Struktur dan Contoh Announcement dalam Bahasa Inggris

pengumuman dalam bahasa inggris

Kamu pasti sering menemukan dan membaca sebuah teks yang berisi pengumuman, baik di tempat-tempat umum maupun lewat chat-chat di obrolan Whatsapp, atau sosial media lainnya yang biasa kamu terima. Kamu mungkin sering membaca atau menerima pengumuman berbahasa Indonesia, tapi pernahkah kamu membaca pengumuman dalam bahasa Inggris? Kalau belum, yuk coba cari tahu bagaimana struktur dan contohnya!

Announcement

pengumuman dalam bahasa inggris

Pengumuman dalam bahasa Inggris dikenal dengan kata “announcement”. Biasanya, pengumuman berisi tentang informasi atau pernyataan yang disebarluaskan kepada publik/orang-orang yang berkepentingan. Tujuannya adalah agar mereka semua memperoleh informasi tersebut dengan tepat dan sesuai fakta. Announcement dapat berbentuk tulisan maupun lisan.

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Struktur Announcement

pengumuman dalam bahasa inggris

Agar dapat menyampaikan pengumuman dalam bahasa Inggris secara mudah dan tepat sasaran, kamu perlu memahami struktur-strukturnya dengan baik. Announcement biasanya terdiri dari dua struktur utama, yaitu:

Title:
Title atau judul biasanya menjadi sebuah teks pembuka yang berisi inti dan tujuan dibuatnya pengumuman tersebut (isi secara garis besar).

Explanation:
Merupakan bagian inti yang berisi penjelasan dari teks sebelumnya. Di sinilah topik/isi dari sebuah announcement dijelaskan. Informasi yang disampaikan pada bagian ini biasanya sangat detil.

Jika dilihat secara tata bahasa, biasanya pengumuman dalam bahasa Inggris ditulis dengan simple present tense dan simple future tense.

Gaji Meningkat 30% dengan Skill Bahasa Inggris, Saatnya Kamu Mulai Belajar

Contoh Announcement

pengumuman dalam bahasa inggris

Setelah mengetahui pengertian dan struktur pengumuman dalam bahasa Inggris, saatnya mengamati contoh pengumuman dalam bahasa Inggris berikut! 

Performing Arts Festival

For all Jaya Nusantara High School students

In order to celebrate the festival of art performances, we are proud to present the art festival competition. Here is the list of competitions that you can take part in: 

  1. traditional dance
  2. modern dance
  3. band
  4. painting

Participants must submit personal data in the form of names and choices of competitions to the committee before November 27, 2021.

Regards,
Chairman of the Committee

 

Literary Carnival

To all students of literature and language FIB, Unpad

In conjunction with the literary carnival, we will be holding a series of activities for 3 days, the culmination of which will be on Saturday at 5.00 PM. The event will also be enlivened by special performances from top bands and singers.

Before attending the event, students are required to register and confirm attendance to the event committee.

Regards,

Head of the Literary Carnival

Setelah memahami materi di atas, sekarang kamu bisa membuat pengumuman dalam bahasa Inggris versi dirimu sendiri!

Masih ingin belajar materi bahasa Inggris lainnya? Yuk daftarkan dirimu di kursus bahasa Inggris online Cakap! Di sana kamu bisa belajar banyak materi menarik bareng teachers profesional yang asik. Kamu juga bebas atur jadwal belajarmu sendiri! Tunggu apa lagi? Daftar Cakap sekarang!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks