Materi Bahasa Mandarin Dasar untuk Pemula Lengkap & Terbaru

materi-bahasa-mandarin

Bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa dengan jumlah penutur terbanyak di dunia. Dilansir dari Statista, per 2023 ini, penutur bahasa Mandarin mencapai 1,113 miliar orang. Jumlah tersebut bukan hanya terdiri dari penutur asli saja, tetapi ada juga penutur asing yang baru belajar bahasa Mandarin. 

Jika kamu salah satu penutur asing yang baru akan mulai belajar bahasa Negeri Tirai Bambu ini, yuk cari tahu apa saja materi Bahasa Mandarin yang wajib dipelajari pemula!

Table of Contents

Hanzi 

Hanzi menjadi salah satu materi yang dipelajari dalam pembelajaran basic Mandarin. Kamu pasti sudah tahu bukan apa itu hanzi? Hanzi sendiri adalah huruf bahasa Mandarin. Jadi jika kamu melihat huruf-huruf atau goresan-goresan bahasa Mandarin, seperti 爸, 怕, itulah hanzi.

Hal menarik tentang bahasa Mandarin yang harus kamu tahu adalah huruf ini tidak mengenal alfabet. Satu huruf bahasa Mandarin saja, bisa mewakili satu kata. Misalnya, 日 (ri) yang berarti matahari. 

Maka dari itu, jumlah hanzi dalam bahasa Mandarin ini memiliki jenis dan bentuk yang berbeda. Jika dihitung, totalnya bisa mencapai 80-90 ribu huruf. Namun, yang paling sering digunakan hanya sekitar 3500 huruf saja.

Biar makin jelas dan mengenal piktogram-piktogram hanzi, yuk cek materi hanzi lengkap dengan vokal dan konsonannya di sini: Mengenal Huruf-Huruf Bahasa Mandarin.

Pinyin

Hanzi dan pinyin merupakan dua materi yang tidak dapat dipisahkan. Artinya, jika kamu belajar hanzi, maka untuk membacanya kamu perlu mengenal pinyin. Yap! Karena pinyin sendiri merupakan romanisasi atau transkripsi yang membantumu untuk membaca hanzi.

Penulisan pinyin sama dengan alfabet di bahasa Indonesia. Namun, ejaan dan pengucapannya berbeda. 

Untuk lebih jelasnya, perhatikan tabel berikut:

Hanzi 

Pinyin 

午安

(wǔ ān)

(māo)

(hǎo)

Selengkapnya tentang materi pinyin bisa kamu cek di sini: Mengenal Pinyin Bahasa Mandarin.

Pelafalan Bahasa Mandarin

Pelafalan adalah proses atau cara melafalkan kata. Apa yang tertulis dan apa yang dibaca/diucap dalam bahasa Mandarin berbeda. 

Kamu bisa mempelajari materi pelafalan bahasa Mandarin sejalan dengan materi hanzi dan pinyin. Berikut beberapa contoh aksara mandarin lengkap dengan pinyin dan pelafalannya.

Hanzi

Pinyin

Pelafalan

快  

(kuài) 

/kway/

光  

(guāng)

/gwang/

黑  

(hěi)

/hey/

Yuk, belajar lagi tentang pelafalan bahasa Mandarin lewat materi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Mandarin.

Nada Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin adalah bahasa bernada. Yang mana, setiap bunyi mempengaruhi makna dari kata yang diucapkan. Beda nada maka bisa jadi beda makna.

Dalam bahasa Mandarin ada 4 nada yang harus kamu pelajari, yaitu:

  • Nada 1 → suara datar, ditandai dengan goresan (ˉ)
  • Nada 2 → naik dari nada rendah ke tinggi, ditandai dengan goresan (ˊ)
  • Nada 3 → melengkung, dari turun kemudian naik lagi, ditandai dengan foresan (ˇ)
  • Nada 4 → turun tegas, dari tinggi ke rendah, ditandai dengan goresan (ˋ)

Untuk mengetahui materi selengkapnya tentang nada dan contoh kalimatnya, cek di sini: Nada dalam Bahasa Mandarin.

Kosakata Dasar Bahasa Mandarin

Ketika belajar bahasa Mandarin, kamu perlu mempelajari tentang materi-materi seputar kosakata. Nah, berikut ini beberapa kosakata dasar bahasa Mandarin yang harus kamu tahu:

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Mandarin Gratis

Grammar

Grammar atau tata bahasa dalam bahasa Mandarin disebut dengan 语法 (Yǔfǎ). Berbeda dengan bahasa Inggris, bahasa Mandarin sendiri sebenarnya tidak banyak memiliki aturan dalam tata bahasanya. Bahasa Mandarin juga tidak memiliki bentuk kata jamak atau keterangan waktu yang rumit.

Materi grammar bahasa Mandarin sendiri mencakup tata cara pembentukan kalimat sederhana. Mulai dari kalimat positif, kalimat negatif, hingga kalimat tanya. Dalam menyusun kalimat-kalimat bahasa Mandarin sangat bergantung pada konteks dan urutan logis.

Pelajari selengkapnya dalam: Grammar 101 Bahasa Mandarin.

Past Tense Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin juga memiliki bentuk past tense atau bentuk lampau lho. Untuk membedakan waktu kapan terjadinya peristiwa lampau dalam bahasa Mandarin, kamu bisa menggunakan 5 struktur kalimat lampau dalam bahasa Mandarin berikut:

  • Verb + 了 (le)
  • Verb + 过 (guò)
  • 已经 (yǐjīng) + Verb + 过 (guò) + Object + 了 (le)
  • 没 (méi) + Verb
  • 没 (méi) + Verb + 过 (guò)

Penjelasan lengkapnya bisa kamu lihat dalam artikel: Past Tense Bahasa Mandarin.

Partikel Bahasa Mandarin

Partikel adalah kata yang biasanya tidak dapat diderivasikan atau diinfleksikan, mengandung makna gramatikal dan tidak mengandung makna leksikal. Beberapa partikel bahasa Mandarin yang penting dan sering dipakai adalah:

  • 在 (Zài) → di/sedang
  • 再 (Zài) → lagi
  • 过 (guo) → pernah

Partikel-partikel di atas menempati penggunaan dan fungsi yang berbeda tergantung konteks kalimatnya. Lebih lengkapnya cek di sini:

Tanda Baca Bahasa Mandarin

Untuk memahami sebuah kalimat, kamu juga perlu mempelajari tanda baca. Bahasa Mandarin mengenal banyak tanda baca yang hampir mirip dengan bahasa Indonesia.

Berikut beberapa tanda baca bahasa Mandarin:

  • 句号 (jùhào) → tanda “ 。”
  • 逗号 (dòuhào) → tanda “、”
  • 书名号 (shūmínghào) → tanda 《》
  • 问号 (wènhào) → tanda “?”

Macam-macam tanda baca dan penjelasan lengkapnya bisa kamu lihat di sini: Tanda Baca Bahasa Mandarin.

Materi Bahasa Mandarin SD

Materi Bahasa Mandarin di tingkat SD di setiap kelas atau tingkatannya berbeda-beda. Namun, secara garis besar, mereka yang duduk di bangku sekolah dasar belajar beberapa materi berikut:

  • Perkenalan diri dalam bahasa Mandarin
  • Nama warna dalam bahasa Mandarin
  • Angka dalam bahasa Mandarin
  • Nama-nama benda dalam bahasa Mandarin
  • Menulis teks aksara bahasa Mandarin

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa membaca detail pelajaran Bahasa Mandarin SD untuk setiap kelasnya dalam artikel ini: Materi Bahasa Mandarin SD Kelas 1 sampai 6 Lengkap.

Demikianlah materi-materi dasar Bahasa Mandarin yang perlu kamu pelajari sebagai pemula. 

Buat kamu yang ingin serius belajar bahasa Mandarin bersama laoshi-laoshi profesional, yuk daftarkan dirimu di kelas bahasa Mandarin online Cakap! Di sana kamu bisa belajar banyak materi, mulai dari materi pinyin hingga materi pembentukan kalimat sederhana. So, tunggu apa lagi cek kelasnya sekarang karena #SiapaCakapDiaDapat!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Kuasai Mandarin dan Siap Bersaing di Perusahaan Multinasional

Faktanya China merupakan:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat