15 Kosakata Bahasa Mandarin untuk Pemula

kosakata bahasa mandarin

Peminat bahasa Mandarin semakin meningkat tiap tahunnya. Terlebih ketika banyaknya perusahaan yang mencari karyawan dengan skill bahasa Mandarin membuat orang berlomba-lomba untuk belajar bahasa Mandarin.

Setiap bahasa pasti ada kosakata yang sering diucapkan sehingga pemula wajib mengetahuinya. Nah, berikut ini adalah kosakata bahasa Mandarin untuk pemula, penasaran? Yuk simak ada apa aja!

Kosakata Bahasa Mandarin untuk Pemula

Buat para newbie dalam bahasa Mandarin, kamu wajib paham kosakata bahasa Mandarin yang ada di bawah ini. Sebab, beberapa kosakata ini bakal sering kamu gunakan. 

Halo dalam Bahasa Mandarin

你好
Nǐ hǎo
Hai / Halo

你好 (Nǐ hǎo) adalah kosakata bahasa Mandarin yang berfungsi untuk menyapa lawan bicara. 你好 (Nǐ hǎo) adalah bentuk formal. Jadi, kalau kamu mau nyapa sahabatmu, kamu bisa mengganti 你 (nǐ) dengan nama sahabatmu kemudian akhiri dengan 好 (hǎo).

Senang Berkenalan Denganmu dalam Bahasa Mandarin

很高兴认识你
Hěn gāoxìng rènshí nǐ
Senang berkenalan denganmu

很高兴认识你 (Hěn gāoxìng rènshí nǐ) biasa digunakan ketika kamu memperkenalkan diri. Kosakata bahasa Mandarin ini berfungsi sebagai bentuk keramahtamahan setelah berkenalan dengan orang lain. 

Selamat Pagi, Siang, dan Malam dalam Bahasa Mandarin

早安
zǎo ān
Selamat pagi 

早安 (zǎo ān) adalah kosakata bahasa Mandarin untuk mengucapkan selamat pagi dalam bentuk informal atau santai. Sedangkan untuk bentuk formal, biasanya orang menggunakan 早上好 (zǎo shàng hǎo).

午安
wǔ ān
Selamat siang

午安 (wǔ ān) adalah selamat siang dalam bentuk informal. Selamat siang dalam bentuk formal adalah 下午好 (Xiàwǔ hǎo).

晚安
wǎn ān
Selamat malam

晚安 (wǎn ān) biasanya digunakan untuk mengucapkan selamat malam sebelum tidur. Sedangkan kosakata bahasa Mandarin untuk selamat malam yang digunakan sebagai salam perpisahan adalah 晚上好 (wǎn shàng hǎo).

Kamu Sedang Apa dalam Bahasa Mandarin

你在幹嘛
Nǐ zài gàn ma
Kamu sedang apa?

Ketika kamu bertemu teman dekat, kamu bisa menyapanya menggunakan 你在幹嘛 (nǐ zài gàn ma). Namun, kalau kamu bertemu orang yang tidak terlalu dekat, kamu bisa gunakan 你在干什么 (nǐ zài gànshénme).

Maaf dalam Bahasa Mandarin

不好意思
Bù hǎoyìsi
Maaf

不好意思 Bù hǎoyìsi adalah kosakata bahasa Mandarin yang arti harafiahnya adalah maaf. Namun, 不好意思 (Bù hǎoyìsi) biasanya digunakan ketika kamu memanggil orang atau saat tidak sengaja melakukan sesuatu.

对不起
Duìbùqǐ
Maaf

对不起 Duìbùqǐ merupakan ucapan maaf ketika kamu merasa bersalah. Contohnya seperti ketika kamu menimbulkan kerugian, kamu bisa gunakan duìbùqǐi sebagai bentuk permintaan maaf dari lubuk terdalam.

Tidak Apa-apa dalam Bahasa Mandarin

没关系
Méiguānxì
Tidak apa-apa

Méiguānxì merupakan kosakata bahasa Mandarin yang kamu gunakan untuk membalas permintaan maaf seseorang. Selain Méiguānxì, kamu juga bisa gunakan 沒事 (Méishì) untuk mengatakan “It’s Ok”.

Terima kasih dalam Bahasa Mandarin

谢谢
Xièxiè
Terima kasih

谢谢 (Xièxiè) adalah ucapan terima kasih yang paling populer dalam Bahasa Mandarin. 谢谢(xièxiè) tergolong informal sehingga tidak cocok untuk digunakan dalam keadaan formal. Kamu bisa gunakan 感谢 (gǎnxiè) yang dapat dipakai dalam rapat-rapat bisnis.

Baca Juga: Beberapa Ucapan Terima kasih dalam Bahasa Mandarin

Fasih Bahasa Mandarin, Peluang Karir Meningkat. Ayo Belajar di Cakap!

Sama-sama dalam Bahasa Mandarin

不客气
Bù kèqì
Sama-sama

不客气 (Bù kèqì) adalah kosakata bahasa Mandarin yang berfungsi untuk membalas ucapan terima kasih. 不客气 (Bù kèqì) sering dipakai oleh orang Tiongkok, sedangkan orang Taiwan lebih sering menggunakan 不会 (Bù huì).

Selamat Tinggal dalam Bahasa Mandarin

再见
Zàijiàn
Selamat tinggal

Selain 再见 (Zàijiàn), masih ada beberapa kosakata bahasa Mandarin untuk mengucapkan selamat tinggal. Salah satunya adalah 拜拜 (Bàibài) yang diserap dari Bahasa Inggris yaitu “bye bye”.

‘Apa?’ dalam Bahasa Mandarin

甚麼
Shénme?
Apa?

Kalau kamu lagi ngobrol sama teman kamu, terus kamu engga denger dia ngomong apa, kamu bisa gunakan 甚麼 (Shénme). Jadi, shénme ini mirip sama “sorry” yang biasa digunakan kalau kamu kurang jelas mendengar omongan lawan bicaramu.

OK dalam Bahasa Mandarin

好的
Hǎo de
Ok/Baiklah

Selain 好的 (hǎo de), masih ada kosakata bahasa Mandarin yang memiliki arti ‘baiklah’ yaitu 好了(hǎo le). Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, 好了 (hǎo le) memiliki arti ‘all right’. 

‘Ah Tidak Kok’ dalam Bahasa Mandarin

哪里哪里
Nǎlǐ nǎlǐ
Ah Tidak Kok

哪里哪里 (Nǎlǐ nǎlǐ) biasanya digunakan ketika kamu mendapat pujian dari seseorang. Kamu membalas pujian dengan 哪里哪里 (nǎlǐ nǎlǐ) agar tidak terlihat sombong. 

Semangat dalam Bahasa Mandarin

加油
Jiāyóu
Semangat

Kamu pasti udah familiar dengan kosakata bahasa Mandarin yang satu ini. Sebab, 加油 (Jiāyóu) sontak mendunia ketika warga Tiongkok saling menyemangati satu sama lain yang saat itu sedang ‘terkurung’ di rumah akibat pandemi Covid-19.

Tolong dalam Bahasa Mandarin

救命
Jiùmìng
Tolong

Kalau kamu kena apes karena kecopetan pas lagi liburan di Tiongkok, kamu bisa gunakan kosakata bahasa Mandarin ini. 救命 (Jiùmìng) memiliki sifat yang mendesak dan gawat sehingga kamu pasti mendapat perhatian dari sekeliling.

“Jalan kuy!” dalam Bahasa Mandarin

我们去吧
Wǒmen qù ba
Jalan yuk!

Ketika kamu ingin pergi ke suatu tempat, kamu bisa mengajak temanmu dengan mengucapkan 我们去吧 (Wǒmen qù ba). Lalu, ketika kamu ingin pergi dari tempat itu, kamu bisa gunakan 我们走吧 (Wǒmen zǒu ba).

Guys, itu dia kosakata bahasa Mandarin yang wajib pemula tau. Belajar bahasa Mandarin sama seperti belajar bahasa lain, kamu harus praktek supaya tidak cepat lupa materi yang kamu pelajari. 

Nah, kamu bisa nih belajar teori sekaligus praktek di kursus bahasa Mandarin Cakap. Belajar juga bukan dari rekaman, kamu bakal belajar secara LIVE bareng tutor yang expert di bidangnya. Peluang karir meningkat lho kalo punya skill bahasa Mandarin, yakin gak mau?

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google