Mengenal Warna dalam Bahasa Mandarin, Banyak Variasinya!

warna dalam bahasa mandarin

Warna dalam bahasa Mandarin bisa dibilang mudah dihafal untuk seseorang yang bukan penutur asli. Karakter penulisan dalam setiap warna yang menjadi turunannya sangat identik dengan silabel warna yang menjadi induknya. Sebagai contoh, untuk warna putih bisa disebut dengan 白色 (bái sè), dan warna turunannya pasti akan mendapati silabel ‘bái’ pada akhir kosakatanya, seperti putih gading (象牙白 xiàng yá bái).

Gimana? Menarik dan bikin penasaran bukan? Setelah sebelumnya membahas mengenai warna dalam bahasa Jepang dan bahasa Korea. Sekarang saatnya kamu mengenal warna dan namanya dalam bahasa Mandarin, agar kosakata ‘warna’ yang kamu punya semakin bertambah dan variatif.

Warna Bahasa Mandarin

                                                       via GIPHY

Warna dalam bahasa Mandarin dikenal dengan kata “颜色 yánsè”. Hampir mirip dengan warna dalam bahasa Korea atau warna yang mungkin kamu kenal, bahasa Mandarin warna juga cukup variatif bahkan cenderung lebih lengkap. Dari warna-warna dasar kemudian dikembangkan menjadi warna-warna turunan yang menjadikannya kian banyak.

Untuk mempersingkat rasa penasaranmu tentang warna dalam bahasa Mandarin, yuk langsung saja simak penjelasan nama-nama warna bahasa mandarin berikut ini;

Warna Putih

Putih merupakan warna dasar yang bisa dibilang sebagai warna netral. Bahasa Mandarin mengenal beragam warna turunan dari warna putih. Seperti yang sudah ditulis di atas, penyebutan untuk warna putih dalam bahasa Mandarin adalah 白色 (bái sè), warna putih memiliki beberapa turunan warna, yaitu putih gading (象牙白 xiàng yá bái), putih kerang (牡蛎白 mǔ lì bái), putih giok (玉石白 yù shí bái), dan putih beras (米白 mǐ bái). Dari beberapa turunan warna tersebut, warna putih beras tidak cukup populer di Indonesia.

Warna Merah

Warna yang bisa dibilang sangat menyala dan mencolok ini memiliki banyak variasi yang menjadi turunannya loh, bahkan mungkin ada beberapa warna merah yang baru kamu dengar.

Warna merah dalam bahasa mandarin dikenal dengan sebutan  红色 和 hóngsè. Oleh sebab itu, setiap turunan kata merah selalu diakhiri dengan ‘hóng’.

Salah satu turunan dan warna ini adalah pink (粉红 fěn hóng) atau sering juga disebut sebagai warna merah jambu. Selain pink, warna yang menjadi turunan warna merah adalah merah mawar (玫瑰红 méi gūi hóng), vermilion (朱红  zhū hóng), merah maroon (枣红 zǎo hóng), merah lotus (莲红 lián hóng), merah coral (珊瑚红 shān hú hóng), dan merah scarlet (绯红 fēi hóng).

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Mandarin Gratis

Warna Hijau

Hijau merupakan warna yang bisa dibilang ‘teduh’ karena warna ini seakan membawa seseorang pada alam. Warna dalam bahasa Mandarin yang satu ini disebut dengan 绿色 lǜ sè. Pada setiap turunan warna hijau, selalu diikuti dengan ‘lǜ’ di akhir silabelnya.

Seperti warna-warna sebelumnya, hijau juga memiliki beberapa variasi atau warna turunan, seperti hijau olive/zaitun (橄榄绿 gǎn lǎn lǜ), hijau teh (茶绿 chá lǜ), hijau apel (苹果绿 píng gǔo lǜ), hijau hutan (森林绿 sēn lín lǜ), hijau rumput (草绿 cǎo lǜ), dan warna hijau yang mungkin jarang kamu dengar, yaitu hijau bawang daun (葱绿 cōng lǜ).

Warna Biru

Pernahkah kamu mendengar kata 蓝色 (lán sè)? Begitulah warna biru disebut dalam bahasa Mandarin. Warna biru ini cukup mudah dihafal, karena di dalam semua unsurnya pasti diikuti dengan silabel ‘lán’.

Ada warna turunan dari warna biru yang namanya sangat cantik, yaitu azure (蔚蓝 wèi lán). Selain itu warna dalam bahasa Mandarin yang satu ini juga memiliki tiga warna turunan lain, seperti biru langit (天蓝 tiān lán), biru laut (海洋蓝 yuè guāng lán), dan biru danau (湖蓝 hú lán).

Warna Kuning

Warna dalam bahasa Mandarin selanjutnya adalah kuning, yang juga disebut dengan 黄色 huáng sè. Salah satu warna kuning yang mungkin namanya jarang didengar adalah warna kuning aprikot (杏黄 xìng huáng) dan tangerine (桔黄 jú huáng). Turunan lain dari warna kuning adalah kuning lemon (柠檬黄 níng méng huáng),  dan kuning emas (金黄 jīn huáng).

Warna Ungu

Salah satu warna yang tak kalah menarik untuk diulik adalah ungu. Warna ungu sendiri dalam bahasa Mandarin dikenal dengan sebutan 紫色 (zǐ sè). Warna yang biasanya melambangkan kecantikan dan emosi yang dalam ini memiliki beberapa variasi, yaitu violet (紫罗兰色 zǐ lúo lán sè), ungu anggur (葡萄紫 pú táo zǐ), ungu mawar (玫瑰紫 méi gūi zǐ), dan warna turunan terakhir dari warna ungu yang cukup unik dan terdengar sendu adalah gloomy (暗紫 àn zǐ).

Skill Bahasa Mandarin Buka Pintu Kesempatan Baru, Saatnya Kamu Mulai Belajar

Warna Hitam

Hitam merupakan warna netral yang tingkat keserasiannya dengan warna lain cukup tinggi. Bahasa Mandarin dari warna hitam adalah 黑色 (hēi sè). Bahasa mandarin mengenal beberapa turunan warna hitam yang cukup unik, yaitu warna hitam tanah (土黑 tǔ hēi), hitam batu bara (煤黑 méi hēi), hitam karbon (碳黑 tàn hēi), hitam perunggu tua (古铜黑 gǔ tóng hēi), dan hitam besi (铁黑 tiě hēi).

Warna Abu-Abu

Abu-abu merupakan warna yang berada di antara warna hitam dan putih. Dalam bahasa Mandarin warna ini dikenal dengan sebutan 灰色 (hūi sè).  Turunan dari warna bahasa Mandarin abu-abu yang mungkin sangat jarang didengar adalah abu-abu asap (烟灰 yān hūi).

Turunan warna lain dari abu-abu adalah abu-abu besi (铁灰 tiě hūi) dan abu-abu timah (铅灰 qiān hūi)

Warna Cokelat

Last but not least, adalah cokelat. Warna dalam bahasa Mandarin ini disebut dengan 棕色 zōng sè.Tidak seperti warna-warna sebelumnya, warna cokelat tidak memiliki banyak turunan warna, hanya ada dua warna yang paling dikenal, yaitu cokelat kemerahan (红棕 hóng zōng) dan cokelat keemasan (金棕 jīn zōng).

Warna dalam bahasa Mandarin memiliki kosakata yang relatif pendek dan silabel yang sama dengan kosakata warna yang menjadi induknya, sehingga cukup mudah untuk dihafal dan dipahami.

Selain mengenai warna, banyak materi bahasa Mandarin yang menarik untuk dipelajari dan digali lebih dalam. Untuk kamu yang ingin belajar bahasa Mandarin lebih jauh dan lebih serius lagi, Cakap bisa menjadi partner terbaik yang akan membantumu lancar berbahasa Mandarin. Lewat kursus bahasa Mandarin online di Cakap, kemampuan bahasa Mandarinmu akan semakin meningkat. Yuk segera daftarkan dirimu di Cakap!

Baca Juga;

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks