terbaik untuk menjadi expert.

Apakah SEO Specialist harus bisa coding?

Sebetulnya, tidak harus. Karena kamu bisa memanfaatkan platform pembuatan website seperti menggunakan WordPress, WIX, dan lainnya. Namun tidak menutup kemungkinan di perusahaan akan membutuhkan dasar-dasar coding untuk mengoptimasi website mereka. 

4. Menguasai Tools SEO

Seorang ahli SEO  juga harus terbiasa dengan berbagai alat SEO untuk meningkatkan kualitas dan kinerja halaman web. 

Dua tools utama yang harus dikuasai SEO specialist adalah Google Search Console dan Google Analytics. Google Analytics menunjukkan seberapa baik kinerja situs web.  Sementara itu, Google Search Console berguna untuk menemukan konten yang perlu dioptimasi. 

Selain itu, kamu dapat memanfaatkan beberapa tools online lainnya, seperti Screaming Frog, Ahrefs, atau SEM Rush. Cek tools terbaik untuk digital marketing: 10 Tools Digital Marketing yang Paling Berguna dan Fungsinya

5. Terus Mengembangkan Skill

Mengembangkan keterampilan bagi seorang spesialis SEO sangat penting karena algoritma mesin telusur terus berkembang dan mengalami perubahan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa mengembangkan skill sebagai seorang SEO specialist sangat penting:

  • Perubahan algoritma: Mesin telusur seperti Google secara teratur melakukan pembaruan algoritma untuk memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dan berkualitas tinggi kepada pengguna. Dengan mengembangkan keterampilan, SEO specialist dapat tetap up-to-date dengan perubahan tersebut dan mengoptimalkan situs web sesuai dengan algoritma terbaru.
  • Persaingan yang ketat: Dunia online sangat kompetitif, dan banyak bisnis bersaing untuk mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian. Pakar SEO dapat mengidentifikasi peluang, mengetahui cara riset keyword, mengoptimalkan strategi, dan memberikan riset kompetitor bagi klien atau perusahaan.
  • Kemampuan menganalisis dan melacak: SEO specialist yang terampil harus mampu melakukan analisis dan melacak data yang relevan, termasuk traffic, perilaku pengguna, dan metrik kinerja lainnya.

6. Menyusun Portofolio

Portofolio adalah bagian penting yang disertakan saat melamar pekerjaan. Portofolio memungkinkan kamu untuk menunjukkan keterampilan dan hasil kinerja kamu. 

Dalam portofolio, kamu dapat menyertakan strategi yang telah dicoba, serta menjelaskan strategi mana  yang berhasil dan mana yang tidak. Kamu juga dapat menambahkan informasi  tentang hasil eksekusi.

Dengan portofolio ini, kamu bisa menunjukkan bahwa kamu memiliki pemahaman yang kuat tentang proses dan hasil dengan menunjukkan penelitian, perencanaan, analisis, dan pemikiran strategis mengenai SEO.

7. Memahami Penilaian Google terhadap Konten

Memahami cara kerja Google saja tidak cukup untuk menjadikan kamu ahli SEO.  Namun, kamu juga perlu mengetahui bagaimana mesin pencari mengevaluasi konten kamu hingga akhirnya menempatkannya di halaman pertama. 

Penilaian ini dikenal dengan istilah E-E-A-T, yang mencakup:

  • Experience.
  • Expertise.
  • Authoritativeness.
  • Trust.

Dengan kata lain, keempat hal inilah yang memastikan bahwa sebuah konten telah mengandung informasi yang benar, bukan penipuan. Jadi, halaman yang direkomendasikan oleh Google juga berkualitas tinggi.

8. Update Informasi tentang SEO

Karena algoritme Google  berkembang pesat, teori dan praktik SEO dapat berubah seiring waktu. Perlu diketahui bahwa Google mengubah algoritmanya hingga 250 kali  dalam setahun. Seorang SEO specialist harus memahami perubahan ini dan dapat dengan cepat  menerapkan algoritma baru di situs web mereka.

9. Banyak Mempelajari tentang Data

Saat kamu terjun ke dunia SEO, kamu akan melihat bahwa ada banyak istilah marketing terkait data. Tanpa informasi ini, akan sulit mengukur kemajuan upaya SEO kamu. 

Beberapa contoh metrik SEO meliputi: 

  • Views: Berapa kali halaman kamu dilihat di SERP.
  • Click: Berapa kali halaman kamu diklik di SERP.
  • CTR: Persentase tayangan yang menghasilkan klik.
  • Organic sessions: Frekuensi halaman dilihat di browser.
  • Average position: Seberapa dekat halaman kamu dengan bagian atas  SERP. 

Selain  mengukur kemajuan upaya SEO kamu, kamu juga akan menerima informasi penting yang dapat membantu membentuk strategi kamu.

10. Mengikuti Kursus Online Bersertifikat

Cara menjadi SEO specialist berikutnya adalah mengikuti kursus online yang menawarkan sertifikat. Dengan mengikuti kursus SEO, kamu dapat memastikan bahwa kamu memiliki pengetahuan yang diperlukan untuk karier SEO.

Tidak perlu khawatir tentang jarak, karena kamu dapat mengikuti kursus SEO online bersertifikat dari mana saja untuk calon SEO Specialist di Cakap Upskill.

Memiliki sertifikat SEO akan membantu meningkatkan kredibilitas kamu sebagai SEO specialist dan menambah nilai plus pada portofolio milikmu.

Mari tingkatkan keterampilanmu dalam bidang SEO dan mulai membangun karier yang sukses di dunia digital. Daftar sekarang dan jadilah ahli SEO bersama Cakap Upskill!

Baca Juga

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup