Mengenal Macam-Macam Tanda Baca dalam Bahasa Mandarin!

tanda-baca-mandarin

Untuk memahami dan menunjukkan struktur kalimat, diperlukan yang namanya tanda baca. Setiap bahasa memiliki nama dan selipan karakter khusus bagi tanda bacanya masing-masing. Tak terkecuali juga dengan tanda baca bahasa Mandarin. Setelah sebelumnya sudah mengenal huruf-huruf bahasa Mandarin, sekarang saatnya untuk lebih mengenal tanda baca Mandarin. Kira-kira ada berapa ya tanda baca dalam bahasa Mandarin? Yuk, langsung simak tulisan di bawah!

Table of Contents

Orientasi dan Latar Belakang Tanda Baca Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin klasik, baik yang ditulis di atas batu maupun kertas tidak menggunakan tanda baca. Untuk memperjelas makna teks dan membantu pemahaman bagi pembacanya, diselipkan beberapa simbol di dalamnya. Pada masa itu, tanda baca tidak dianggap sebagai bagian integral dari teks itu sendiri.

Hingga pada akhirnya sekitar abad ke 20, tanda baca digunakan sebagai bagian penting dalam tulisan Cina. Hal ini sedikit banyak dipengaruhi oleh adanya kontak atau hubungan dengan budaya barat. Sehingga muncullah beberapa tanda baca yang dipinjam dari bahasa Eropa dan tanda baca asli bahasa Mandarin.

Tanda baca dalam bahasa Mandarin disebut dengan istilah 标点符号 (biāo diǎn fú hào). Aturan penulisannya hampir sama dengan tanda baca yang digunakan di setiap bahasa pada umumnya. Hanya saja untuk penulisan karakternya, ada beberapa tanda baca Mandarin yang karakter penulisannya berbeda dengan tanda baca pada umumnya. Salah satu contohnya adalah tanda titik. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak section di bawah ya!

Macam-Macam Tanda Baca Bahasa Mandarin

Ada berapa tanda baca dalam bahasa Mandarin? Bagaimana cara penyebutannya? Yuk, langsung saja sima macam-macam tanda baca bahasa Mandarin berikut ini:

(1) Tanda Titik

Tanda titik atau full stop dalam bahasa Mandarin dikenal dengan istilah 句号 (jùhào). Berbeda dengan tanda titik yang biasa kamu pakai, tanda titik dalam bahasa Mandarin berbentuk seperti lingkaran kecil “。”. Tanda titik digunakan di akhir kalimat, baik kalimat sederhana, kompleks, mauston kalimat singkat.

(2) Tanda Enumeration Comma

Enumeration comma atau dalam bahasa Mandarin disebut dengan 逗号 (dòuhào) digunakan untuk memisahkan unsur dalam perincian, jeda, memisahkan anak kalimat dengan induk kalimat, dan sebagainya. Sama seperti karakter tanda titik dalam bahasa Mandarin, karakter enumeration comma dalam bahasa Mandarin juga berbeda dengan tanda koma yang dikenal dan digunakan kebanyakan. Enumeration comma dalam bahasa Mandarin ditulis dengan karakter “、”.

(3) Tanda Kutip

Penulisan tanda kutip dalam bahasa Mandarin sama dengan bahasa Indonesia, yaitu  “…”. Dalam bahasa Mandarin tanda kutip dikenal dengan sebutan 引号 (yǐnhào).

(4) Tanda Tanya

Nah, untuk menanyakan sesuatu dalam kalimat bahasa Mandarin, kamu bisa menggunakan tanda tanya “?” yang dalam bahasa Mandarin biasa disebut dengan istilah 问号 (wènhào).

(5) Tanda Judul

Tanda judul biasanya digunakan untuk beberapa hal, seperti nama buku, film, lagu, artikel, dll. Dalam bahasa Mandarin, tanda judul disebut dengan istilah  书名号 (shūmínghào). Karakternya ditulis dengan tanda 《》.

(6) Ellipsis

Dalam bahasa Indonesia ellipsis dikenal sebagai tanda titik tiga yang diapit spasi (…) untuk menunjukkan kalimat yang terputus-putus. Dalam bahasa Mandarin, tanda elipsis memiliki enam titik, bukan tiga. Digunakan untuk menunjukkan bahwa ada sesuatu, kata, atau kalimat yang dihilangkan. Elipsis dalam bahasa Mandarin disebut dengan istilah 省略号 (shěnglüèhào).

(7) Titik Tengah

Titik tengah dikenal dengan istilah 间隔号 (jiàngéhào). Tanda baca ini biasanya digunakan di antara nama asing. Baik pada nama depan, tengah, maupun nama belakang untuk menunjukkan pemisahan dan biasa ditulis dengan tanda “·”.

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Mandarin Gratis

Tanda Baca Bahasa Mandarin Lainnya

Selain tanda baca bahasa Mandarin di atas, ada juga beberapa tanda baca lainnya yang sering digunakan dalam kalimat.

  • (惊叹号/jīng tàn hào): tanda seru (!)
  • (分号/fēn hào): semicolon atau titik koma (;)
  • (冒号/mào hào): colon atau titik dua (:)
  • (圆括号/yuán guā hào or yuán kuò hào): tanda kurung ()
  • (逗号/Dòu hào): tanda koma (,)


Contoh Penggunaan Tanda Baca Bahasa Mandarin dalam Kalimat

Bagaimana penggunaan tanda baca bahasa Mandarin dalam sebuah kalimat? Penggunaanya tentu sesuai dengan jenis kalimat atau tujuan dari konteks kalimat yang ingin disampaikan. Yuk, coba perhatikan contoh berikut:

  • 你看过我的书吗?
    (Nǐ kànguò wǒ de shū ma?)

    Apakah kamu melihat buku saya?

  • 妈妈说:”做个有礼貌的好孩子”。
    (Māmā shuō: “Zuò gè yǒu lǐmào de hǎo háizi”.)

    Ibu berkata, “Jadilah anak yang baik dan sopan”.

  • 叔叔要去鱼市。
    (Shūshu yào qù yú shì.)

    Paman akan pergi ke pasar ikan.

  • 你可以参加很多比赛,比如游泳、篮球、绘画和排球。
    (Nǐ kěyǐ cānjiā hěnduō bǐsài, bǐrú yóuyǒng, lánqiú, huìhuà hé páiqiú.)

    Ada banyak lomba yang bisa diikuti, seperti renang, basket, melukis, dan voli.

  • 你有几双鞋?
    (Nǐ yǒu jǐ shuāng xié?)

    banyak sepatu yang kamu punya?


Demikianlah pemaparan mengenai tanda baca Mandarin dan contoh penggunaanya dalam sebuah kalimat. Biar bahasa Mandarinmu makin jago, yuk coba cek kelas bahasa Mandarin online di Cakap! Di sana kamu bisa belajar secara interaktif dua arah bersama para teachers professional.

Referensi:
-ltl.shanghai.com
-storylearning.com

(Materi telah ditinjau ulang oleh Calvina Effie Tanama, Course Admin Mandarin Cakap)

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Kuasai Mandarin dan Siap Bersaing di Perusahaan Multinasional

Faktanya China merupakan:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat