Nama-nama Hari dalam Bahasa Mandarin dari Berbagai Pola

bahasa mandarin hari

Bahasa Mandarin hari dapat dikatakan cukup mudah untuk dilafalkan. Dengan menambahkan kata awal yuè [月] setelah angka yang menunjukkan bulan tersebut, kamu sudah bisa menyebutkan nama bulan dalam bahasa Mandarin.

Hampir sama dengan pola penamaan bulan, 星期 xīngqī atau hari dalam Bahasa Mandarin memiliki pola awalan ditambah dengan angka. Kamu harus mengetahui penyebutan angka dalam bahasa Mandarin terlebih dahulu, nih. 

Tapi, kalau kamu sudah mengetahui penyebutan angka dalam bahasa Mandarin, kamu bisa langsung simak penjelasan Bahasa Mandarin hari di bawah ini!

Nama Hari dalam Bahasa Mandarin

source: giphy.com

Penggunaan bahasa Mandarin hari yang paling umum atau paling sering digunakan oleh masyarakat Tiongkok adalah dengan menggunakan pola 星期 (Xīngqí) + angka dalam bahasa Mandarin. 星期 (Xīngqí) itu sendiri memiliki arti secara harafiah sebagai minggu.

Maka dari itu, saat kamu menyebutkan bahasa Mandarin hari 星期一 (Xīngqí yī), artinya kamu berkata minggu satu, atau lebih mudah mengartikannya dengan hari satu. Sehingga, 星期一 (Xīngqí yī) atau hari satu memiliki arti sebagai dalam bahasa Mandarin sebagai hari Senin.

Yuk, simak tabel di bawah untuk bahasa Mandarin hari yang lebih lengkap!

Pola Pertama (星期; Xīngqí)

Karakter/Pinyin

Romanisasi

Arti

星期一

Xīngqí yī

Senin

星期二

Xīngqí èr

Selasa

星期三

Xīngqí sān

Rabu

星期四

Xīngqí sì

Kamis

星期五

Xīngqí wǔ

Jumat

星期六

Xīngqí liù

Sabtu

星期日 / 星期天

Xīngqīrì / Xīngqītiān

Minggu

Skill Bahasa Mandarin Tingkatkan Peluang Karier. Saatnya Bangun Peluangmu!

Pola Kedua (禮拜; Lǐbài)

Namun, masyarakat Taiwan memiliki perbedaan dalam menyebutkan nama hari dalam kesehariannya. Mereka biasa menyebutkan nama hari dengan awalan 禮拜 (Lǐbài) yang artinya yaitu minggu.

Istilah ini awalnya digunakan seiring dengan masuknya masyarakat asing yang datang ke daratan Tiongkok. Lebih lengkapnya, tabel di bawah ini termuat Bahasa Mandarin hari dengan awalan 禮拜 (Lǐbài).

Karakter/Pinyin

Romanisasi

Arti

禮拜一

Lǐbài yī

Senin

禮拜二

Lǐbài èr

Selasa

禮拜三

Lǐbài sān

Rabu

禮拜四

Lǐbài sì

Kamis

禮拜五

Lǐbài wǔ

Jumat

禮拜六

Lǐbài liù

Sabtu

禮拜日 / 禮拜天

Lǐbài rì / Lǐbài tiān

Minggu

Pola Ketiga (週; Zhōu)

Pola yang satu ini digunakan oleh sebagian masyarakat daratan Tiongkok. Dengan pola yang sama seperti sebelumnya, pola kali ini menggunakan 週 (Zhōu) + angka. 週 (Zhōu) memiliki arti “siklus”.

Penggunaan 週 (Zhōu) terpengaruh oleh bahasa Jepang. Dalam bahasa Jepang, 週 (Zhōu) dilafalkan seperti ‘shu’ atau memiliki arti “minggu”. Simak tabel di bawah ini untuk daftar bahasa Mandarin hari dengan awalan 週 (Zhōu).

Karakter/Pinyin

Romanisasi

Arti

週一

Zhōu yī

Senin

週二

Zhōu èr

Selasa

週三

Zhōu sān

Rabu

週四

Zhōu sì

Kamis

週五

Zhōu wǔ

Jumat

週六

Zhōu liù

Sabtu

週日 / 週天

Zhōu rì

Minggu

Psst, Ini Cara Gampang Belajar Bahasa Mandarin dari Rumah!

Nama Hari Bahasa Mandarin Lainnya

Setelah mengerti cara pengucapan serta penulisan bahasa Mandarin hari, berikut cara pengucapan kosa kata lainnya dalam penyebutan hari atau waktu dalam bahasa Mandarin

今天 (Jīntiān)
Hari ini

明天 (Míngtiān)
Besok

昨天 (Zuótiān)
Kemarin

下個星期 (Xià gè xīngqí)
Minggu depan

上個星期 (Shàng gè xīngqí)
Minggu lalu

Nah, setelah kamu mempelajari dan memahami pola-pola menyebutkan serta menuliskan nama hari dalam Bahasa Mandarin, kamu juga dapat mempelajari berbagai macam materi lainnya yang berkaitan dengan bahasa Mandarin.

Mempelajari bahasa Mandarin tidak akan sesulit itu jika kamu menemukan tempat yang tepat untuk belajar. Di Cakap, kamu bisa belajar dengan tutor profesional dan berpengalaman. 

Dengan metode yang interaktif, kamu bisa ngobrol langsung sama tutornya. Jadi, kamu akan lebih percaya diri dalam berbahasa Mandarin. Atau kamu bisa Tes level Bahasa Mandarin terlebih dahulu untuk mengetahui Kemampuan kamu. Yuk, gabung kursus Bahasa Mandarin di Cakap!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Kuasai Mandarin dan Siap Bersaing di Perusahaan Multinasional

Faktanya China merupakan:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat